Tips Memasak Semur Daging Sapi Cepat Dan Hemat Energi

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Tips Memasak Semur Daging Sapi Cepat Dan Hemat Energi

Selamat akhir pekan. Menikmati suasana akhir pekan bukan hanya liburan saja. Tapi bisa juga dinikmati dengan berkumpul santai dengan keluarga. Tentunya lebih nikmat jika ditemani sajian kuliner favorit.
Kebetulan saya punya daging sapi, karena keluarga suka dengan masakan yang berbumbu, saya memiliki ide untuk memasak semur daging sapi.


Bagian daging sengkel atau shank memang memiliki tekstur yang kenyal. Tekstur tersebut dikarenakan kandungan kolagennya yang cukup tinggi. Maka dari itu bagian ini sebaiknya dimasak dalam waktu yang lebih lama dengan api kecil. Beberapa jenis makanan yang sering menggunakan bagian ini adalah semur, rendang, gulai, dll.
Hal yang penting diperhatikan saat memasak daging sapi adalah tingkat keempukannya. Karena apabila daging ini teksturnya alot tentu mengurangi kelezatan masakannya.


Beberapa zat kandungan daging sapi yaitu protein, lemak, vitamin, dan mineral. Selain itu daging sapi juga mengandung zat seperti kreatin, glutathione, bahkan taurin. Daging yang termasuk kelompok daging merah ini bermanfaat untuk mencegah kekurangan zat besi, terutama pada hati sapi.


Saya ingin berbagi tips mengolah daging sapi supaya empuk dan tidak boros gas bahan bakar. Penasaran? Yuk simak!

Bahan-bahan:
Daging sapi sengkel 250 gram
3 sdm minyak goreng
Bumbu halus : cabe merah, kemiri, bawang putih, bawang merah, merica, pala.
1 ruas jahe
2 lembar daun salam
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Gula merah secukupnya
100 ml air
Minyak untuk menumis bumbu

Langkah-langkah memasak:

  • Iris daging sapi, tapi terlalu tipis ya
  • Masukan di mangkok, kemudian tambahkan bumbu halus, garam,penyedap, gula merah, irisan jahe, dan daun salam. Aduk dan masukan minyak 3 sdm.
  • Diamkan dan simpan di kulkas selama 15 menit. Tujuannya supaya bumbu meresap dan fungsi minyak ini yang bikin daging empuk.
  • Masukkan ke dalam teflon majicom
  • Tekan tombol “cook” dan biarkan sekitar 30 menit
  • Angkat jika air sudah berkurang
  • Sajikan bersama nasi hangat dan bawang goreng

Memasak daging sapi sampai empuk di kompor gas biasanya memakan waktu 1 jam. Tentu sangat boros gas ya. Semur daging sapi memakai majicom ini rasanya tetap sama dengan yang dimasak di kompor. Lebih hemat dan tidak perlu capek mengaduk atau mengecek daging.
Selain itu, menu rendang atau kalio juga bisa dimasak di majicom. Untuk ayam kampung dan bebek pun juga bisa lebih mudah empuk.


Bagaimana? Tertarik mencoba tips yang anti ribet dan hemat energi ini?
Semoga bermanfaat ya.

Sumber : Thread Kaskus <<klik

Thanks to : ID KASKUS @zatilmutie 

Leave a Reply

Your email address will not be published.