Fakta Menarik Apel Beludru yang Mulai Langka - Guesthouse & Homestay Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Fakta Menarik Apel Beludru yang Mulai Langka

Tiga tahun lalu anak-anak dan ayahnya sedang ingin keliling menikmati daerah sekitar tempat tinggal asalku, hanya untuk refreshing naik motor pelan-pelan. Pulangnya mereka membawa penampakan buah yang unik, yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Warnanya merah maroon kulitmya beludru. Dia bilang melihat buah ini tercecer begitu saja di pinggir jalan, alias jatuh dari pohonnya. Ada sekitar lima kilo dia bawa pulang.

Katanya pohon di pinggir jalan tidak ada yang punya. Buah sebanyak itu dari satu pohon. Aku langsung ambil gambar dan bertanya di grup sekolahku, jawaban teman-temanku ada yang bilang buah memtega, buah beludru dan entah apa lagi.

Aku masih penasaran dengan buah yang satu ini, rasanya lembut di mulut, seperti apa ya, mirip kesemek tapi masih ada manisnya, lembut seperti buah sukun yang masak, pantas bila disebut buah mentega. Saking penasarannya, isinya dikumpulkan dan ditanam. Tiga tahun belum juga tumbuh besar, harus bersabar sampai menjadi pohon yang kokoh dan berbuah. Pohon bisbul atau buah mentega atau apel beludru.

Minggu, September 2020, aku sempatkan lagi melihat satu pohon buah bisbul ini, dia masih berdiri kokoh di tepi jalan dan mulai berbuah, buah muda berwarna coklat, bila dia sudah matang akan berubah warna merah tua. Ada beberapa bibit yang tumbuh dari bijinya di sekitar pohon, aku ambil untuk kutanam di pekarangan rumah. Mengapa aku begitu tertarik dengan buah apel beludru? Berikut fakta menarik dari buah yang satu ini.

Buah dengan berbagai nama yaitu Bisbul (Diospyros blancoi) , terinpirasi dari bola baseball, memang sebesar itu buahnya, Apel Beludru, Buah Mentega, Karagong (Filipina), Sembolo (Jawa Tengah).
Berasal dari Filipina

Pernah populer di daerah Bogor selama lebih dari 100 tahun, dugaan sejak berdirinya Kebun Raya Bogor
Di Filipina tumbuh liar di hutan
Tanaman ini mempunyai ketinggian sekitar 15 meter
Batang lurus dan keras, bercabang banyak
Beraroma khas, warna dan bentuk kulit buah yang menarik
Dalam 100 gram buah bisbul atau apel beludru mengandung 2.8 gram protein, 0.2 gram lemak, 11.8 gram karbohidrat, 1.8 gram serat, 46 gram kalsium, 18 mg fosfor, 0.6 mg zat besi, 35 SI Vitamin A, 18 mg vitamin C, 0.03 mg Ribovlafin, 0.02 mg Tiamin, dan energi
Mulai langka
Bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Tentunya Tuhan menciptakan tanaman di muka bumi pasti tidak ada yang tidak bermanfaat bagi manusia, begitu juga dengan apel beludru atau bisbul ini, ternyata memberikan banyak manfaat, dapat dilihat dari kandungan nutrisinya.

Bila kita memngkonsumsi buah ini maka yang akan kita peroleh adalah sebagai berikut :

Menjaga Sistem Pencernaan
Kesehatan kita bisa dilihat dari bagaimana sistem pencernaannya, bila sistem pencernaan bermasalah, maka akan berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya.
Buah ini mengandung banyak serat, yang sangat dibutuhkan tubuh, di Filipina sering digunakan untuk mengatasi diare.

Melancarkan Peredaran Darah
Kandungan zat besi dalam buah bisbul sangat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh juga memperlancar peredaran darah.

Memperkuat Tulang
Bisa kita lihat kandungan kalsium buah ini cukup banyak, jadi tidak rugi bila kita mengkonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor adalah dua zat penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang.

Untuk Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C dalam buah ini yang bisa menjaga kesehatan kulit, juga mengandung antioksidan. Oleh karrna itu dengan mengkonsumsi buah ini akan memyehatkan kulit. Jerawat, kulit kering, penuaan dini bisa diatasi asal mengkonsumsi buah ini setiap hari

Menambah Kekebalan Tubuh
Autoimun dari dalam tubuh tidak bisa srlamanya diandalkan maka salah satunya harus mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatlan kekebalan tubuh. Buah apel beludru atau bisbul ini mempunyai kandungan Vitamin A dan Vitamin C yang berfungsi sebagai tameng untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Kesehatan Jantung
Serat yang terkandung dalam buah ini bisa mengendalikan kadar lemak jahat atau LDL dalam pembuluh darah. Maka tidak akan terjadi penyumbatan dalam pembuluh arteri.

Mengurangi Resiko Kanker
Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya srl-sel abnormal dalam tubuh.
Adanya antioksidan dalam buah Apel Beludru untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh sehingga membunuh keberadaan sel-sel abnormal agar tidak berkembang.

Nah sudah tahu tentang informasi buah langka ini ya, bila menemukan ada yang menjual buah apel beludru atau bisbul ini jangan segan untuk membeli dan mengkomsumsinya, lalu bijinya jangan dibuang ya, ditanam di halaman rumah agar buah ini tidak langka. Perlu juga diketahui bahwa buah ini disejajarkan dengan buah-buah impor yang mahal.

Nah ini penampakan buah mentega atau apel beludru atau buah bisbul (setelah dua minggu dari saya buat trit), buah sudah mulai matang dan warna kulit kemerahan. Wangi aromanya waow bikin ngiler, bisa dimakan mengkal bisa saat lumer seperti mentega, manis sekali.

Sumber : Thread Kaskus Klik

Sumber gambar : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.