4 Cara Membangun Kekayaan dari Hal-hal kecil - Guesthouse & Homestay Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

4 Cara Membangun Kekayaan dari Hal-hal kecil

Sebagian besar orang seringkali menganggap kekayaan merupakan sesuatu yang hanya dapat di ukur dengan angka. Bahkan kebanyakan menganggap mempunyai 1 atau 10 Miliar baru bisa di katakan anda kaya.

Dengan memiliki dana sebesar ini di Bank anda dapat dikatakan memiliki kebebasan financial. Mampu membeli apa saja dan melakukan apa saja tanpa pusing berpikir tersisa berapa dana di Bank. Tapi bagi sebagian kecil orang menganggap mereka kaya hanya dengan memiliki beberapa juta saja di Bank.

Kalau menurut sebagian orang, kekayaan adalah sesuatu yang tidak hanya dapat di ukur dari nilai tetapi lebih ke pola pikir. Mereka merasa kaya pada saat mereka memiliki tabungan dana darurat, mereka berpikir bahwa mereka kaya pada saat mereka bisa mengatasi berbagai macam hambatan finansial dengan mudah. Ini lah terkadang terjadi perbedaan arti kekayaan. Dan akhirnya sebagian orang memilih tidak menjadi kaya dengan angka, tetapi dengan pola pikir dan ketenangan finansial.

Definisi tersebut mungkin berbeda-beda bagi tiap orang, tapi itu tidak masalah. Karena bagaimana pun, langkah membangun kekayaan adalah sama, yaitu membangun prinsip-prinsip tentang finansial yang terarah dan konsisten.

Berikut akan ada 5 tips yang merupakan langkah bagaimana menjadi orang yang kaya di masa depan :

Segera Keluar dari Hutang
Mengapa begitu? karena jaman sekarang kekayaan di tunjukkan dengan berapa banyak yang anda miliki. Hal ini seperti sesungguhnya tidak dapat di terima, karena justru dengan mindset seperti itu, barang-barang indikator kemewahan akan berlaku sebagai barang yang menghambat seseorang menjadi kaya.

Hal ini terbentuk dikarenakan stigma dari masyarakat yang salah menerjemahkan arti kekayaannya sebenarnya. Dan hal ini lah yang mendorong generasi milenial jaman sekarang ini untuk berburu barang-barang branded atau mewah untuk memenuhi keinginan masyarakat saat ini.

Cara terbaik untuk mengetahui hal ini adalah dengan menghitung kekayaan bersih kita. Caranya adalah menghitung semua aset yang kita punya di kurangi dengan total hutang kita secara menyeluruh. Dari sini kita bisa mengetahui berapa banyak Aset yang kita punya atau justru sebaliknya, berapa utang yang kita lakukan untuk membayar gaya hidup kita.

Jika hasilnya ternyata ada di garis Merah (Hutang lebih banyak dari aset) maka segeralah untuk segera keluar dari jeratan utang/ kredit. Dan stop untuk melakukan kredit lagi sampai hutang anda lunas seluruhnya. Keluar dari hutang membutuhkan waktu yang sangat lama, bisa 1 tahun bahkan sampai 15 tahun. Tapi tidak apa, karena jika sudah selesai di jamin hidup anda terasa lebih plong.

Keluarkan uang mu lebih sedikit daripada Gajimu.

Ini adalah matematika sederhana, jika kamu memiliki gaji Rp. 5.000.000 dan dalam sebulan kamu mengeluarkan uang Rp.5.500.000, maka artinya kamu sudah berhutang Rp.500.000 yang entah dari sumber mana. Tetapi jika kamu mampu memaintain pengeluaran hanya sebanyak Rp.4.500.000, maka artinya kamu mampu saving sebanyak Rp. 500.000 yang bisa kamu kumpulkan dalam jangka waktu yang panjang.

Jika kamu menggunakan uangmu sebanyak Rp. 5.000.000 pas dalam sebulan, artinya hidupmu dalam kekhawatiran karena sama sekali tidak ada dana tersisa seandainya kamu menghadapi situasi darurat.
Prinsip sederhana dalam kehidupan finansialmu adalah gunakan sekitar 80% penghasilan untuk di gunakan, sisakan 20% nya untuk di tabung. Ini adalah titik balik kehidupan finansialmu berikut menjadi lebih baik.

Lakukan Investasi
Di jaman sekarang banyak cara untuk melakukan investasi, apalagi sudah di permudah dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam meringankan persyaratan untuk melakukan investasi, sehingga anak kuliahan sampai yang sudah menikah saja bisa melakukan investasi kapan saja, berapa saja dan bahkan dimana saja melalui perangkat mobile.

Saya bukan pakar dalam hal investasi tetapi setidak nya banyak saja reksadana dalam kategori risiko rendah yang menjanjikan keuntungan sekian persen pertahun, cuba saja akumulasikan jika anda investasikan bertahun-tahun. Atau cuba cara sederhana dengan investasi emas atau tanah yang kenaikannya sudah terbukti dan bahkan saya rasa minum risiko.

Investasi prinsipnya adalah, kurangi keinginan untuk membeli sesuatu dan cubalah berinvestasi sedikit demi sedikit. Pada saat sudah banyak, maka dana mu akan terus bertambah meskipun anda sedang liburan atau bahkan tidur.

Tapi setidaknya sebelum melakukan investasi anda harus benar-benar mempertimbangkan investasi mana yang paling sesuai dan aman menurut anda, dan jangan cepat terbuai dengan iklan-iklan investasi yang menjanjikan keuntungan cepat dan besar. Realistis dan perhitungan itu kuncinya.

Buat Tujuan Finansial
Jika kita analogikan, seorang atlit olahraga membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mewujudkan impiannya, dengan konsistensi latihan dan kedisplinan tinggi. Sama halnya dengan anda, jika anda ingin kebebasan finansial di hari tua anda, maka anda harus merancang nya dari sekarang.

Buat sebuah tujuan finansial anda ke depannya, buat secara spesifik dan realistis. Gunakan variabel-variabel keuangan di sekeliling anda, tulis dalam sebuah buku/kertas dan tempel di kamar anda.

Tujuan anda ini akan membuat tujuan hidup anda, dan tujuan hidup anda ini akan mampu mewujudkan impian anda. Setiap anda mengingat tentang impian anda maka dari sanalah motivasi anda untuk terus konsisten dan disiplin akan terus terjaga. So, tunggu apalagi segera terapkan dan lakukan, saya yakin tidak ada yang telat jika kita mulai dari sekarang.

Mudah-mudahan tips di atas berguna dan dapat di terapkan, saya yakin semua orang disini punya keinginan yang sama dan mari bersama-sama dapat mewujudkan nya.
Menjadi kaya dan bebas finansial.

Sumber : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.