unique visitors counter Ini Dia 5 Wisata Kaliurang di Jogja Yang Wajib di kunjungi Ketika Liburan

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Ini Dia 5 Wisata Kaliurang di Jogja Yang Wajib di kunjungi Ketika Liburan

Ini Dia 5 Wisata Kaliurang di Jogja Yang Wajib di kunjungi Ketika Liburan

Kaliurang merupakan salah satu kawasan wisata terkenal yang ada di Kota Yogyakarta. Letaknya ada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, 25 kilometer dari pusat kota. Pada zaman penjajahan, Kaliurang dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi nyonya dan meneer Belanda. Selain itu, Kaliurang juga menjadi saksi bisu dari sebuah peristiwa sejarah, di mana  Notulen Kaliurang lahir pada 13 Agustus 1948 dari hasil perundingan Indonesia dan Komisi Tiga Negara.

Pada masa sekarang ini, Kaliurang telah menjadi tempat favorit bagi pelancong yang ingin menikmati panorama Gunung Merapi. Karena lokasinya berada di dataran tinggi sekitar 900 meter di atas permukaan laut homiers tidak akan kepanasan. Suhu di Kaliurang ini ada di kisaran 20 sampai 25 derajat Celcius. Sepanjang perjalanan, homiers akan disuguhi pemandangan berupa gunung, bentangan alam yang sangat indah dan juga udara segar yang jarang didapatkan di kota-kota besar.
Jika homiers tertarik, berikut ada beberapa tempat wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi jika homiers berlibur ke Yogyakarta.

  • Museum Vulkanik merapi

Tidak lengkap rasanya jika homiers tidak mengunjungi Museum Vulkanik Merapi. Museum diresmikan pada tahun 2010 dan berdiri dengan latar sang gunung berapi. Saat masuk ke museum, homiers akan disambut replika sebaran awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994, dan 2004. Di ruangan lain, homiers juga akan menemukan tipe letusan gunung api, koleksi dari letusan-letusan tahun 2006, batuan Gunung Merapi sejak 1930, dan potret-potret sang gunung dari masa ke masa. Untuk tiket masuk, homiers hanya perlu mengeluarkan 3.000 rupiah dan 5.000 untuk tiket film. Museum Vulkanik Merapi buka dari pukul 08.00 pagi sampai 03.30 sore.

  • Tlogo Putri

Tlogo Putri adalah tempat wisata di Kaliurang yang memadukan wisata air dan alam. Homiers dan keluarga tentunya akan sangat menikmati rimbunnya pepohonan dan udara segar. Sedangkan tlogo (danau) di sini menjadi objek yang sangat pas bagi anak-anak untuk dapat bermain becak air atau kano. Selain itu, ada wahana lain berupa flying fox sebagai alternatif. Di Tlogo Putri juga sering diadakan pentas seni seperti canpur sari, topeng ireng, kubro siswo yang dapat dinikmati secara gratis. Homiers hanya perlu mengeluarkan 2.500 rupiah perorang untuk masuk ke Tlogo Putri (belum termasuk dengan biaya parkir).

  • Wisata Kaliadem

Tempat wisata Kaliadem di Kaliurang ini terletak 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Lokasinya di lereng selatan gunung berapi tersebut, Kaliadem dulunya merupakan tempat rekreasi yang digunakan para pelancong untuk berkemah diklat, outbound, hingga pendakian. Setelah terjadi erupsi besar pada tahun 2006 silam, Kaliadem menjadi tempat timbunan material letusan dari Gunung Merapi. Namun, dari hasil timbunan tersebut, muncul beberapa fenomena unik seperti batu berdengung dan pasir berdesis yang melahirkan wisata tur lava.

  • Air Terjun Tlogomuncar

Lokasi air terjun Tlogomuncar ini berada di salah satu lereng Gunung Merapi. Air Terjun Tlogomuncar ini memiliki ketinggian sekitar 30 hingga 45 meter dan berada pada ketinggian 878 meter di atas permukaan laut. Suhu di sekitar air terjun pun sangatlah sejuk, yaitu 20 hingga 25 derajat Celcius. Terletak 28 kilometer dari pusat kota, homiers dapat mengkasesnya dengan menggunakan kendaraan beroda empat atau bis wisata. Homiers hanya perlu mengeluarkan 1.500 rupiah untuk menikmati keindahan Air Terjun Tlogomuncar (belum termasuk dengan biaya parkir).

  • Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu ini berada di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, DIY. Di museum ini menyajikan berbagai seni lukis  dan masih banyak lagi spot menarik yang akan memanjakan tangan homiers untuk mengabadikan setiap moment yang ada. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Museum Ullen Sentalu akan dipandu oleh seorang pemandu berpengalaman yang menjelaskan secara rinci mengenai isi museum. Koleksi museum dibagi menjadi beberapa ruang, yaitu Ruang Seni dan Gamelan, ruang Selo Giri (lukisan tokoh-tokoh yang mewakili 4 figure Dinasti Mataram), dan masih banyak lagi. Tiket masuk Rp. 30.000

 

Sumber Artikel via  inilahtempatwisata.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.