unique visitors counter Cobain Obyek Wisata Watu Giring Penyatuan Karya Manusia dan Alam

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Cobain Obyek Wisata Watu Giring Sebuah Penyatuan Sempurna Karya Manusia Dengan Alam

Watu Giring

Sebut saja dengan Sebutan Watu Giring Homiers, Sebuah Wisata Alam yang di ciptakan dengan perpaduan manusia dan alam menjadikan sebuah objek wisata yang menarik dan unik, berada di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul Watu Giring ini begitu ramai diperbincangkan oleh para traveler.

Sebuah objek wisata alam baru yang diperkenalkan oleh masyarakat Semanu, Gunung Kidul Yogyakarta  ini ternyata mendapat antusias baik dan cukup banyak mendapatkan banyak perhatian di Sosial Media.

Watu Giring ini sebenarnya adalah sebuah bebatuan alam yang diambil dengan dipotong-potong di tempat oleh para penambang batu alam hingga menjadi seperti anak tangga kalau bahasa ilmiahnya itu Homiers heritage megalitikum. Hehehe..

Saat ini penambangan batu alam yang ada di Kecamatan Semanu tersebut sudah dihentikan dan meninggalkan jejak penambangan batu alam. Peninggalan tersebut terlihat terlihat sangat unik dengan penyatuan alam yang khas pegunungan Gunung kidul.

Objek wisata Watu Giring yang berada di Semanu ini Homiers hampir mirip seperti yang ada di Bukit Breksi Kalasan, Sleman. Yang membedakan adalah potongan-potongan dari batu alam yang diambil.

Para penambang batu alam di Semanu ini memotong batuan alam tersebut dengan ukuran yang kecil-kecil dan memanjang, hal tersebut berbeda dengan penambang yang ada di Bukit Breksi.
Walau pun berbeda Homiers, keduanya tetap menawarkan keunikan tersendiri yang pernah dibuat oleh manusia.
Retribusi Watu Giring

Karena objek wisata yang baru di Gunung kidul ini masih dikelola oleh masyarakat setempat Homiers, maka tidak ada biaya resmi untuk masuk ke wisata Watu Giring. Sebagai gantinya ini Homiers, setiap pengunjung akan ditarik biaya seikhlasnya untuk memajukan objek wisata tersebut.

Biaya retribusi atau tiket masuk ke Objek Wisata Watu Giring di Kecamatan Semanu, Gunung Kidul adalah seikhlasnya.

source via 1.bp.blogspot.com/-M3miLBg-uFM/VsfrS0ZbYwI/AAAAAAAAAzc/y7-QEgMhUmM/s1600/12.png

Sumber Gambar: https://1.bp.blogspot.com/-M3miLBg-uFM/VsfrS0ZbYwI/AAAAAAAAAzc/y7-QEgMhUmM/s1600/12.png

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan, Kita hanya perlu mengeluarkan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000,00 dan biaya parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000,00.
Fasilitas di Watu Giring

Sumber Gambar: https://3.bp.blogspot.com/-sbWhMxK316U/WWwPcjcyirI/AAAAAAAARXM/7ADy_XJFEbUMhfNM2OFZvAEhiAHaXR-vQCLcBGAs/s1600/1assdrmk%2B%2528245%2529.jpg

Objek Wisata Alam Watu Giring ini Homiers belum begitu mempunyai kelengkapan fasilitas yang cukup. Hanya terdapat sebuah tempat duduk panjang dari bambu yang disediakan untuk istirahat dan duduk-duduk para wisatawan yang ingin berkunjung kemari.
 

Walau minim akan fasilitas Homiers jangan khawatir karena di sekitaran lokasi Watu Giring ini terdapat sebuah warung penjual oleh-oleh atau central makanan khas Gunungkidul yaitu belalang goreng yang sangat terkenal.
Untuk menuju ke Watu Giring ini Homiers, Kita dapat melalui rute yang sama seperti rute ke Kali Suci yang berada di Semanu. Untuk alamat lengkap dari Watu Giring ini berada di  Desa Jelok, Dusun Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

Karena lokasi Watu Giring belum terindeks oleh Google Maps, hehehe.. Kita kita bisa bertanya kepada masyarakat setempat.
Lalu kapan Homiers kemari..??

Kemnapun perginya nginepnya di Simply Homy saja.
Lebih hemat satu rumah bisa untuk 20 orang. So tunggu apa lagi, buruan Booking keburu Fullboked..!!

 

Sumber Artikel: lookjogja.blogspot.co.id

Image featured via: 4.bp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *