unique visitors counter Panduan Pertama Kali Naik Pesawat | Simply Homy

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Panduan Pertama Kali Naik Pesawat

Panduan Pertama Kali Naik Pesawat

Musim liburan telah datang, saatnya menikmati masa istirahat dan berpetualangan. Sebagian di antara kita mungkin ada yang baru akan berpergian ke luar kota/ ke luar negeri dengan menggunakan pesawat untuk pertama kalinya. Tak perlu panik, beberapa langkah berikut ini mungkin dapat membantu.

  • Siapkan tiket pesawat
    Sebelum berangkat ke Bandara, siapkan tiket cetakmu di dalam saku atau kantung tas yang mudah dibuka sehingga Homiers tidak harus membongkar tas kembali untuk mengambil tiket. Sesampainya di Bandara, masuklah ke pintu terminal keberangkatan domestik dan tunjukkan tiket ke petugas agar bisa masuk.
  • Datanglah 1 jam lebih awal
    Untuk menghindari antrian saat masuk ke dalam terminal bandara dan saat antrian check-in. Lebih baik menunggu di boarding room (ruang tunggu) daripada harus terburu-buru, apalagi sampai tertinggal pesawat.
  • Jangan bawa tas terlalu banyak
    Usahakan untuk hanya membawa 2 tas saja paling banyak. Tas kecil untuk membawa barang-barang berharga dan tas besar untuk pakaian dan lain-lain. Hal ini agar tidak membuatmu repot.
  • Check-in
    Antrilah di loket check-in sesuai dengan maskapai penerbangan yang Homiers gunakan. Siapkan KTP dan tiket cetak saat mengantre untuk check-in tiket. Siapkan pula tas yang akan masuk bagasi. Serahkan KTP dan print-out tiket pesawat ke petugas check-in. Setelah itu Homiers akan mendapatkan selembar boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat). Perhatikan nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan yang tertera di boarding pass dan jangan lupa menyimpan kembali KTP. Untuk bagasi, letakkan tas di timbangan yang berada di sebelah petugas. Nantinya tas akan dilabeli dan akan mendapatkan bukti nomor tas yang masuk bagasi. Jangan hilangkan bukti nomor ini karena akan berguna saat nantinya mengambil tas.
  • Membayar airport tax
    Beberapa bandara, untuk airport tax dapat langsung dibayar di loket check-in. Namun ada pula bandaradengan loket pembayaran airport tax secara terpisah.
  • Menunggu di boarding room
    Masuklah ke boarding room sesuai dengan gate yang tertera di tiket. Nomor gate juga biasanya tertera di papan pemberitahuan. Homiers bisa mencocokkan nomor pesawat dengan nomor gate.
  • Dengarkan pemberitahuan
    Selalu dengarkan pemberitahuan petugas tentang nomor pesawat dan kota tujuan yang akan berangkat. Bila telah diumumkan, segeralah antri di depan pintu boarding. Siapkan KTP dan boarding pass. Setelah mencocokkan nama di KTP dengan di boarding pass, maka boarding pass Anda akan disobek oleh petugas. Jangan lupa, potongan nomor tas bagasi jangan sampai terambil petugas.
  • Masuk ke pesawat
    Masuklah ke pesawat dengan tenang dan uduklah pada kursi sesuai dengan nomor tiket. Kenakan sabuk pengaman.
  • Nikmati perjalanan
    Perhatikan dengan seksama dan bacalah instruksi keselamatan yang ada di bangku pesawat. Jangan lupa mematikan handphone. Saat lepas landas, makanlah permen untuk mengurangi tekanan pada telinga.
  • Tiba di tempat tujuan
    Jangan buru-buru melepas sabuk pengaman sampai pesawat benar-benar berhenti atau tanda sabuk pengaman telah padam. Lalu lanjutkan perjalanan menuju tempat pengambilan bagasi. Pastikan menunggu di area yang sesuai dengan nomor pesawatmu.

Demikianlah beberapa tips bagi Homiers yang akan naik pesawat untuk pertama kalinya. Selamat menikmati perjalanan.

Dari berbagai sumber