8 Manfaat Berenang Yang Bisa Bikin Badan Sehat - Guesthouse & Homestay Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

8 Manfaat Berenang Yang Bisa Bikin Badan Sehat

Kamu suka berenang? Eits, renang itu bukan cuma nyebur dan basah-basahan aja lho. Ternyata nih renang itu punya banyak manfaat buat tubuh yang bisa bikin badan sehat. Kalo udah tahu manfaat-manfaatnya, dijamin deh kamu tambah semangat buat melakukan olahraga ini.

Berumur Panjang
Yap, berenang memungkinkan kamu untuk berumur panjang lho. Menurut studi yang dilakukan oleh University of South Carolina, orang yang rutin berenang setiap hari memiliki kecenderungan lebih sehat dan tingkat kematiannya lebih rendah 50% dibandingkan orang yang nggak berenang. Bahkan, di United States Masters Swimming, ada kelas renang untuk kategori umur 100-104 tahun lho!

Berat Badan Ideal
Buat cewek-cewek yang mau langsing, nggak cuma diet yang harus kamu lakukan, tapi juga olahraga. Dan ternyata olahraga renang cukup ampuh untuk menjaga berat badan ideal lho. Dengan berenang selama satu jam, kamu bisa membakar 100-200 kalori.

Mengencangkan Lengan Bergelambir
Mau mengecilkan lengan yang bergelambir? Renang bisa dijadikan solusi! Dengan berenang, massa otot di belakang lengan (otot triceps) bisa mencapai 23,8% lho.

Melatih Keseimbangan dan Kelenturan
Olahraga berenang bisa melatih kelenturan otot kaki dan tangan lho, Orang yang rutin berenang pasti juga memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang nggak berenang.

Menyegarkan Pikiran
Kamu capek dan jenuh habis belajar seharian di sekolah? Coba deh langsung berenang di kolam! Kamu bisa menyegarkan tubuh dan pikiran lho. Soalnya, ketenangan air cukup bagus untuk kesehatan mental. Apalagi kalo kamu mulai menggerakkan tubuh untuk melepaskan tegangan otot atau sendi, badanmu akan merasa lebih fit dan bugar lagi.

Kesehatan Jantung
Kondisi jantung bisa semakin kuat dengan olahraga renang nih. Soalnya, renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh. Sebuah penelitian membuktikan kalo orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa sebesar 18 %.

Mengurangi Sesak Napas
Say bye to sesak napas kalo kamu rutin melakukan olahraga renang. Soalnya, renang sangat membantu melatih pernapasan sehingga paru-paru menjadi lebih sehat.

Mengurangi Resiko Arthritis
Nggak tahu arthritis? Ini adalah peradangan yang membuat sendi jadi kaku. Nah, dengan berenang, kamu bisa menggerakkan semua bagian tubuh tanpa ketegangan pada sendi. Makanya, para ahli lebih menganjurkan penderita Rheumatoid Arthritis untuk rutin berenang daripada harus mengonsumsi obat-obatan.

Sumber : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.