Inilah Trend Shabby Chic Baru yang Nggak Boleh Dilewatkan

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Inilah Trend Shabby Chic Baru yang Nggak Boleh Dilewatkan

Inilah Trend Shabby Chic Baru yang Nggak Boleh Dilewatkan

Jika homiers termasuk salah satu yang gemar mengikuti perkembangan trend interior, pasti sudah sering mendengar kata Shabby Chic bukan? Tak jarang,homiers juga bisa melihat pernak- pernik bergaya Shabby Chic yang mulai mencuat di berbagai pasaran dan toko ritel.

Pada dasarnya, trend Shabby Chic merupakan sesuatu yang berkaitan dengan gaya vintage yang elegan dan gaya. Shabby Chic akan selalu mengingkatkan homiers tentang gaya desain berbau desa-desa cantik di Paris yang terasa nyaman dan tenang. Trend Shabby Chic sering mengarah pada motif floral yang lembut dan tidak simetris. Namun keindahannya semakin mencuat akibat aksen bebas tersebut.

Desain Shabby Chic ini sebenarnya sudah lama muncul baik untuk gaya hidup sehari-hari dan terutama untuk trend interior. Tepatnya sekitar akhir tahun 80-an hingga awal 90-an, banyak yang mulai menyukai trend Shabby Chic untuk kediaman mereka sendiri. Tampaknya, trend Shabby Chic untuk penataan rumah juga akan semakin booming di era digital saat ini.

shabby chic
Inspiration Hut

Nah, buat homiers yang masih penasaran atau ingin mendalami tentang trend Shabby Chic, kita akan membahas Shabby Chic secara tuntas!  Yang pada akhirnya, homiers akan mengerti mengapa trend Shabby Chic ini begitu menggoda dan tidak boleh homiers lewatkan sama sekali.

Apa sih Sebenarnya Shabby Chic itu?

Shabby Chic (baca: “sheek”) merupakan sebuah trend interior desain khusunya pada furnitur dan hiasan dekor rumah yang sengaja dipilih dan digunakan karena adanya unsur vintage, kuno, dan antik yang indah. Style Shabby Chic umumnya merupakan perpaduan motif floral dan liris yang ekletis dan didominasi dengan warna putih atau pastel. Pastinya, melihat interior shabby chic dapat membangkitkan perasaan nyaman dan rileks dengan nuansa romantis dan feminim yang elegan.

Selain memang trend lifestyle Shabby Chic yang adem di mata, banyak yang juga menyukainya karena Shabby Chic tergolong tema interior yang relatif bersahabat di kantong alias tidak terlalu mahal. Hal ini wajar, karena memang trend Shabby Chic lebih mengutamakan perabot atau benda yang memang sudah pernah dipakai dan punya guratan waktu yang khas.

shabby chic
Stories By Cromly

Jadi, jika dibandingkan dengan tema interior atau lifestyle modern yang tegas dan terlihat berkilau, pastinya pencinta Shabby Chic dapat banyak berhemat dengan cara daur ulang atau pengolahan kembali furnitur yang sudah ada. Dan bahkan banyak juga yang senang bereksperimen dengan sebuah furnitur tua yang dicat ulang dan didesain ulang secara sederhana untuk menghasilkan furnitur “baru” dengan gaya Shabby Chic yang vintage.

Sejarah Singkat Shabby Chic Yang Menarik

Tahukah homiers? Trend lifestyle Shabby Chic ini pertama diawali di awal tahun 1900-an tepatnya di negara Inggris. Bisa kebayang kan, banyaknya hamparan padang hijau dan rumah bergaya country yang ada pada waktu itu. Masyarakat pedesaan di Inggris yang tinggal di daerah luar kota Inggris pada saat itu adalah masyarakat dengan daya beli yang rendah dan miskin. Jadi perabotan mereka pun banyak yang terlihat usang dan pudar.

Namun pada awal tahun 1980-an, trend Shabby Chic mulai mencuat di kalangan masyarakat Inggris yang cukup berada. Mereka pun berlomba-lomba untuk mendapatkan furniture berkualitas yang klasik dan punya kisah unik hingga ratusan tahun lamanya. Semakin antik dan vintage sebuah furnitur Shabby Chic yang bisa mereka dapatkan, maka akan semakin tinggi prestise dan nilai sebuah benda. Makanya, mereka pun tidak sembarangan dalam memilih barang, lebih baik keluar biaya sedikit mahal tapi berkualitas dibanding yang cepat rusak.

Nah, homiers tidak perlu lagi berlomba-lomba untuk mencari perabot atau hiasan dinding Shabby Chic yang sudah uzur. Berkat twist modern dan desain yang sangat dinamis ini, banyak sekali pernak-pernik dan furnitur yang harganya cukup terjangkau namun punya unsur Shabby Chic yang khas dan menggoda.

Mencoba Trend Lifestyle Shabby Chic Di Rumahmu

Ingin mencoba-coba trend lifestyle Shabby Chic di rumah homiers? Caranya gampang. Mengaplikasikan desain Shabby Chic dapat dilakukan secara perlahan atau sekaligus, tergantung selera homiers.

shabby chic
Gohaus

Bagi homiers yang masih belum sepenuhnya yakin dengan trend Shabby Chic, mulai saja dengan satu atau dua furnitur atau pernak-pernik Shabby Chic. Ganti perabot di ruangan yang ada dengan furnitur ala Shabby Chic dengan fungsi yang sama. Homiers juga boleh menyiasatinya dengan penambahan beberapa dekorasi rumah yang berukuran kecil hingga sedang. Kuncinya adalah menambahkan unsur kehangatan dan kenyamanan di rumah tanpa harus mengorbankan banyak biaya. Jadi homiers boleh memulai dengan cermin ruangan, bingkai foto, menaruh peralatan minum seperti gelas atau cangkir.

shabby chic
Impressive Interior Design

Tips lain yang pastinya akan sangat membantu homiers dalam mengganti suasana rumah menjadi Shabby Chic adalah dengan banyak- banyak mencari inspirasi Shabby Chic dari berbagai sumber yang ada.  Mulai dari majalah interior, website  hingga browsing di dunia maya yang punya banyak inspirasi Shabby Chic yang sangat menggemaskan. Semakin banyak homiers terinspirasi, maka akan semakin jeli dalam memilih produk Shabby Chic yang cocok dengan rumah homiers.

 

Merubah Furnitur Menjadi Gaya Shabby Chic

Homiers tertarik untuk bereksperimen dengan furnitur yang sudah ada? Bisa banget!

Banyak furnitur Shabby Chic yang menggunakan tema dengan warna putih sebagai warna utamanya. Pilih cat warna putih yang cenderung punya kesan ” tua” dibandingkan dengan warna putih benderang yang berkilau. Selain itu, warna lain yang popular di trend lifestyle Shabby Chic adalah warna biru muda, warna mawar dan hijau daun. Tapi homiers juga boleh bereksperimen dengan warna pastel lainnya seperti kuning atau ungu. Homiers bisa aplikasikan ini pada sofa ruang tamu, meja, atau bahkan pada kursi.

Sepanjang warna yang homiers pilih punya aksen kalem, ringan dan agak pudar. Ingat, kuncinya adalah mencapai aura vintage yang alami. Umumnya, gaya Shabby Chic ini sangat cocok sekali untuk dapat diterapkan di ruang tamu.

 

Berikut ada beberapa tips dan teknik yang dapat homiers gunakan untuk menyulap furnitur di rumah kamu menjadi perabot ala Shabby Chic yang klasik.

 

Semoga bermanfaat Homiers..

 

Sumber Artikel : dekoruma.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *