Mengapa Laptop Overheating - Part 2 - Guesthouse & Homestay Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Mengapa Laptop Overheating – Part 2

Overheating merupakan kasus yang seringkali terjadi pada laptop. Overheating dapat menyebabkan kerusakan laptop hingga mati total. Overheating juga dapat mengurangi masa pakai laptop. Perawatan terhadap laptop perlu dilakukan secara rutin agar tidak overheating. Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan laptop overheating!

Laptop Processor Performa Tinggi tetapi RAM Sangat Rendah untuk Aplikasi Berat
Pada saat ini, kebanyakan aplikasi memiliki syarat minimum RAM sebesar 4GB. RAM berguna untuk membantu processor dalam melakukan pekerjaan pada laptop. Peran RAM sebagai pembantu processor dapat membuat laptop lebih cepat pada saat membuka aplikasi. Tetapi, penggunaan RAM yang sangat tinggi bahkan berada dalam batas maksimal untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan overheating. Oleh karena itu, segera upgrade RAM untuk meningkatkan kinerja laptop dan meminimalkan kemungkinan terjadinya overheating.

Aplikasi Bajakan
Aplikasi bajakan membuat laptop terbebani hingga 2x lipat saat bekerja karena ada virus. Virus dapat membuat penggunaan RAM dan processor selalu bekerja dalam pemakaian 100%. Penggunaan performa terus-terusan hingga 100% dapat berbahaya. Hal ini dikarenakan laptop yang bekerja dalam kondisi 100% membuat laptop lebih panas sehingga dapat terjadi overheating.

OS Bajakan dan Antivirus Tidak Aktif
OS bajakan tidak dapat memberikan fasilitas antivirus bawaan secara optimal. OS bajakan juga sulit mendapatkan update terkait hal-hal yang dapat mengoptimalkan kinerja laptop dan kinerja antivirus bawaan. Antivirus yang baik itu merupakan antivirus yang sudah disediakan oleh OS secara bawaan. Antivirus sangat menunjang untuk melakukan penghapusan virus dan mengantisipasi pergerakan virus. Laptop yang tidak bekerja secara optimal dan laptop yang memiliki virus cenderung memaksa kinerja laptop pada titik maksimal. Laptop yang selalu berada pada titik maksimal dapat menyebabkan overheating.

Segitu saja penyebab overheating yang dapat disampaikan. Apakah ada penyebab lain versi kamu? Share juga di kolom komentar ya!

Sumber : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.