Kue Tape Keju, Kue Lezat Dan Mudah Dibuat - Guesthouse & Homestay Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Kue Tape Keju, Kue Lezat Dan Mudah Dibuat

Siapa yang tidak suka keju? Siapa yang doyan banget sama tape? Kebayang gak, gimana rasanya kalo kedua bahan itu dijadikan snack pengisi perut, sekaligus penghibur hati yang lagi hampa, ehh.

Rasa gurih dan milky dari keju, merupakan ciri khas utama. Jelas saja, secara bahan dasar pembuatan keju adalah susu sapi yang difermentasi dengan higienis dan dalam waktu cukup lama. Semakin dominan rasa susu dan gurih, bisa dipastikan jika keju yang dihasilkan pasti sangat lezat dan tentu saja padat gizi.

Bagaimana dengan tape? Jenis bahan satu ini terbuat dari singkong yang kemudian difermentasikan dalam kurun waktu tertentu. Hasil akhir dari rasa tape yang muncul, sangat bergantung pada kualitas jenis singkong itu sendiri. Biasanya, untuk tape yang kuning dan kering, dihasilkan dari jenis singkong mentega.
Keju, jika hanya dimakan standar alias ya buat taburan roti atau taburan di atas kue, rasanya kok udah biasa banget, yaa.

Tape, biasanya kalo gak diolah jadi colenak, ya seringnya digoreng. Sayangnya lagi, tape bukanlah jenis makanan yang bisa bertahan lama jika disimpan begitu saja. Ya, rasa si tape lama-kelamaan bakal makin asem, bahkan tak jarang malah jadi kecut. Ujungnya, ya mubazir.

Nah, berangkat dari berbagai faktor tersebut, muncul ide untuk bikin snack yang memanfaatkan kedua bahan utama tersebut. Selain sebagai pengisi perut, tentunya bisa juga jadi alternatif hantaran jika ingin berkunjung ke tempat kerabat. Rasanya kan pasti puas, berkunjung sembari bawa buah tangan hasil olahan sendiri. Yah … siapa tau, malah berbuntut orderan. Siapa yang nolak, nggak ada pastinya kan?
Jangan lupa, ya. Selalu perhatikan kualitas bahan dasar pembuatan cake tape keju. Supaya hasil akhir makin memuaskan.

Pilihlah tape yang belum terlalu lembek tapi sudah lunak. Gampangnya, pilih tape yang berwarna kuning segar, tidak lengket, tidak lembek dan tidak berair. Itu trik rahasianya. Sedangkan untuk keju, Gansis bisa pilih jenis keju apa saja, sesuai bujet yang dimiliki.

Bahan:
5 Telor
225 gr tape, dihaluskan,campur dengan skm
150 gr terigu,
30 gr maizena
90 ml skm
100 gr keju
135 gr gula
90 ml santen kentel
1/2 sdt sp
90 gr mentega, cairkan

Cara membuat:
Kocok sampai kental : gula, telur, sp
Masukkan tape yang sudah dicampur dengan skm,aduk rata lalu masukkan santan kental dan keju parut, aduk rata seperlunya, masukkan terigu+maizena,aduk rata kembali lalu terakhir masukkan mentega cair dengan menggunakan teori aduk balik.
Panggang dalam oven dengan suhu 185 dercel selama 20 menit, lalu tambahkan 3 menit terakhir di rak bagian atas. Segera keluarkan loyang dari oven, keluarkan dari loyang. Dinginkan.
Wah, sudah jadi cake tape keju yang dibuat. Siap dilahap bersama secangkir kopi pahit, boleh juga. Oke, selamat mencoba dan jangan lupa tetap bahagia, ya.

Sumber : Thread Kaskus Klik
Sumber gambar : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.