unique visitors counter Tempat Wisata di Sleman Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Tempat Wisata di Sleman Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Tempat Wisata di Sleman Monumen Jogja Kembali (Monjali)

☗  Tempat Wisata di Sleman Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Museum Monumen Jogja Kembali merupakan sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di  Yogyakarta dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Museum ini juga banyak dikunjungi oleh para pelajar dalam acara darmawisata.

Nah Museum Monumen dengan bentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada rana pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949. Dalam 4 ruang museum di lantai 1 terdapat benda-benda koleksi: realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman juga disimpan di sini (di ruang museum nomor 2).

Nah untuk homiers yang ingin berkunjung untuk liburan ke monumen jogja kembali ini, yuk simak detail info arah jalan, harga tiket, jam buka dsb di bawah ini :

➫ Jalan Menuju Monumen Jogja Kembali 

Dari Terminal Jombor

Apabila homiers dari terminal jombor, h homiers bisa mengurutkan poin-poinnya sebagai berikut :

  1. Keluar dari terminal jombor lalu ke arah barat menuju Jl. Kb. Agung
  2. Belok kiri ke Jl. Kb. Agung
  3. Belok kiri ke Jl. Ring Road Utara
  4. Di bundaran, ambil jalan keluar ke-2
  5. Terus lurus ke Jl. Padjajaran/Jl. Ringroad Utara
  6. Belok sedikit ke kiri
  7. Tetap di kiri
  8. Akhirnya homiers dapat menemukan monumen jogja kembali

data di ambil dari prakiraan google map saat mengakses bersamaan post ini di buat. lebih detail klik di sini

⟳ Jam Buka dan Tiket Masuk

Jam buka dan tiket masuk di monumen jogja kembali sebagai berikut :

  • Selasa – Jum’at : 08:00-16:00 wib
  • Sabtu-Minggu : 08:00-16:30 wib
  • Taman pelangi :  s.d. 21:00 wib

Untuk taman pelangi di buka pada malam hari sampai dengan 21:00 wib, kemudian untuk harga tiket masuk :

  • Dewasa & Anak : Rp 10.000

Selain itu, apabila homiers membawa kamera DSLR sendiri hanya dikenakan biaya murah sebesar Rp10.000 rupiah saja. Lalu untuk harga tiket museum Monumen Yogyakarta Kembali hanya dikenakan biaya Rp10.000 rupiah per-orang. dan hal tsb berlaku juga untuk dewasa maupun anak-anak.

Kemudian yang lebih menggembirakannya lagi, apabila homiers membawa rombongan bisa mendapatkan harga tiket lebih murah dengan minimal grup 30 orang. Tak hanya itu saja, Museum Monumen Yogyakarta Kembali ini juga memberikan diskon sebesar 50% bagi pengunjung dari panti asuhan dan anak-anak TK.

jam buka dan tiket masuk monumen jogja kembali via idetrips.com

Aktivitas yang dapat di nikmati

Perlu homiers ketahui, bangunan monumen ini sebenarnya adalah museum berbentuk arsitektur piramida. Bentuknya yang kerucut serta empat tingkat lantainya membuat bangunan ini benar-benar mirip layaknya bangunan piramida.

Di samping itu terdapat benda-benda klasik dan bersejarah yang dapat ditemukan di dalam monumen ini. Contohnya saja seperti senjata, buku-buku ensiklopedia, mesin ketik klasik sampai telepon zaman dulu yang dapat homiers lihat ketika berkunjung kesana.

Lalu untuk aktivitas yang dapat dilakukan serta ruangan apa saja yang perlu di kunjungi saat berwisata didalam museum ini sebagai berikut :

  • Lantai Dasar

    Lantai dasar ini terdiri atas auditorium, perpustakaan dan museum. Kemudian di dalam museum ini di lantai dasar, terdapat juga banyak benda-benda yang menjadi bukti sejarah perjuangan bangsa.Di sisi lain juga ada beberapa benda klasik semacam mesin ketik, beragam senjata, serta mesin ketik zaman dahulu. Di lantai dasar ini pula, apabila homiers merasa lapar, homiers bisa berkunjung ke cafetaria yang dikelola sendiri oleh pihak Museum Monumen Yogyakarta Kembali.

  • Lantai Dua

    Di lantai ini, terdapat sepuluh diorama yang menggambarkan secara garis besar perjuangan Yogyakarta dalam melawan Belanda. Kemudian ada sebuah patung lengkap dengan pakaian dan latar belakang yang menggambarkan perjuangan ketika Belanda mengkhianati perjanjian Renville. Saat itu, pemerintah marah karena pengkhianatan tersebut dan meledaklah perjuangan dimana-mana.Di lantai dua ini juga ada lukisan dinding dua dimensi yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia.

  • Garbha Graha (Lantai 3)

    Lantai Tiga Museum Monumen Jogja Kembali dikhususkan sebagai ruangan untuk mendoakan para pahlawan yang telah berjuang kemudian gugur. Homiers dapat melihat bahwa di bagian tengah ruangan diletakkan bendera merah putih yang berkibar.Bendera tersebut melambangkan kemerdekaan negeri ini dari tangan penjajah Belanda. Di belakang bendera tersebut terdapat lukisan tulisan Alm. Presiden Soeharto, mantan presiden ke-2 Indonesia.

  • Relief Perjuangan

    Pada sepanjang sisi tangganya di dalam Museum Monumen Jogja Kembali ini, terdapat hal yang unik sebagai objek foto. Kurang lebih berjumlah 40 ukiran dengan berbagai macam relief yang menggambarkan sejarah perjuangan rakyat Indonesia. Perjuangan tersebut akhirnya mendapat pengakuan pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai Republik, terdapat hal yang unik sebagai objek foto. 

  • Nama-nama pahlawan

    Pada dinding dalam museum dekat replika pesawat terdapat nama-nama para pahlawan yang gugur dalam medang perang. Ada sekitar kurang lebih 422 nama para pahlawan yang ikut berjasa dalam memperjuangkan kebebasan melawan Belanda yang tertampil.

  • Taman Lampion(Pelangi)

    Tidak hanya berwisata sejarah, homiers yang datang ke Monumen jogja kembali  juga dapat menyaksikan taman lampion yang menarik perhatian. Nah berbeda dengan Museumnya yang sudah dibuka sejak pagi, taman ini baru dibuka pada sore hingga malam hari.Homiers juga bisa  menikmati cantiknya lampu warna-warni di halaman monumen. Lalu yang menjadikan unik, lampu-lampu tersebut mempunyai bentuk yang berbagai macam seperti bunga-bunga dan hewan.

    Selain menikmati taman lampion atau bisa disebut juga taman pelangi, homiers juga dapat menikmati berbagai macam kuliner yang banyak terdapat di foodcourt Monumen. Kegiatan santai seperti ini sangat cocok dilakukan bersama dengan keluarga dan teman-teman.

  • Beberapa fasilitas museum

    Fasilitas-fasilitas lengkap di Monumen Jogja Kembali yang dapat homiers gunakan diantaranya adalah toilet, rumah makan serta tempat parkir yang luas dan dapat muat untuk kendaraan pribadi pengunjung. Selain itu, juga ada kolam-kolam kecil yang dihiasi dengan berbagai macam ikan hias di dalamnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.