unique visitors counter Inilah Tips Asik Menikmati Gerhana Matahari Total

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Inilah Tips Asik Menikmati Gerhana Matahari Total

Manfaatkan Kesempatan Liburan Anda untuk Menikmati fenomena langka Gerhana Matahari Total.

Homiers sebentar lagi fenomena gerhana matahari total akan terjadi tanggal 9 maret 2016 yang akan datang, Indonesia menjadi lokasi terbaik untuk menyaksikan fenomena alam berupa Gerhana Matahari Total (GMT). serta beberapa wilayah di Indonesia turut dapat melihat fenomena ini yang terakhir kali tercatat terjadi pada 350 tahun silam .

Terjadinya gerhana matahari total yang turut dirasakan oleh beberapa wilayah di tanah air ini mempunyai waktu yang berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya.

Tempat-tempat munculnya gerhana matahari total dalam laman resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), disebutkan bahwa jalur GMT 2016 akan bermula di Palembang, Bangka Belitung, Sampit dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat.

Sedangkan masyarakat yang berada di Kota Padang,Jakarta, Bandung, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon hanya bisa menikmati fenomena gerhana matahari sebagian.

Untuk anda yang belum tahu Gerhana Matahari Total, Gerhana matahari total adalah fenomena alam dimana posisi atau kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus.

Kedudukan matahari, bulan, dan bumi dalam satu garis lurus ini menyebabkan sebagian permukaan bumi akan terkena bayangan gelap bulan. Akibatnya wilayah-wilayah yang terkena bayangan gelap bulan, tidak melihat matahari.

Homiers, untuk wilayah di Yogyakarta kegiatan melihat gerhana matahari akan dipusatkan di tiga tempat. yakni di Tugu Yogyakarta, Masjid Kauman Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, dan di Universitas Ahmad Dahlan di Ring Road Selatan. Jadwal waktu terjadinya gerhana matahari total tersebut terlihat mulai pukul 06.20 WIB hingga 08.35 WIB.

Puncak gerhana terjadi sekitar pukul 07.23 WIB. Pembina Komunitas Jogja Astro Club (JAC) yang juga mengajak para mahasiswa mengatakan di setiap tempat masyarakat bisa menyaksikan gerhana Matahari dengan menggunakan teropong dan alat bantu lainnya. JAC telah menyiapkan lima buah teropong serta kardus sebagai alat bantu melihat gerhana.

Tempat yang cocok untuk melihat/menyaksikan dan mendokumentasikan fenomena alam ini di wilayah jogja yakni daerah tugu atau candi.

Kemudian dikutip dari sumber pekanbaru.tribunnews.com, agar anda aman melihat gerhana matahari total gunakanlah kacamata yang dapat melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet dengan memakai kacamata anti ultraviolet.

Homiers yang berencana berlibur ke jogja jangan lewatkan kesempatan untuk mendokumentasikan fenomena gerhana matahari ini, dengan menginap di Simply Homy Guest House terdekat, dimana Simply Homy Guest House tersedia di daerah terdekat dengan Tugu Yogyakarta yaitu Guest House Tugu, Guest House Malioboro, Guest House Taman Siswa. Kemudian Guest House yang dekat dengan Masjid Kauman Alun-alun utara Keraton Yogyakarta adalah Guest House Malioboro dan Guest House Taman Siswa. Lalu Guest House terdekat dengan Universitas Ahmad Dahlan di Ringroad Selatan adalah Guest House Wirosaban dan Guest House Nitikan (XT Square). Simply Homy Guest House juga bisa untuk rombongan keluarga dengan pelayanan yang ramah, nyaman, privasi dan ekslusif dengan harga terjangkau.

Demikian info mengenai gerhana matahari total yang akan terjadi di bulan maret ini. Mari manfaatkan kesempatkan ini bersama keluarga anda untuk menikmati fenomena alam langka ini. Jadi rencana apa yang anda lakukan setelah ini?

Sumber Referensi : nationalgeographic.co.id, tribunnews.com, metrotnews.com, liputan6.com, pekanbaru.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *