Menanak Nasi yang Praktis Saat Listrik Padam - Guesthouse & Homestay Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Menanak Nasi yang Praktis Saat Listrik Padam

Kawan, memasak nasi itu paling gampang kan? Baik itu laki-laki atau anak-anak sekarang pada bisa loh. Beda dengan jaman aku masih kecil mrengil. Lihat ibunda memasak nasi kog ribet sekali. Dari direbus dipanci namanya aron/karon, lalu dipindah ke dandang/sablukan kata orang jawa. Baru matanglah nasi.

Sekarang kan tinggal ceklik ya, itu pakai alat masak nasi yang dari listrik. Cepat dan praktis, menghemat waktu dan tenaga. Bisa diselingi menulis, atau kegiatan lain sambil menunggu nasi matang.

Tapi bila listrik padam? ada pengalaman nih Gan, waktu lapar-laparnya perut, rice cooker sudah dicolokin, eh mati lampu, aduh bagaimana coba? Kalau anak muda pasti pergi ke warung beli mie instan kan, apa lagi orang berada, mungkin ada generator atau genset, bisa juga call ke warung makan online.

Nah kalau isi rumah banyak, terus tanggal tua pas lapar belum ada nasi dan mati lampu dua jam. Terbayang menahan lapar itu memang mudah dari pada menahan rindu, eh kebalik ya?
Hehehe lanjut ceritanya ya. Aku jadi ada ide, karena nasi harus segera tersaji, itu bocah-bocah sudah menunggu makan. Akhirnya panci rice cooker aku ambil dan taruh di atas kompor, nyalakan api lalu aku tutup dan tunggu sampai matang.

Nah ini hanya bagi yang tidak punya panci teflon atau dandang ya. Sebenarnya bisa sih di tim, tapi kalau butuh nasi yang banyak pasti butuh wadah besar buat mengetim kan. Biar tidak banyak panci yang kotor jadi pakai pancinya rice cooker saja. Kalau sudah matang tinggal masukkan ke alat rice cookernya lagi. Mau tahu caranya?

Ini dia Memasak Nasi di Panci Hingga Matang.
Bahan :
Panci rice cooker atau panci apa saja yang sedikit tebal bahannya.
Beras
Kompor
Tutup panci

Cara Memasak
Cuci beras
Masuklan dalam panci
Tuang air sesuai ukuran beras. Tiap beras berbeda ya Gan, ada yang suka air kadang ada yang tidak suka banyak air.

Letakkan di atas kompor
Ngalakan apinya kecil sekali ya Gan, ingat!

Tutup dan tunggu hingga matang.
Ingat kalau air terlalu banyak nanti bisa meluber, untuk menghindari itu maka harus dilihat, dibuka tutupnya aduk dan biarkan sebentar sampai air agak susut lalu tutup lagi. Tunggu matang.

Kalau airnya tidak terlalu banyak, Agan bisa tenang, tanpa terasa nanti tiba-tiba bau aroma nasi matang akan tercium.

Bila sudah matang, matikan api. Angkat dan letakkan lagi di mangkuk rice cookernya.

Ada lagi nih Gan, kan ada tuh ya beras yang wangi, itu beras mahal dimasak juga wangi menggoda. Nah bila mempunyai beras yang biasa saja, yang kalau dimasak tidak keluar aroma wangi, ada cara sederhana supaya nasi menjadi harum seperti beras mahal. Beri potongan daun pandan yang sudah dicuci bersih ketika menanak. Dijamin aroma nasi akan menggoda.

Oke sekian dulu tip dari saya ya cara memasak nasi bila listrik padam, semoga manfaat. Selamat mencoba.

Sumber : Thread Kaskus Klik

Sumber Gambar : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.