Memanfaatkan Botol Dan Dinamo Bekas Tamiya Menjadi Kincir Angin Mini - Guesthouse & Homestay Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Memanfaatkan Botol Dan Dinamo Bekas Tamiya Menjadi Kincir Angin Mini


Seperti yang kita ketahui, limbah dilingkungan kita semakin hari semakin memprihatinkan. Baik itu limbah rumah tangga atau pun dari yang tidak kita duga.

Dengan adanya Online Competition ini, ane mau ngasih satu tutorial yang mungkin masih jauh dari sempurna. Namun ini anggap saja sebagai pengurangan limbah-limbah yang berasal dari sekitar kita.

Sekaligus memanfaatkan barang yang tadinya tidak terpakai menjadi sebuah karya untuk kita jadikan sebuah mainan atau mungkin saja sebuah hobby yang nantinya bisa kita salurkan kepada orang-orang disekeliling kita.

Membuat kerajinan tangan dari dari bahan yang ada disekitar kita tentunya ada nilai positifnya yang bakalan kita dapat. Terlebih kita bisa mengurangi sampah yang semakin hari semakin menumpuk saja.

Kali ini saya mau berbagi cara untuk mengurangi sampah yang ada di rumah kita dengan membuat mainan untuk anak atau adik-adik kita yang masih kecil.

Anda tentunya tahu dan bahkan pernah ngambek ingin dibelikan sebuah kincir angin, entah itu dari bahan plastik atau pun kertas. Kali ini saya mau tunjukan cara membuat mainan kincir angin dari botol dan dynamo bekas mobil-mobilan.

Bahan & Alat :

  • Dynamo Bekas
  • Botol Bekas
  • Batre ABC Kecil
  • Kabel
  • Solderan
  • Timah Solderan

Cara Membuat :
Potong botol menjadi dua bagian, lubangi tutupnya dan bentuk seperti yang ada pada gambar.

Sambung kabel antara min dan plusnya dengan solderan pada dinamo.

Pasang kincir yang sudah dibentuk dari botol bekas tadi pada ujung dinamo.

Sambung kedua batrenya seperti yang ada di gambar.

Kincir angin dari dinamo bekas tamiya dan botol sudah siap agan dan sista nyalakan.

Sebenarnya, untuk mendapatkan hasil yang lebih simple lagi, Anda bisa menggunakan stik es krim bekas atau bisa dibeli di toko pelastik terdekat. Namun saya pribadi disini menggunakan bahan dan alat seadanya yang ada disekitar saya pribadi.

Untuk membuat kincir angin atau kipas angin mini dan ingin mendapatkan daya angin yang lebih besar lagi, Anda bisa menggunakan dinamo yang besar dan tentunya dengan daya listrik yang besar pula.
Demikianlah Do It Yourself dari ane ini, semoga bisa menginspirasi.

Lindungi bumi kita dari sampah-sampah yang nantinya membuat rusak planet kita dengan memanfaatkan barang yang layak dijadikan karya yang berguna bagi kita sendiri.

Salam hormat, salam sejahtera. Sampai jumpa dilain waktu dan dilain kesempatan. Jangan lupa bahagia dan selalu bersyukur dimanapun dan dalam keadaan apapun.

Sumber : Thread Kaskus Klik

Sumber Gambar : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.