"Food Preparation" Solusi Bagi Wanita Sibuk Agar Tetap Bisa Memasak - Guesthouse & Homestay Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

“Food Preparation” Solusi Bagi Wanita Sibuk Agar Tetap Bisa Memasak

Langkah mudah menyiapkan bahan makanan agar proses memasak tidak memakan waktu lama. Kali ini, saya mau mengulas tentang “food preparation” ya. Food Praparation (FP) sebenarnya bukan hal yang baru ya buat ibu rumah tangga. Bahkan kita sendiri pasti sering melakukannya. Yaitu menyiapkan bahan-bahan makanan yang sudah di potong/ masih utuh lalu di kemas dalam wadah tertutup.
Nah bagaimana langkahnya?

Menyiapkan Bahan Makanan Untuk Beberapa Hari
Anda bisa belanja lebih banyak ya, agar lebih irit serta bisa menyesuaikan menu untuk beberapa hari. Bahan makanan bisa berupa aneka sayuran, tahu, tempe, ikan, daging, dan ayam.

Menyiapkan Wadah Yang Ada Tutupnya
Anda harus menyediakan beberapa tempat dari bahan plastik/stainlis dan harus ada tutupnya ya, karena makanan yang disimpan dalam keadaan terbuka di kulkas nanti akan berubah warna dan tekstur. Wadah bisa disiapkan dalam berbagai ukuran. Disesuaikan dengan kebutuhan gansis semua.

Memotong Bahan Makanan Sesuai Menu Yang Diinginkan
Anda bisa memotong bahan makanan yang sekiranya awet/tahan jika disimpan dalam keadaan di potong. Seperti bayam, kangkung, brokoli, dll. Atau hanya menyimpan saja tanpa perlu memotong terlebih dahulu. Misalnya kentang, terong, bawang dll.

Membersihkan Bahan Makanan
Nah Anda bisa mencuci dahulu bahan makanan yang akan disimpan. Lalu tiriskan sampai kering sebelum disimpan. Untuk daging, Anda tidak perlu mencuci terlebih dahulu. Namun untuk ayam, sayuran, ikan bisa dicuci terlebih dahulu.

Menyimpan Bahan Makanan Dalam Wadah
Setelah semua bahan makanan ditiriskan, saatnya menyimpan dalam wadah masing-masing dan siap dimasukkan dalam kulkas. Untuk ikan, ayam, dan daging bisa disimpan dalam freesher.

Untuk ikan, ayam, tempe, dan tahu. Anda bisa dibumbui atau memasaknya terlebih dahulu sebelum menyimpan. Sehingga ketika Anda menginginkan menu dengan lauk tersebut, maka tinggal menggoreng saja.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan bahan makanan atau food preparation. Kelebihan dari tehnik ini, Anda bisa menghemat waktu dalam memasak, bisa menggunakan bahan makanan tertentu untuk beberapa kali memasak, dan sudah pasti menjadikan kulkas lebih rapi. Namun juga harus meluangkan waktu khusus untuk menyiapkan semuanya.

Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat.

Sumber : Thread Kaskus Klik
Sumber Gambar : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.