Fungsi Mode-Mode Pada Kamera - Homestay & Guesthouse Jogja, Purbalingga, Semarang dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Fungsi Mode-Mode Pada Kamera

Fungsi mode dial pada kamera atau kamera dial mungkin buat kalian para fotografer pemula dan apa lagi yang baru memulai profesi tersebut di suatu bidang fotografi dan belum mengetahui apa si kegunaan dari mode mode dial yang terdapat pada kamera. mode mode tersebut sangat beragam dari mode Auto, P, S/TV, A/AV, M dan lain sebagainya

A+ / AUTO
Yang pertama itu ada mode A+ atau Auto mode ini sangan cocok untuk pemula apa lagi yang baru pertama memegang kamera, mode tersebut juga sering di sebut dengan ( POINT AND SHOOT – BIDIK LALU JEPRET ) kenapa mode ini sangat cocok untuk pemula karena ketika kalian menggonakan mode tersebut semua pengaturan dari :
Iso
Shutter Speed
White Balance
Apertur
Internal Flash
itu akan mengatur dengan sendirinya berdasarkakan kondisi cahaya.

P / PROGAM
Yang kedua ada mode Progam atau bisa di sebut dengan mode P pada kamera mode tersebut hampir sama dengan mode AUTO tapi bedanya kalian bisa mengatur:
INTERNAL FLASH
WHITE BALANCE
EXPOSURE
COMPENSATION (secara manual)

S / TV
Yang ketiga mode S / TV kepanjangan dari mode tersebut adalah (SHUTTER PRIORITY), mode tersebut di biasanya di lambangkan secara berbeda ada yang melambangkan dengan S dan ada pula dengan melambangkan TV. Sesuai dengan namanya mode ini sangat memprioritaskan shutter sped bandingkan lainya. Jika kalian menggunakan mode ini maka kamera akan menentukan APERTUR terbaik secara otomatis tapi sedangkan shutter speed kalian akan menentukan nilainya secara manual.

A / AV
Mode A/AV kepanjangan dari mode tersebut adalan (APERTURE PRIORITY)yang dimana mode ini akan lebih memprioritaskan APERTURE ketimbang lainyamode ini adalah kebalikan dari mode S / TV yang dimana jika kalian memakai mode A / AV kamera akan mencari nilai SHUTTER SPEED terbaik secara otomatis tapi sedangkan APERTURE kalian akan menentukan Nilainya Secara Manual.
Ketika kita menggunakan mode ini kita memiliki (Kontrol penuh atas Ruang Ketajaman)

M / MANUAL
Sesuai namanya mode manual kamera dengan mode tersebut kita bisa memegang kendali penuh terhadap sistem yang terdapat pada kamera kita seperti :
INTERNAL FLASH
WHITE BALANCE
EXPOSURE COMPENSATION
ISO
APERTURE
SHUTTER SPEED
kita bisa mengatur sendiri secara manual dan mode manual sangat cocok untuk kalian yang ingin belajar lebih detail tentang ( segitiga exposure )

Dan satu lagi di semua mode P, S/TV, A/AV, M kecuali mode AUTO kalian bisa memegang kontrol penuh ISO dengan kata lain kalian bisa mengatur iso sesuai keinginan kalian sendiri.
Oke mungkin sekian pembahasan kali ini mengenai fungsi fungsi mode yang terdapat di dalam kamera DSLR semoga artikel yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya

Sumber : lensaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *