unique visitors counter Wisata Museum di Jogja | Simply Homy

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Wisata Museum di Jogja

Wisata Museum di Jogja

Wisata museum di Jogja mungkin menjadi alternatif bagi Homiers yang ingin jalan-jalan ke Jogja, selain wisata alam dan wisata kuliner yang terkenal di Jogja Homiers bisa mencoba mengunjungi beberapa museum yang ada di Jogja. Berikut ada beberapa wisata museum di Jogja beserta alamat yang bisa menjadi referensi Homiers berwisata :

1. Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo yang berlokasi di pusat kota berada dalam lokasi yang strategis, berada dalam lingkungan Pusat Budaya Yogyakarta yang banyak mendapatkan perhatian dari berbagai pihak baik dari dalam maupun luar negeri. Bangunan Museum Sonobudoyo merupakan rumah joglo dengan arsitektur masjid keraton kesepuhan Cirebon. Didesain oleh Ir Th Karsten. Jam buka untuk museum ini adalah setiap hari mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang, untuk hari Jumat sampai jam 11 siang sedangkan hari Sabtu dan Minggu sampai jam 1 siang. Harga tiket masuk ke museum ini sangat murah Homiers, berkisar Rp. 2.000,- sampai Rp. 5.000,- saja.

2. Museum Wayang Kekayon
Adalah museum mengenai wayang yang ada di kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Raya Yogya-Wonosari Km. 7 Homiers, kurang lebih 1 km dari Ring Road Timur. Museum yang didirikan pada tahun 1990 ini memiliki koleksi berbagai wayang dan topeng serta menampilkan sejarah wayang yang diperkenalkan mulai dari abad ke-6 sampai abad ke-20. Wayang-wayang di dalam museum ini terbuat baik dari kulit, kayu, kain, maupun kertas.

3. Museum Ullen Sentalu
Dirintis pada tahun 1994 dan diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997, yang merupakan tanggal bersejarah bagi kota Yogyakarta. Beralamat di Jl Boyong, Pakem, peresmian museum dilakukan oleh KGPAA Paku Alam VIII, Gubernur DIY pada waktu itu. Salah satu upaya Museum Ullen Sentalu dalam memvisualisasikan berbagai warisan intangible dari Dinasti Mataram adalah dengan memanfaatkan media interpretasi dalam bentuk Conceptual and Imaginary Narrative Paintings.

4. Museum Benteng Vredeburg
Museum Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan istana Kesultanan Yogyakarta. Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia. Benteng ini dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda kala itu. Benteng ini dikelilingi oleh sebuah parit yang sebagian bekas-bekasnya telah direkonstruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau (bastion) di keempat sudutnya.

Itulah beberapa tempat wisata museum di Jogja yang bisa menjadi referensi untuk Homiers kunjungi, sebenarnya masih ada banyak lho Homiers museum yang ada di Kota Yogyakarta, kita akan bahas dilain kesempatan. Semoga bermanfaat 🙂

Related Post