Memanfaatkan Lidah Buaya Di Pekarangan Menjadi Sabun Alami

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Memanfaatkan Lidah Buaya Di Pekarangan Menjadi Sabun Ramah Lingkungan

Ada banyak tanaman lidah buaya di pekarangan? Mari kita olah menjadi sabun alami ramah lingkungan

Kita dapat membuat sabun sendiri di rumah lho, tidak percaya? Faktanya sabun hanya sekedar hasil reaksi antara air, minyak dan alkali. Reaksi bahan ini disebut dengan reaksi saponifikasi.

Lho? Memangnya air dan minyak bisa menyatu?

Beginilah Tutorial Cara Mengolah Lidah Buaya Di Pekarangan Menjadi Sabun

Tahap 1

Jika Anda tidak mempunyai lidah buaya, Anda tetap dapat membuat sabun dari bahan air, minyak dan alkali. Alkali yang biasa digunakan adalah Natrium Hidroksida atau soda api. Berbahaya tidak? Tidak asal takaran bahannya tepat, kalian bisa memperoleh formula yang tepat menggunakan lye calculator.

Pada tutorial ini Saya akan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya fresh hilangkan dulu getahnya kemudian ambil dagingnya saja kemudian diblender. Hasil blenderan ini lah yang kita akan bekukan ke dalam kulkas, kalian dapat memakai cetakan apapun untuk membekukannya. Kalau hanya pakai air, airnya juga dibekukan ya.

Tahap 2

Apabila larutan lidah buaya membeku, keluarkan dari cetakan kemudian kita siap mereaksikan dengan alkali dan disini kita menggunakan Natrium Hidroksida. Tujuan dari pembekuan bahan yang akan direaksikan dengan Natrium Hidroksida adalah supaya panas yang dihasilkan dapat ditekan dan tidak menghasilkan gas yang banyak. Apabila tanpa dibekukan maka bisa terjadi peningkatan suhu dan menghasilkan gas yang relatif banyak akibat reaksi dengan Natrium Hidroksida.

Tuangkan NaOH secara bertahap sesuai dengan takaran perhitungan hingga seluruh larutan lidah buaya menjadi cair. Saat menggunakan lidah buaya akan melihat seperti gel setelah semuanya mencair, namun itu tidak masalah Anda dapat tetap gunakan atau tidak.

Tahap 3

Campurkan larutan dengan minyak yang telah dipersiapkan. Anda bisa menggunakan minyak nabati jenis apa saja sesuai dengan yang kalian miliki seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kanola, minyak sawit, dan minyak nabati lainnya. Minyak akan menghasilkan karakter yang berbeda pada sabun, itulah sebabnya Anda bisa menyesuaikan sabun yang Anda ingin buat melalui minyak.

Jika Anda mengaduk secara manual memakai pengaduk kayu atau plastik, maka memakan waktu yang lebih lama dibandingkan menggunakan handmixer. Tapi tidak membuat hasilnya berbeda. Ketika Anda memakai spatula hanya perlu mengaduk 1-2 menit kemudian mengistirahatkan 10 menit, kemudian dilanjutkan kembali mengaduk 1-2 menit sampai tekstur campuran mengental dengan meninggalkan jejak. Apabila kalian menggunakan handmixer maka proses pencampuran hanya memakan waktu beberapa menit saja sampai diperoleh tekstur yang diinginkan. Anda bisa menambahkan pewangi ataupun essential oil untuk menambah aroma pada sabun sesuai selera.

Tahap 4

Cetaklah sabun dengan cetakan yang Anda inginkan. Jika sabun hanya digunakan pribadi tidak harus dicetak menggunakan cetakan silikon. Anda bisa memanfaatkan media berbentuk kemudian memberi lapisan plastik lalu memasukkan sabun yang siap di cetak. Biarkan larutan sabun ini selama semalaman.

Tahap 5

Setelah semalaman didiamkan maka sabun siap untuk dipotong sesuai selera. Sabun ini belum bisa langsung dipakai karena harus didiamkan selama kurang lebih 4-6 minggu. Sabun seperti ini sudah setara sabun organik yang berbahan dasar minyak zaitun, air dan alkali. Tapi tentu bukan untuk diperjualbelikan secara umum ya, ingat selalu setiap produk yg diperjualbelikan seperti kosmetik harus ada ijin dari pihak khusus yang memiliki hak untuk mengeluarkan ijin. Jadi sabun ini untuk penggunaan pribadi dan terbatas atau mungkin untuk souvenir juga bisa.

Begitulah cara membuat sabun alami skala rumah tangga dengan memanfaatkan lidah buaya di pekarangan rumah. Sabun ini alami dan ramah lingkungan. Semoga bermanfaat.

Sumber : thread kaskus

Thanks to : id kaskus

Leave a Reply

Your email address will not be published.