Kelebihan SSD dibandingkan HDD - Guesthouse & Homestay Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Kelebihan SSD dibandingkan HDD

SSD Lebih Ngebut
SSD mampu membuat waktu boot perangkat lebih singkat, transfer data yang lebih cepat, dan bandwidth yang lebih tinggi.
Dengan kecepatan yang tinggi, SSD dapat lebih diandalkan daripada HDD dalam dunia bisnis yang sering mengakses data dalam jumlah besar.
Sebagai perbandingan, HDD biasanya hanya mampu mencapai performa tulis 50-120 MB/detik. Sedangkan SSD, bahkan yang paling lambat yaitu jenis SATA, mampu mencapai performa hingga 550 MB/detik.

SSD Lebih Hemat Daya
SSD tidak memiliki komponen yang bergerak seperti HDD. Hal ini membawa keuntungan pada SSD yang membuatnya lebih hemat daya ketika berjalan dibanding HDD yang berputar secara magnetis.
Tingkat konsumsi daya yang rendah ini membuat media penyimpanan SSD berperan penting dalam keawetan baterai laptop yang saat ini menjadi poin penting dalam memilih sebuah laptop.

SSD Lebih Ringan dan Bebas Suara
SSD tidak seperti HDD yang memiliki kepala magnetis dan piringan logam. Hal ini membuat SSD lebih ringan dan ukurannya lebih kecil dibanding HDD. Ukurannya yang praktis ini membuat SSD banyak digunakan pada laptop-laptop premium yang tipis dan ringan.
Selain itu, tidak adanya komponen yang bergerak membuat SSD lebih senyap dibandingkan HDD yang berisik.

SSD Lebih Tahan Lama dan Andal
SSD yang komponennya lebih canggih dan minim gerakan membuatnya lebih awet dibandingkan HDD. Pasalnya, panas adalah penyebab utama kerusakan pada media penyimpanan, dan gerakan yang berulang pada HDD menyebabkan potensi kerusakan itu menjadi tinggi.
Selain itu, SSD juga lebih tahan terhadap tetesan, guncangan, dan getaran sehingga cocok untuk digunakan karena data yang tersimpan di dalamnya tidak mudah hilang.
Secara umum, SSD jauh lebih baik dibandingkan HDD, bahkan hampir dalam setiap aspek.
Satu-satunya kekurangan yang dimiliki SSD adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan HDD.
Tetapi, bagi sebagian orang pemilik laptop, harga SSD yang lebih mahal tentu sebanding dengan keunggulan yang ditawarkan.

Sumber : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.