Pengertian Dan Fungsi Dari Aperture Pada Kamera - Homestay & Guesthouse Jogja, Purbalingga, Semarang dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Pengertian Dan Fungsi Dari Aperture Pada Kamera

Apa Itu Aperture : Pengertian dan fungsi dari aperture pada kamera, aperture biasanya kita dengar dengan sebutan diafragma atau bukaan pada lensa yang terdapat pada kamera aperture, diafragma atau bukaan hakikatnya sama saja dan memiliki fungsi yang sama yaitu mengatur intensitas cahaya yang masuk kedalam kamera.
Aperture biasanya berbentuk seperti lingkaran atau segi enam yang bisa kita atur sedemikian rupa besar dan kecil bukaanya.


Di dalam pengaturan kamera aperture atau diafragma di lambangkan dengan satuan huruf F dan semakin besar nilai F semakin kecil nilai bukaan nya begitupun sebaliknya semakin kecil nilai F semakin besar pula bukaanya .
Jadi jika kalian menggunakan F besar maka cahaya yang masuk akan sedikit di karenakan bukaan lensanya yang kecil dan jika kalian menggunakan F yang kecil maka cahaya yang masuk akan lebih banyak di karenakan bukaan lensanya yang besar.

KESIMPULAN
Jika Menggunakan Angka F Besar :
Bukaan lensa kecil
Cahaya yang masuk sedikit
Efeknya menimbulkan kedalaman ruang tajam yang luas

Jika menggunakan Angka F Kecil :
Bukaan lensa besar
Cahaya yang masuk akan banyak
Efeknya menimbulkan kedalaman ruang tajam yang sempit
BACA UNTUK : Fungsi Dari Shutter Speed

Sumber : Lensaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *