unique visitors counter Tempat Wisata di Kota Yogyakarta Keraton Yogyakarta

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Tempat Wisata di Kota Yogyakarta Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata di Kota Yogyakarta Keraton Yogyakarta

☗Deskripsi Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di jantung kota Yogyakarta.

Lalu tempat wisata ini ini sekarang ini juga merupakan salah satu objek wisata favorit yang sering dikunjungi di kota Jogja.

Kemudian sebagian kompleks area wisata ini merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, kereta kencana dan gamelan.

Selanjutnya dalam segi bangunannya,  juga memiliki contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik dengan memiliki beberapa balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.

➫ Jalan menuju Keraton Yogyakarta

Dari Tugu Jogja

Apabila homiers dari tugu jogja,  homiers bisa mengurutkan poin-poinnya sebagai berikut :

– Pertama homiers bisa mengambil dari jalan Jl. Margo UtomoJl. Mataram, dan Jl. Mayor Suryotomo ke Jl. Ibu Ruswo di Prawirodirjan
– Kemudian Ke arah barat daya di Jl. Margo Utomomenuju Jl. Jend. Sudirman terus kiri supaya tetap di Jl. Margo Utomo
– Terus ke Jl. Kleringan lalu gunakan lajur kedua dari kanan untuk belok kanan ke Jl. Abu Bakar Ali lalu ambil arah belok kiri ke Jl. Mataram
– Lalu Jl. Mataram belok kiri dan menjadi Jl. Mayor Suryotomo
– Kemudian terus ke Jl. Brigjend Katamso, nah setelah itu ambil ke arah Jl. Ibu Ruswo.
– Lalu mengemudi ke Jl. Alun-Alun Utara di Panembahan
– Lalu belok kiri ke Jl. Alun-Alun Utara setelah itu homiers bisa menuju ke Keraton Yogyakarta yang beralamat Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta .

data di ambil dari prakiraan google map saat mengakses. lebih detail klik di sini

⟳ Jam Buka dan Tiket Masuk

Jam buka untuk para wisatawan setiap hari dari jam 08.00 – 14.00 wib.

Lalu khusus pada hari Jum’at, wisata keraton Yogyakarta ini dibuka mulai dari jam 08.00 wib – 12.00 wib. Kemudian untuk harga tiket masuknya adalah sebesar Rp.7.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.500,- untuk wisatawan asing atau manca negara sejauh informasi yang di himpun dari sumber wisatapedi.com

Aktivitas yang dapat di nikmati

  1. Wisata Sejarah

    Homiers bisa jalan-jalan dengan melihat barang-barang bersejarah yang ada dalam koleksi secara lebih dekat seperti kereta kencana para raja Yogyakarta pada zaman dahulu, koleksi lukisan, benda pusaka seperti keris, tombak dilengkapi dengan nama-namanya, perangkat musik seperti gamelan dan gong.

  2. Berfoto

    Nah untuk homiers yang suka berfoto seperti selfie dsb, homiers bisa merasakan kepuasan berfoto dengan background benda-benda koleksi keraton Yogyakarta yang tentunya tidak bisa orang lain dapatkan di tempat lain. Kemudian untuk berfoto di sini , homiers harus membayar tiket untuk izin mengambil gambar seharga Rp.1000,-.  walaupun untuk bisa mengambil foto di lingkungan ini di wajibkan membayar, tapi dengan biaya Rp 1000,- tentunya terasa murahkan? apalagi homiers bisa berfoto sepuasnya di keraton yogyakarta ini.

  3. Menyaksikan Pagelaran Seni

    Selain homiers bisa langsung melihat bagaimana para abdi dalem keraton Yogyakarta menyambut para pengunjung dengan busana adat Keraton Jogja, Homiers juga dapat menyaksikan pagelaran pentas seni  digelar setiap hari untuk para wisatawan. Selanjutnya untuk jadwal pagelaran karya seni harian  berdasarkan dari wisatapedi.com :

    Senin dan Selasa: Musik gamelan (mulai jam 10.00 wib)
    Rabu: Wayang golek menak (mulai jam 10.00 wib)
    Kamis: Pertunjukan tari (mulai jam 10.00 wib)
    Jumat: Macapat (mulai jam 09.00 wib)
    Sabtu: Wayang kulit (mulai jam 09.30 wib)
    Minggu: Wayang orang & pertunjukan tari (mulai jam 09.30 wib)

☸ Fasilitas Umum di sekitar Keraton Yogyakarta

  1. Tempat Parkir Kendaraan

    Tempat parkir kendaraan ini letaknya yang tidak jauh dari jalan Malioboro, jadi homiers lebih mudah untuk menemukan tempat parkir di seputaran Keraton jogja. Lalu ada beberapa titik lokasi yang memang telah disediakan untuk memarkirkan kendaraan seperti di sebelah timur Alun-alun utara atau di area parkir Masjid Agung yang berada di sebelah barat alun-alun utara.

