• facebook
  • flickr
  • google
  • instagram
  • twitter
  • youtube
Keutamaan dan Faedah Puasa 6 Hari Bulan Syawal

Keutamaan dan Faedah Puasa 6 Hari Bulan Syawal

  • Posted on: 04/09/2012

“Barang siapa puasa penuh di bulan ramadhan lalu menyambungnya dengan puasa 6 hari di bulan syawal, maka pahalanya seperti ia puasa selama satu tahun penuh” (HR. Muslim)

Bulan Ramadhan memang sudah berlalu, tapi bukan berarti tuntas sudah amalan kita untuk melaksanakan ibadah puasa.  yuuk… Homiers kita melaksanakan puasa 6 hari di bulan Syawal di mana 1 hari puasa di bulan syawal = 2 bulan kita puasa,jadi apabila homiers puasa 6 hari di bulan syawal berarti setahun penuh amalan puasa homiers, seperti di singgung dalam hadist HR. Muslim.

 Puasa Syawal dilakukan selama 6 hari dan lebih utama dilakukan sehari setelah idul fitri dan secara berurutan, tetapi tidak mengapa apabila di akhirkan dan tidak berurutan selama masih di bulan syawal.

Selain itu juga banyak Manfaat dan Faedah bagi Homiers yang biasa mengerjakan ibadah puasa setelah puasa Ramadhan,  diantaranya :

  1. Puasa Enam Hari Bulan Syawal merupakan pelengkap dan penyempurna pahala dari puasa setahun penuh.

Jadi seolah-olah apabila seseorang melaksanakan puasa syawal dan sebelumnya berpuasa sebulan di bulan ramadhan, maka ia seperti melaksanakan puasa setahun penuh.

  1. Puasa syawal seperti hal nya shalat sunnnah rawatib yang dapat menutup kekurangan dan menyempurnakan ibadah wajib.

Maksud dari hal tsb adalah amalan puasa syawal nantinya akan menyempurnakan puasa ramadhan yg sering kali ada kekurangan di sana-sini yg mesti di sempurnakan  dgn amalan sunnah, seperti hal nya shalat sunnah rawatib yg menyempurnakan ibadah wajib.

  1. Melakukan Puasa Syawal merupakan tanda di terimanya amalan puasa Ramadhan.

“Diantara balasan kebaikan adalah kebaikan selanjutnya dan diantara balasan kejelekan adalah kejelekan selanjutnya” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14/372)

Oleh karena itu barang siapa mengerjakan kebaikan kemudian melanjutkan kebaikan dgn kebaikan lain, maka hal tersebut merupakan tanda terkabulnya amalan pertama, demikian juga sebaliknya jika seseorang melakukan sesuatu kebaikan lalu diikuti dgn yg buruk maka hal itu merupakan tanda tertolaknya amal yg pertama.

  1. Melaksanakan puasa syawal merupakan bentuk syukur kepada allah SWT.

Puasa Ramadhan dapat mendatangkan maghfirah atas dosa-dosa masa lain. Orang yg berpuasa Ramadhan akan mendapatkan pahalanya pd hari raya ’ldul Fitri yg merupakan hari pembagian hadiah, maka apabila homiers membiasakan puasa setelah ramadhan itu, hal tersebut merupakan salah satu bentuk syukur atas nikmat ini. Dan sungguh tidak ada nikmat yang lebih agung dari pengampunan dosa-dosa.

  1. Melaksanakan Puasa Syawal menandakan Ibadahnya Kotinyu dan Bukan Hanya Musiman

Amalan seseorang yg dilakukan di bulan ramadhan tidaklah berhenti setelah Ramadhan itu berakhir, amalan tersebut harus terus berlanjut sampai nafas terhenti. Seperti banyak ulama yg mengatakan :

“ Sejelek-jeleknya orang adalah yg hanya rajin ibadah di bulan Ramadhan saja. Sesungguhnya orang yg sholih adalah orang yg rajin ibadah dan rajin shalat malam sepanjang tahun”   

Inti nya Beribadahlah secara kontinyu sepanjang tahuan dan bukan hanya di bulan sya’ban atau    ramadhan saja karena  amalan seorang muslim tidak akan pernah berhenti sebelum ajal menjemput.

Begitu banyak kan faedah yg bisa Homiers dapatkan apabila homiers membiasakan mengerjakan puasa 6 hari bulan syawal, dan perlu homiers ingat pula bahwa shalat-shalat, puasa sunnah serta sedekah yg digunakan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala pada bulan ramadhan adalah untuk di syariatkan sepanjang tahun  karena hal itu mengandung berbagai macam manfaat seperti ia sbg pelengkap dari kekurangan yg terdapat pd yg fardhu, merupakan salah satu faktor yg mendatangkan mahabbah (kecintaan) Allah kpd hamba-Nya, sebab terkabulnya doa, demikian pula sbg sebab dihapusnya dosa & dilipatgandakannya pahala kebaikan & ditinggikannya kedudukan

Semoga Bermanfaat ..

Taqoballahu minna waminkum…Taqobal Yaa Karim

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H Homiers Semua Mohon Maaf Lahir Bathin  …..

Disadur dari berbagai sumber oleh Simply Homy Guest House

563 total views, 2 views today

Ikuti perkembangan kami di :

Simply Homy Guest House - Jaringan Penginapan dan Hotel di Jogja dan Bandung

Dapatkan Informasi Menarik Mengenai :

  • Travelling
  • Wisata
  • Tips & Informasi

Masukan Nama dan Alamat Email