Menikmati Pemandangan Sembilan Gunung dari Embung Bansari

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Menikmati Pemandangan Sembilan Gunung dari Embung Bansari

Anda pernah ke Embung Bansari belum? Embung itu berada di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Temanggung, Jawa Tengah. Beberapa waktu yang lalu, saya tidak sengaja blusukan sampai embung karena diajak teman saya “Mbah Gunung Kucing” (Nama akun Instagram). Waktu itu kami berangkat pukul empat pagi, atau setelah subuh.

Kami mengarungi jalan magelang-temanggung dalam keadaan gelap dan sepi. Sesekali pikiran saya mikirin hal ghaib. Beruntungnya perjalanan kami lancar, kami pun sampai ke Pasar Parakan, kemudian sampailah kami di daerah Bansari. Kemudian kami mengikuti empat gadis millenial yang auranya mau nyari Embung Bansari. Dan pada pukul 5.30 WIB, tibalah kami ke Embung Bansari.

Kami pun merasa takjub dengan suasana Embung yang cukup yahud. Dari lereng Gunung Sindoro, kami melihat awan putih yang bermandikan cahaya kuning kemerahan dan terhias oleh Sembilan gunung Sumbing, Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo, Muria, Prau, Sindoro dan Ungaran . “Betapa indahnya Negeri diatas awan yang berada di antara Sembilan gunung ini” ucap saya.

Saya pun mencoba berkeliling. Tertulis di batu penanda bahwa Embung itu dapat menampung volume air 8558 meter kubik dengan kedalaman 3,9 meter. Kemudian saya pun bertanya pada warga sekitar, hingga saya pun dibuat takjub dengan histori Embung Bansari ini. Embung yang terletak di ketinggian 1.300 mdpl ini, awalnya dibangun sebagai pengairan lahan pertanian warga namun karena pesona nya cukup unik jadilah sebuah tempat wisata yang menurut saya sangat recommended bagi pecinta gunung, camping maupun fotografi.

Embung ini menurut saya termasuk masih lumayan baru lho, Baru ada sekitar akhir 2019. Kalau ingin menikmati sunrise disini (waktu saya datang beberapa waktu lalu), masih free lho. Jadinya mantap untuk didatangi pencari liburan murah. Udah kesini belum?

Sumber : kaskus

Leave a Reply

Your email address will not be published.