  2. Tempat Ibadah.

    Bagi homiers yang beragama islam, homiers dapat mengerjakan ibadah shalat  di Masjid Gedhe Kauman yang terletak di sebelah barat Alun-alun Kraton Yogyakarta. Kemudian dari desain bangunan masjid yang masih mempertahankan model klasiknya pun bisa homiers jadikan sebagai salah satu tempat untuk berfoto perjalanan homiers di kota Yogyakarta.

  3. Penginapan.

    Ada banyak penginapan ataupun hotel yang terletak tidak jauh dari Kraton Yogyakarta, salah satu penginapan yang bisa kami rekomendasikan adalah Simply Homy Guest House Malioboro 1,  Simply Homy Guest House Malioboro 2, Simply Homy Guest House Bintaran ( Malioboro Pakualaman) yang letaknya bisa di jangkau dengan keraton jogja ini. Lalu untuk lebih detail tentang penginapan silahkan klik penginapannya di bawah ini :
    –  Simply Homy Guest House Malioboro 1
    –  Simply Homy Guest House Malioboro 2
    –  Simply Homy Guest House Bintaran ( Malioboro Pakualaman)

  4. Tempat Makan.

    Ada banyak warung makan yang bisa homiers jumpai di sekitar objek wisata sejarah Keraton Yogyakarta ini. Pada malam hari, Homiers dapat berjalan ke jalan Malioboro dan bisa leluasa menikmati makanan khas Jogja yaitu Gudeg di warung-warung pedagang kaki lima yang membuka lapaknya di sepanjang jalan Malioboro.

  5. Toko Cinderamata dan Oleh-oleh.

    Di sekitaran Keraton Yogyakarta banyak juga toko souvenir dan cinderamata yang bisa untuk belanja oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau teman kantor seperti toko batik, keris dan lain sebagainya. Kemudian untuk oleh-oleh makanan khas Jogja,  Homiers pun dapat membeli bakpia Patok, Geplak dan jajanan khas Jogja lainnya di jalan Maliboro atau bisa juga langsung naik becak dan minta diantar ke kawasan pertokoan yang khusus menjual makanan khas Jogja.

✐ Tips berwisata di Keraton Yogyakarta

  1. Berperilaku Sopan.

    Karena lingkungan Keraton Yogyakarta menjunjung nilai tata krama dan adat istiadat dalam bermasyarakat, maka berperilakulah yang sopan selama homiers berada di tempat ini. Dan jangan lupa juga jaga ketertiban dan ketenangan Homiers terutama jika membawa anak-anak karena mereka biasanya suka bermain-main kesana kemari dan menyentuh atau mengambil barang baru yang ia lihat. Karena jika sampai rusak, bukan tidak mungkin homiers tidak bisa menggantinya karena mungkin itu adalah koleksi satu-satunya.

  2. Perhatikan Papan Petunjuk.

    Selalu perhatikan juga papan petunjuk karena beberapa aktivitas yang mungkin menurut homiers wajar di lakukan di kebiasaan homiers lakukan, tetapi sebenarnya dilarang oleh pihak keraton seperti kebiasaan-kebiasaan di bawah ini tapi di larang di lakukan, di antaranya:

    • Dilarang merokok.
    • Dilarang duduk di bangsal Kencono dan bangsal sekitarnya.
    • Dilarang memasukkan uang ke dalam sumur.
    • Dan larangan lainnya.

☗ Lebih detail Rekomendasi Penginapan di jogja dekat dengan Keraton Yogyakarta

  • Simply Homy Guest House Malioboro 1

    Penginapan di jogja ini menjadi rekomendasi untuk homiers apabila homiers ingin mencari penginapan yang dekat dengan wilayah keraton yogyakarta. Lalu untuk jarak antara penginapan ini dengan keraton yogyakarta ini sekitar 2 km dan apabila homiers berkendara, homiers membutuhkan waktu kurang lebih 7 menit untuk sampai ke keraton yogyakarta
    (data berdasarkan dari google map saat post ini di buat, detail klik di sini ) jadi untuk mengetahui bagaimana jaraknya sebagai berikut :
    – Ketika homiers dari arah selatan di Jl. Tegal Panggung menuju Gg. Kamboja
    – Lalu belok kanan ke Jl. Juminahan
    – Setelah itu ambil arah belok kiri ke Jl. Jagalan – Beji
    – Kemudian belok kanan ke Jl. Panembahan Senopati/Jl. Raya Jogja/Jl. Sultan Agung
    – Lalu belok kiri ke Jl. Brigjend Katamso
    – Setelahnya ambil arah belok kanan ke Jl. Ibu Ruswo
    – Nah, kemudian Belok kiri ke Jl. Alun-Alun Utara
    – Setelah itu homiers bisa ke keraton yogyakarta
    Penginapan di jogja ini juga memiliki 3 kamar tidur, 1 kamar mandi luar, 2 kamar mandi dalam dan beberapa fasilitas penginapan seperti dapur, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga dsb. untuk ketahui lebih detail homiers bisa klik di bawah ini :Simply Homy Guest House Malioboro 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.