Si Jenggot !! Tanaman Hias Mudah Ditanam Bahkan Tanpa Tanah - Homestay & Guesthouse Jogja, Purbalingga, Semarang dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Si Jenggot !! Tanaman Hias Mudah Ditanam Bahkan Tanpa Tanah

Sekilas tanaman yang satu ini “receh” banget ya, padahal jangan salah tanaman hias yang satu ini punya nilai jual yang cukup tinggi dan yang paling penting perawatannya gampang banget cocok buat kalian yang anti ribet plus cara memperbanyaknya juga gampang banget.

Tillandsia usneoides

Terkenal dengan berbagai macam sebutan antara lain Jenggot Dewa, Jenggot Musa, Jenggot kakek dan masih banyak lagi namun nama aslinya adalah Tillandsia usneoides atau Spanish Moss atau lumut spanyol. Tanaman ini sangat mudah tumbuh pada iklim tropis maupun sub tropis jadi jika ditanam di Indonesia sudah pasti cocok ya.

Perawatan tanaman ini bagaimana?
Cara merawatnya sangat mudah kalian hanya perlu menyiramnya setiap hari secara keseluruhan. Kalian juga bisa merendamnya selama beberapa menit dalam air agar keseluruhan tanaman ini benar-benar sudah terkena air.

Namun selalu gunakan air yang tidak berkaporit ya, kalian bisa menggunakan air yang sudah diendapkan terlebih dahulu dan pastikan pemberian air juga tidak berlebih, cukup satu hari satu kali secara keseluruhan. Tanaman ini tidak membutuhkan tanah karena tanaman ini merupakan tanaman udara yang menyerap nutrisinya dari udara. Kita hanya perlu memastikan tanaman ini cukup air, tidak kotor dan diletakkan pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik namun tidak terkena sinar matahari langsung ya kalian bisa meletakkannya pada tempat yang terdapat peneduhnya atau ditanaman yang rimbun sehingga tanaman ini tidak terkena sinar matahari langsung.

Apakah tanaman ini akan menyebabkan kematian pada tanaman lain jika digantung pada tanaman lain?
Tentu tidak, tanaman ini bukan parasit ya namun tanaman ini akan terus bertumbuh, memanjang dan bisa sangat lebat sehingga jika terlalu lebat bisa mengganggu bagi tanaman lain yang menaunginya.

Apakah tanaman ini bisa mati?
Tentu bisa apalagi jika kita tidak merawatnya dengan baik. Jika kekurangan air dan terlalu panas bahkan terkena sinar matahari penuh maka daun akan berubah menjadi coklat hingga akhirnya menjadi hitam. Beberapa literatur mengatakan bahwa penyemprotan menggunakan Tembaga Sulfat juga dapat mematikan tanaman ini.

Bagaimana cara memperbanyak tanaman ini?
Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu memotong tanaman ini dengan panjang yang secukupnya kemudian kalian bisa gunakan kawat ataupun kabel melingkar dan tanaman ini siap kalian gantungkan pada tempat tersebut. Saran kami gunakan kabel listrik ya karena ketika kondisi sangat panas kabel listrik yang sudah dilapisi dengan pelapis plastik akan lebih ramah dengan tanaman ini terutama ketika suhu sangat panas. Kalian juga bisa menggunakan pot tanah liat ataupun pot biasa yang dipasang terbalik sehingga tanaman hias ini akan lebih estetik, bisa juga menggunakan gelas plastik kemudian yang paling praktis adalah digantungkan saja pada dahan pohon atau tanaman kalian yang sekiranya bisa digunakan. Pada intinya tanaman ini hanya butuh digantungkan saja, jadi sangat praktis bukan?

Mudah bukan merawat si jenggot ini, kalian bisa mendapatkannya ditoko-toko tanaman terdekat dari rumah kalian, membeli secara online pun bisa ya tapi jangan kaget dengan harganya. Jadi mau mulai kapan nih menjadikan tanaman yang satu ini bagian dari rumah kalian? Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Sumber : Kaskus

Thanks to : Putu Noviyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *