unique visitors counter Inilah 8 Pilihan Tempat Menarik Habiskan Waktu Liburan di Jogja

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Inilah 8 Pilihan Tempat Menarik Habiskan Waktu Liburan di Jogja

Inilah 8 Pilihan Tempat Menarik Habiskan Waktu Liburan di Jogja

Liburan di Jogja biar Lebih Terencana, Bisa Gunakan Referensi Tempat Wisata Ini

Liburan di jogja menjadi salah satu favorit wisatawan dalam mengisi waktu luang saat musim liburan karena banyaknya spot wisata serta harga-harga kuliner atau oleh-oleh yang relatif terjangkau. Yogyakarta atau jogja memang layak dimasukkan kedalam daftar destinasi kota liburan. Bukan hanya memiliki tempat wisata sejarah, wisata alam jogja juga sangat menarik untuk dikunjungi.

Berdasarkan data pariwisata kota Yogyakarta, kota istimewa ini telah menoreh catatan 21.000.000 pengunjung yang di publikasikan pada Januari 2017. Angka yang fantastis dalam catatan sejarah pariwisata di Indonesia. Biar gak ketinggalan, homiers juga harus mengunjungi kota Jogja. Apalagi yang belum sama sekali pergi berlibur di wilayah Kesultanan ini. Jika sudah pernah, homiers perlu mencoba destinasi wisata Jogja yang lainnya.

Banyak tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah wisata alam Jogja yang merupakan tempat favorit pelancong atau turis yang kesana. Berikut rekomendasi tempat wisata alam di Jogja yang mungkin bisa di pertimbangkan untuk bisa homiers kunjungi.

1. PANTAI PULANG SAWAL


Pantai Pulang Sawal lebih sering disingkat pantai pulsa. Pantai ini juga dikenal dengan pantai Indrayanti. Kabarnya, Indryanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik cafe di daerah pantai pulang sawal. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang eksotis yang ada di Jogjakarta. Lokasi pantai ini berada di Dusun Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Jogjakarta. Pantai ini berada di sisi timur pantai Sundak. Menurut pengunjung dan review di local guide, Pantai Pulang Sawal memiliki keindahan panorama yang menawan dan unik dari pada pantai lainnya yang ada di Jogja.

liburan di jogja

Photo via Blog Witskul

 

2. PANTAI WEDIOMBO


Pantai wediombo ini merupakan salah satu pantai yang di rekomendasikan saat homiers berkunjung ke Jogja. Pantai ini bertetangga dengan pantai Indrayantai (Pantai Pulang Syawal) meskipun jaraknya agak jauh. Pantai Wediombo ini terletak di kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul.

 

3. GUA PINDUL


Gua ini terletak di Desa Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Gunung Kidul. Aliran sungai gua pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh. Untuk menelusuri Gua Pindul, homiers seperti sedang berwisata tubing. Karena harus menelusuri sungai menggunakan ban pelampung. Kegiatan yang seperti ini dikenal istilah cave tubing. Homiers akan menelusuri secara bergantian dari mulut gua hingga akhir sepanjang 350 m. Umumnya untuk menelusuri gua ini akan memakan waktu satu jam.

liburan di jogja

Photo Via Jogjaholic

4. PANTAI PARANGTRITIS


Kalau wisata alam Jogja yang satu ini pasti sudah banyak dari homiers ketahui. Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling populer di kota Yogyakarta. Karena kepopulerannya itu, homiers dapat mengunjungi pantai ini menggunakan alat transportasi umum yang beroperasi hingga jam 5 sore. Umumnya pengunjung datang ke Pantai Parangtritis untuk dapat melihat sunset (matahari terbenam). Namun jika memiliki banyak waktu, silahkan mencoba naik ke Tebing Gembirawati yang berada dibelakang pantai. Dari tebing itu, homiers bisa melihat parangtritis dari atas bahkan hingga ujung cakrawala.

5. PANTAI JOGAN


Pantai Jogan memiliki keistimewaan sendiri diantara pantai yang ada di Gunung Kidul. Karena pantai ini memiliki air terjun yang langsung jatuh ke tebing bibir pantainya. Air terjun yang berasal dari perbukitan karst ini memiliki ketinggian 10 m. Masih belum banyak turis dan pelancong yang mengerti lokasi detil pantai ini. Pantai ini terletak disebelah barat pantai Siung. Jika homiers mau melihat keindahan air terjun pantai Jogan, homiers harus turun kebawah. Namun medannya licin dan basah tapi masih terbantu oleh susunan kayu untuk berpegangan.

liburan di jogja

Photo Via Sabigaju

6. BUKIT BINTANG


Jika homiers lebih memilih untuk menikmati wisata alam di Yogyakarta yang santai, maka bukit bintang bisa menjadi pilihannya. Bisa dikatakan pula sebagai wisata malam jogja yang romantis. Homiers dapat melihat langit dengan kelap kelip bintang dan lampu kota Jogja dari atas.

 

7. EMBUNG NGELANGGERAN

Embung Ngelanggeran merupakan obyek wisata baru di kota Istimewa Indonesia ini . Dulunya merupakan perbukitan yang kini disulap menjadi embung atau danau buatan diatas perbukitan. Dari tempat wisata ini, homiers juga dapat melihat langsung keindahan alam lainnya seperti Gunung Api Purba. Homiers tidak perlu khawatir dengan fasilitas, Embung Ngelanggeran ini sudah dilekapi fasilitas yang terbilang lengkap. Ini merupakan hasil kerja kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat. Hingga fasilitas parkir, toilet dan pendopo untuk beristirahat sudah tidak perlu di takutkan lagi.

8. TAMAN TEBING


Wisata alam yang merupakan bekas tambang ini perlu kalian masukkan kedalam list kunjungan wisata ketika berlibur ke Jogja. Bisa dikatakan taman tebing adalah cagar budaya karena bekas tambang yang perlu diketahui oleh masyarakat. Taman tebing breksi ini merupakan bukit kapur yang terletak di Kelurahan Sambirejo, Sleman. Taman tebing merupakan wisata geologis yang menarik. Banyak sekali pasangan mengambil foto pra wedding mereka di sini. Wisata yang satu ini baru saja diresmikan oleh sultan pada tahun 2015. Dulunya tempat ini merupakan mata pencaharian warga setempat

liburan di jogja
Photo Via Piknikasik

 

 

Sumber Artikel via kaskus.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.