unique visitors counter Puasa Tetap Sehat, Yuk Ikuti Tips Buka Puasa yang Simple dan Sehat Ini

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Biar Puasa Tetap Sehat, Yuk Ikuti Tips Buka Puasa yang Simple dan Sehat Ini

Biar Puasa Tetap Sehat, Yuk Ikuti Tips Buka Puasa yang Simple dan Sehat Ini
Bulan Ramadan merupakan kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang baik dan teratur. Oleh karena itu diperlukan usaha yang ekstra untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh selama puasa.

Saat yang paling menyenangkan selam bulan puasa adalah berkumpul bersama keluarga dan teman menanti adzan dikumandangkan. Namun ingat, pengalaman menyenangkan bisa menjadi momok menakutkan, misalkan, penyakit maag, pusing-pusing dan lemas. Nah berikut tips buka puasa yang simple dan sehat ini;

1.    Mulailah dengan segelas Air

Mulailah berbuka puasa dengan air, jus segar, atau susu. Sebab air, dapat mencegah dehidrasi Homiers. Minumlah 1 – 2 gelas air sebelum makan dan hindari minum saat makan  sedang berlangsung agar tidak menunda proses pencernaan Homiers.

2.    Ambillah Sebiji Buah Kurma

Secara tradisional, kurma biasanya dihidangkan pertama kali di menu buka puasa. Kurma memiliki semburan gula alami yang bergizi untuk menyokong tubuh dengan energi yang dibutuhkan. Kalau Homiers merasa sakit kepala pada saat puasa, mungkin disebabkan oleh rendahnya gula darah, jadi mulailah buka puasa dengan sebiji atau dua kurma.

3.    Semangkuk Sup

Hidangan yang satu ini memang tidak tergantikan pada menu buka puasa. Sup kaya akan air dan membantu penderita dehidrasi. Jika Homiers pencinta sup, maka carilah sup miju-miju, tomat, atau sayuran dan hindari sup krim.

4.    Makanlah sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dan memberi begitu banyak nutrisi dalam kalori begitu sedikit. Sayuran dapat memberi perasaan kenyang, sehingga Homiers makan lebih sedikit di makanan-makanan utama.

5.    Pilih Karbohidrat yang Baik

Pastikan saat buka puasa menunya mengandung karbohidrat baik, seperti, beras merah, pasta gandum utuh atau roti, kentang atau burghul. Karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan disamping serat dan mineralnya

6.    Pililah Protein Tanpa Lemak

Saat berbuka puasa, Homiers harus berusaha mengkonsumsi protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Tubuh Homiers membutuhkan protein untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

7.    Bikin Santai aja

Jangan terburu-buru menyelesaikan makanan Homiers. Setelah menahan makan dan minum sehari, kelebihan beban pada makanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

8.    Hindari makanan tinggi lemak, Garam dan Gula

Bila mungkin, jauhi makanan berat untuk berbuka puasa yang mengandung lemak, garam dan gula tambahan yang tidak sehat. Saat memasak, buat resep ramadan favorit Homiers lebih sehat dengan cara merapikan, memanggang, mengukus dan menghindari menggoreng.

Info Artikel via : jurnas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.