Menikmati Indahnya Sunrise di Embung Tlogo Pucang - Homestay & Guesthouse Jogja, Purbalingga, Semarang dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Menikmati Indahnya Sunrise di Embung Tlogo Pucang

Karena teman sering mengajak cari spot sunrise, saya pun mulai ketagihan. Walaupun terasa horor juga kalau berangkat pukul 3 pagi. Sekitar 2 tahun lalu saya juga mencari Sunrise di Telomoyo pukul 3 pagi dari Secang Magelang ke Gunung Telomoyo. Tapi karena sudah telat ya akhirnya jalan sendiri deh.

(Pemandangan dari Gunung Telomoyo)

Karena saya naik motor selalu pelan, saya sering nyanyi-nyanyi dan menikmati pemandangan alam. Perjalanan menikmati sunrise di Tlogo Pucang, akhirnya membawa kami sampai titik dimana jauh dari pemukiman. Dan teman saya memberanikan diri untuk bertanya kepada petani yang lewat saat gelap. Lokasi Embung Tlogo Pucang dimana ya Pak?

(Embung Tlogo Pucang/Embung Tuk Buntu)

Setelah melintasi jalan turun, lalu naik, sampailah dititik Google map. Namun embungnya belum keliatan. Akhirnya saya dan teman menuju ke arah pemukiman warga.

Kami bertanya ke orang-orang tentang dimana lokasi Embung berada, dan ternyata kami sudah kelewatan. Lokasinya persis di sebelah SD Tlogo Pucang. Kemudian kami pun perlu putar arah.

Pintu gang perkampungan tertutup, namun kami masih bisa lewat. Kemudian kami masuk ke area parkir Embung Tlogo Pucang. Dalam suasana gelap terlihat ada bangunan samar-samar yang ternyata terkunci, Ada prasasti penanda dan ada embung. Semacam telaga buatan.

Berhubung niat kami menikmati sunrise, temen saya langsung check lokasi. Kami menentukan arah timur & barat. Check nya menggunakan rasi bintang dan posisi gunung. Namun mengalami kesulitan karena gelap, langit berkabut pula. Akhirnya berpatokan pada gambar-gambar yang ada di internet. Arah pun akhirnya ditemukan.

Kami mengitari Embung Tlogo Pucang dalam kegelapan dan mendamaikan. Saat fajar mulai datang saya melihat tulisan Embung Tuk Buntu di bangunan dekat parkir kendaraan. Kemudian saya amati sekeliling lagi, saya bertanya-tanya dalam hati Embung ini aslinya bentuknya seperti apa. Saya lihat ada SD di sebelah nya, ada tanah seperti gundukan bak bukit, ada kuburan, dan ada sisa-sisa spot selfie. Kalau tidak salah saya sudah mengitari Embung tiga kali.

Sunrise yang kami tunggu ternyata malu-malu. Namun kalau diamati foto-foto yang beredar bagus juga pemandangannya saat sunrise. Saya pun kelelahan saat terang semakin benderang. Saya amati lagi ternyata ada lokasi camping dan ada gubuknya. Saya pun tidur sambil menunggu temen yang masih sibuk untuk mengabadikan Embung Tlogo Pucang saat mulai terang.

Kalau Anda juga penasaran dengan kelindahan Embung Tlogo Pucang. Datang langsung saja ke Tlogo Pucang, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah. Kalau cuaca bagus, dijamin mantap.

Kemudian saya pun dibangunkan saat teman sudah kelar foto-foto, kemudian kami pulang. Tetapi pengalaman mengejar sunrise di Embung Tlogo Pucang akan selalu terkenang.

Sumber : Thread kaskus @anomadeni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *