unique visitors counter Ngontel Bareng Komunitas Pasoban | Simply Homy

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Ngontel Bareng Komunitas Pasoban

Ngontel Bareng Komunitas Pasoban

Kini rasa peduli masyarakat untuk kembali ke alat transportasi yang ramah lingkungan semakin meningkat, hal ini disadari karena lingkungan kita yang saat ini banyak sekali dengan polusi dari kendaraan bermotor setiap harinya. Dan untuk mewujudkannya saat ini banyak sekali komunitas atau beberapa kelompok yang tumbuh dan semakin menjamur, salah satunya kelompok sepeda ontel yang ada di Kota Bandung yang diberi nama dengan sebutan Pasoban “Panguyuban Sepeda Ontel Bandung”.
Pasoban pertama berdiri pada tahun 2009 dan mulai booming di tahun 2012 dan para anggotanya pun mulai membentuk kepengurusan dan ternyata dari sini respon masyarakat Bandung akan hadirnya Komunitas Sepeda Ontel ini sangat baik apalagi komunitas ini sering tampil sangat unik dan menarik.

Pasoban sendiri selain membentuk kepengurusan juga memiliki logo yang digambarkan dengan topi Volka sebagai gambaran bahwa komunita ini belajar dari jaman dulu dan gambar bangunan gedung sate sebagai ciri khas orang Bandung untuk mengingatkan Bandung sebagai kota kelahirannya. Kegiatan dari Komunitas Sepeda Ontel ini selain pada acara Car Free Day setiap minggu pagi komunitas ini juga mempunyai kegiatan rutin seperti pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat serta arisan. Kegiatan tersebut selain dilakukan pada saat acara Car Free Day juga biasa dilaksanakan di depan Gedung BIP (Bandung Indah Plaza). Dan adapun kegiatan insidental yang dilakukan lainnya adalah dengan cara bekerja sama dengan Disdupar Kota Bandung membentuk Tim Relawan Wisata.

Selain kegiatan tersebut yang menarik dari komunitas ini adalah kesan jadul, dimana selain sepeda yang digunakan sudah tua para penggoes sepedanya pun tidak mau ketinggalan dimana mereka juga menampilkan penampilan kostum ala orang-orang jaman dahulu ketika ontel menjadi primadona transportasi di jalanan.

Sangat menarik ya Homiers bisa mengenang saat-saat dahulu kala di mana kota kita Bandung bersih dan bebas dari polusi kendaraan. Untuk Homiers yang ingin bergabung dengan Komunitas Sepeda Ontel Kota Bandung ini, pintu selalu terbuka dan tujuan utama dari komunitas Pasoban ini adalah membentuk silaturahmi dengan sesama penggemar sepeda ontel dan pastinya bisa sharing pengalaman sehingga bisa menambah pengetahuan Homiers .. yuk tunggu apa lagi.