unique visitors counter Belajar, Mengenal, dan Bermain Bersama Ulat Sutera

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Belajar, Mengenal, dan Bermain Bersama Ulat Sutera

Belajar, Mengenal, dan Bermain Bersama Ulat Sutera

Homiers mungkin geli mendengar kalau kita bisa bermain-main dengan ulat, tapi disini kita akan bermain dengan ulat sutera :). Mulai sekarang Homieras tidak perlu geli untuk mendengar binatang yang disebut ulat sutera ini karena di Bandung ada padepokan yang bernama “Padepokan Dayang Sumbi” dimana di tempat ini Homiers bisa mengenal dan bermain dengan ulat sutera bahkan bisa mendapatkan ilmu sekitar wisata ulat sutera 🙂
Padepokan Dayang Sumbi merupakan pelopor Wisata Ilmu Ulat Sutera yang pertama di Indonesia yang berada di Kota Bandung tepatnya di Jl. Arcamanik Sindanglaya Km. 4 Kampung Pamoyanan Desa Mekarmanik Kec. Cimenyan Bandung Timur. Padepokan ini dapat ditempuh sekitar 30-45 menit dari Tol Pasteur dan Bandara Husein Sastranegara.

Kebanyakan orang mungkin tidak suka dengan yang namanya ulat, tetapi beda dengan ulat sutera karena ulat sutera tidak berbahaya dan tidak berbulu seperti ulat lain yang bisa menyebabkan gatal pada kulit. Perlu Homiers tahu ulat sutera ini bisa menghasilkan serat yang begitu halus, panjang, dan begitu kuat yang bahkan bisa menghasilkan produk yang bernilai tinggi harganya lho..
Padepokan Dayang Sumbi ini sangat cocok untuk Homiers berwisata bersama keluarga, karena letak Padepokan Dayang Sumbi yang berada didaerah pegunungan yang tidak begitu jauh dari kota dengan udara yang sejuk dan segar, membuat Homiers bisa menikmati udara segar pegunungan sambil mendapatkan ilmu sekitar pengembangan dan pengolahan ulat sutera menjadi benang sutera yang panjang, kuat, dan tentunya akan menjadi suatu pengalaman yang unik dan mengesankan bagi Homiers.

Wisata Ilmu yang dapat Homiers dapatkan di padepokan ini meliputi penjelasan singkat budidaya ulat sutera kemudian dilanjutkan peninjauan ke rumah ulat, melihat bagaimana benang sutera dibuat, melihat pembuatan kain sutera dengan ATBM ( Alat Tenun Bukan Mesin ) dan melihat produk-produk sutera.
Nah..apabila Homiers sudah cukup berwisata ilmu tentang ulat sutera bisa dilanjutkan dengan istirahat sambil menyantap makanan yang sudah tersaji disana berupa nasi merah dan ikan goreng serta lalap murbai yang mengundang selera makan Homiers 😀 sungguh wisata yang menyenangkan bukan?
Untuk itu boleh donk kalau “Padepokan Dayang Sumbi Bandung” ini bisa menjadi salah satu alternative tujuan untuk Homiers berwisata keluarga dikota Bandung 🙂
Selamat berwisata .. ^__^