unique visitors counter Wisata Sejarah di Monjali | Simply Homy

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Wisata Sejarah di Monjali

Wisata sejarah di Monjali? Homiers sudah pernah dengar Monjali? Yak..Monjali adalah singkatan dari Monumen Jogja Kembali, monumen ini sering disingkat oleh masyarakat Jogja dengan sebutan Monjali. Ide pembangunan monumen ini dikemukakan oleh Kolonel Sugiarto, selaku Walikota Madya Yogyakarta pada masanya, tujuannya adalah untuk Peringatan Yogya Kembali yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Tingkat II Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1983.

Kenapa Yogya Kembali? Karena sebagai pertanda peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari Ibu Kota Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949. Sebagai awal bebasnya Bangsa Indonesia secara nyata dari kekuasaan pemerintahan Belanda. Monumen ini dibangun pada 29 Juni 1985 dengan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII.

Monumen ini terletak di Dusun Jongkang, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, dekat dengan kantor Simply Homy Guest House Jogja kan Homiers? Di monumen ini merupakan bangunan dua lantai, di lantai satu adalah museum dimana terdapat empat ruang museum yang menyajikan benda-benda koleksi berupa : realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum yang kesemuanya menggambarkan suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Didalam bangunan lantai dua terdapat sepuluh diorama perjuangan Phisik dan Diplomasi Bangsa Indonesia sejak 19 Desember 1948 hingga 17 Agustus 1949 dengan ukuran life-size melingkari bangunan monumen. Jika Homiers datang didampingi pemandu maka pemandu akan menjelaskan kepada Homiers peristiwa sesungguhnya yang terjadi dimana pasukan Belanda yang dipimpin oleh Kapten Van Langen berhasil menguasai Lapangan Udara Maguwo (kini Adisucipto) pada pukul 08.00 dan mengadakan ‘sapu bersih’ terhadap apa yang dijumpai sepanjang jalan menuju Kota Yogyakarta (Jalan Solo). Kurang lebih pukul 16.00 pasukan Belanda sudah menguasai seluruh kota Yogyakarta dan beberapa tempat-tempat penting lain seperti Istana Presiden (Gedung Agung) dan Benteng Vredeburg. Sejak itu perjuangan merebut kembali Negara RI dimulai. Monumen Jogja Kembali Monumen ini sangat tepat menjadi tujuan wisata Homiers dan keluarga untuk memahami sejarah. Tidak salah apabila Homiers mengunjungi monumen ini bersama keluarga tercinta karena selain semua tempat yang telah disebutkan diatas monumen ini juga dilengkapi dengan taman yang terletak di bagian barat dan timur, tentu akan sangat mengasikkan bukan?

Disekitar monumen ini, juga terdapat unit-unit Simply Homy Guest House lho..apabila Homiers berencana untuk wisata sejarah di Monjali, Homiers bisa menggunakan Simply Homy Guest House Unit Lempongsari 1, Lempongsari 2, dan ada juga Unit Lotus. Dimana jarak antara guest house dengan Monumen Jogja Kembali ini sangat dekat, tidak sampai 15 menit untuk sampai ke monumen. Selamat berwisata 🙂