• facebook
  • flickr
  • google
  • instagram
  • twitter
  • youtube
Tips Sehat Bugar Selama Puasa Ramadhan

Tips Sehat Bugar Selama Puasa Ramadhan

Tidak terasa Bulan Sya’ban akan segera meninggalkan kita dan tinggal mengitung hari kita sudah menyambut bulan Suci Ramadhan, di mana bulan penuh ampunan bagi Umat manusia, yang di mana pada bulan suci ini seluruh umat Islam di wajibkan untuk menjalankan ibadah Puasa Ramadhan.

Untuk menyambut bulan suci ini kali ini kita bahas bagaimana Tips supaya tetap sehat bugar selama bulan ramadhan ini :

1.       Niat Puasa

Biasakan lah ucapkan niat untuk melakukan sesuatu seperti hal nya Puasa Ramadhan. Motivasi yang kuat untuk  menjalankan puasa  akan membuat fisik kita siap menghadapi sesuatu yang bisa menganggu ibadah puasa kita.

2.       Tetap Makan Sahur

Makan Sahur penting sebagai cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian . Bila Homiers  tidak makan sahur makan homiers akan mudah menjadi hipoglikimia. Dimana kadar gula dalam darah turun sehingga homiers mudah merasa letih, lesu, ngantuk dan bisa gampang marah,

 3.       Menghindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula di saat Sahur

Membiasakan diri makan dan minum yg banyak mengandung gula di saat sahur akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah, yang akibatnya rasa lapar akan cepat timbul. Tetapi perbanyak lah makan makanan yg banyak mengandung Protein karena protein akan diolah lebih lambat di bandingkan jenis makanan lain.

 4.       Segera Berbuka Puasa Pada waktunya

Segerahlah Berbuka pada saat Berbuka dan biasakan untuk berbuka dengan yang manis seperti kurma, karena makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat menjadi energi.

 5.       Berolah raga di Bulan ramadhan

Homiers mungkin terbiasa degan olah raga sehabis Sahur, olah raga sehabis sahur sebetulnya tidak dianjurkan karena bisa mengakibatkan tubuh cepat lelah. Berolahraga lah beberapa jam menjelang buka Puasa dengan melakukan olah raga yang ringan2.

 6.       Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Biasakanlah mengosok gigi sehabis sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut. Selama Puasa tentunya semua kegiatan makan dan minum terhenti sehingga produksi kelenjar air liur berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau, sehingga dianjurkan untuk membiasakan diri untuk menggosok gigi sehabis sahur.

Itulah sedikit Tips Sehat di Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat untuk Homiers semua dan Selamat Mencoba :)

Diolah dari berbagai sumber oleh : Simply Homy Guest House 
Info franchise  guest house dan hotel di yogya dan bandung : www.simplyhomy.com

239 total views, 1 views today

Ikuti perkembangan kami di :

Simply Homy Guest House - Jaringan Penginapan dan Hotel di Jogja dan Bandung