unique visitors counter Inilah 5 Pantai Gunung Kidul yang di katakan "Surganya Pantai"

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Inilah 5 Pantai Gunung Kidul yang di katakan “Surganya Pantai” yang Pas untuk Liburan ke Jogja

Inilah 5 Pantai Gunung Kidul yang di katakan "Surganya Pantai" yang Pas untuk Liburan ke Jogja

Terletak di bagian selatan Pulau Jawa, jarak antara Yogyakarta dengan pesisir pantai selatan yang banyak menawarkan bentang alam yang indah dan dramatis kurang lebih hanya satu-dua jam perjalanan untuk dapat sampai di tempat tujuan.

Bayangkan saja homiers, di Kabupaten Gunung Kidul saja terdapat lebih dari 60 buah pantai! Maka tak salah menjuluki Yogyakarta sebagai surganya para pecinta pantai.

Jika homiers tak memiliki kendaraan sendiri, siapkan dana ekstra untuk menyewa mobil atau sepeda motor, karena angkutan umum menuju tempat-tempat ini sangat sulit untuk ditemukan.

Sepanjang perjalanan menuju pantai homiers akan melalui pedesaan tradisional yang eksotis, perbukitan, hingga melintasi hutan nan hijau.

Dengan banyaknya pantai indah yang bisa dikunjungi, homiers mungkin tak akan punya cukup waktu untuk menghabiskan malam di salah satunya.

Jangan buang-buang waktu dengan bepergian ke pantai yang disesaki oleh wisatawan. Untuk membantu homiers, kami telah membuat daftar pantai-pantai terbaik yang ada di Yogyakarta yang layak untuk homiers kunjungi.

  1. Teras Kaca Pantai Nguluran

pantai gunung kidul

 

Di Pantai Nguluran homiers akan disuguhkan oleh pesona laut nan eksotik dari atas tebing, membuatnya seperti “Uluwatu mini.” Tapi ada satu hal yang istimewa di sini yang tidak akan homiers jumpai di Uluwatu.

Hal istimewa itu ialah teras kaca tembus pandang yang menjorok ke laut, yang dapat menguji nyali homiers. Bayangkan saja rasanya kalau homiers berdiri di atas kaca tembus pandang dan dapat melihat dengan jelas lautan bergelora langsung di bawah kaki homiers.

Homiers gak perlu takut, karena ini cukup aman. Di sini juga ada tempat swafoto lain yang cukup seru lho, yaitu kursi raksasa di pinggir laut dan ada juga becak bersayap. Penasaran kan?

2. Pantai Sedahan

 

pantai gunung kidul

 

Pantai sepanjang sekitar 100 meter ini ada di balik dua tebing sehingga airnya cukup tenang. Apalagi, status “pantai perawan”nya membuat airnya sangat jernih. Saat air sedang surut menjelang sore hari, berbagai biota laut dapat homiers lihat dengan sangat jelas!

Tidak hanya kita saja lho homiers, penyu juga menyukai pantai ini. Mereka sering berbondong-bondong datang untuk bertelur di pantai ini.

Karena kejernihan airnya juga, homiers dapat melihat dengan jelas ikan-ikan menari di antara karang. Gerombolan lain yang menganggap pantai ini surga adalah para pemancing ikan. Ternyata memang banyak sekali orang-orang yang khusus datang kemari hanya untuk memancing.

3. Pantai Grewang

pantai gunung kidul

 

Pantai Grewang berada di teluk kecil sehingga ombaknya cukup tenang. Di sini homiers bisa menjumpai hutan bakau yang menjadi kediaman berbagai ikan dan kepiting.

Di pantainya sendiri terdapat muara sungai kecil dan berair sangat jernih. Gemericik aliran sungainya saat bertemu deburan ombak di tengah hamparan pasir putih yang halus adalah sajian khas Pantai Grewang yang pantang buat dilewatkan. Homiers juga dapat mencoba peruntungan dengan memancing di lautnya yang jernih.

4. Pantai Ngrawah

pantai gunung kidul

 

Pantai cantik yang satu ini memang ahlinya bersembunyi, lokasinya ada di balik perkebunan penduduk. Tapi chebatnya pesona Pantai Ngrawah ini memang tidak akan bisa disembunyikan selamanya.

Dari atas, Pantai Ngrawah tampak seperti dataran landai yang diapit oleh dua tebing kokoh di kiri dan kanannya. Bagaimana penampakan dari pantai ini sendiri? Kalau homiers penasaran, yuk langsung datang aja, yang pastinya bakal mengagumkan!

Pantai berpasir putih landai ini juga menawarkan pesona sunset yang luar biasa dan udara malam yang bersahabat sehingga sangat cocok dijadikan tujuan untuk berkemah.

Dan ternyata latar perkebunan singkong dan jagung penduduk sekitar juga membuat pantai ini jadi unik dibandingkan pantai-pantai lainnya lho homiers.

5. Pantai Wohkudu

pantai gunung kidul

 

Berlokasi di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Pantai Wohkudu memiliki pesona dan keindahan yang berbeda dari pantai-pantai lain di Yogyakarta. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini sangat cocok buat homiers yang ingin mencari ketenangan.

Entah karena lokasinya yang sulit dicapai atau minimnya informasi tentang pantai ini yang membuatnya sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Ya, pantai ini memang khusus buat homiers yang sangat menyukai tantangan. Jalan berliku serta medan yang cukup berat begitu memasuki Kecamatan Panggang (hanya ada pepohonan di kanan kiri jalan) membuat homiers butuh usaha ekstra untuk bisa sampai ke pantai ini.

Lambat laun jalan yang ditempuh pun menjadi semakin sempit, sehingga mau tak mau homiers harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak melewati ladang pertanian warga.

Beberapa bagian jalan setapak yang dilalui penuh dengan semak belukar, jadi homiers harus berhati-hati. Namun semuanya akan terbayar lunas saat homiers sudah melihat panorama laut, pasir putih dan tebing-tebing yang berdiri kokoh diantara bibir pantai.

Selain indah untuk dilihat, celah karang yang ada di pantai ini memberikan perlindungan tersendiri bagi para pengunjung. Panjang bibir Pantai Wohkudu cukup sempit, kurang dari 100 meter dengan pasir pantai berwarna putih yang sebagian tertutup batu karang serta tanaman liar.

Tentu saja, semua itu tak jadi masalah apabila homiers ingin mencari suasana yang tenang dan sunyi.

 

Itu hanya sebagian dari beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul, tentunya masih ada banyak lagi pantai – pantai yang dapat homiers kunjungi.

Kalau homiers penasaran apa saja pantai yang ada di Gunung Kidul, langsung aja rencanakan liburan ke Jogja bersama dengan keluarga.

 

Sumber Artikel via indonesia.tripcanvas.co

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.