unique visitors counter Inilah 10 Manfaat Tanaman Hias Dalam Ruangan No.10 Bagus untuk Mencari Ide

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Inilah 10 Manfaat Tanaman Hias Dalam Ruangan

Inilah 10 Manfaat Tanaman Hias Dalam Ruangan

Tanaman hias merupakan sekelompok tanaman yang berfungsi untuk memperindah ruangan dan halaman rumah homiers. Selain itu tanaman hias dengan jenis tertentu memiliki fungsi tertentu pula. Tanaman disebut sebagai penghias dikarenakan bentuk, warna dan coraknya yang cantik, sangat berbeda dengan corak dari tanaman biasa.

Tanaman hias tidak hanya untuk mempercantik eksterior rumah homiers saja dan ada banyak jenis tanaman hias yang bisa homiers rawat, mulai dari yang berjenis dedaunan, sampai dengan bunga dan dengan kelopak warna yang cerah.

Tanaman hias memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, bermanfaat untuk lingkungan, kesehatan hingga kecantikan. Menempatkan tanaman hias di dalam ruangan saja akan memberikan perbedaan pada ruangan tersebut.

Ruangan yang terdapat tanaman hias udaranya akan berbeda dengan ruangan yang tidak ada tanaman hiasnya. Yuk homiers simak ulasan Manfaat Tanaman Hias dalam ruangan yang tidak diketahui oleh homiers semua.

1. MENYEGARKAN RUANGAN

Tanaman hias sama seperti tanaman lainnya, yaitu melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan. Ketika proses fotosintesis tanaman hias memerlukan karbondioksida untuk menghasilkan oksigen.

Nah proses inilah yang memberikan kesegaran pada ruangan yang terdapat tanaman hias. Maka sebab itu semakin banyak tanaman yang berada diruangan, maka semakin segar dan bersih pula ruangan homiers.

2. MENGURANGI DEBU DI RUANGAN

Tanaman hias pada hakikatnya merupakan tanaman biasa. Tentu saja fungsi membuat kelembaban pada sekitar wilayahnya bisa juga dilakukannya.

Kelembaban yang diberikan tanaman hias yang berada dalam ruangan akan membuat debu yang berada dalam ruangan akan menurun sebab kelembaban bisa mengurangi kotoran dan menurunkan debu pada udara.

3. MENYEHATKAN DAN MENYEGARKAN MATA

Mata adalah salah satu bagian penting pada tubuh kita, sebab dengan mata yang sehat kita akan kelihatan lebih segar dan pastinya cantik. Penyakit mata yang disebabkan oleh kelelahan salah satunya ialah mata panda.

Tetapi tahukah homiers manfaat tanaman hias yaitu dapat mengobati mata panda. Caranya dengan memakai air rendaman bunga mawar sebanyak 2 – 3 tetes dan tutup mata homiers selama 2 menit.

4. MENGURANGI STRES

Stres adalah salah satu penyakit yang diakibatkan kejenuhan yang kadarnya sangat tinggi. Tanaman hias merupakan tanaman yang memiliki nilai seni, baik itu dari bentuk, warna ataupun coraknya.

Selain itu tanaman hias juga menghasilkan oksigen yang diperlukan tubuh supaya metabolism berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu dengan melihat tanaman yang ada diruangan homiers, otak akan jadi lebih rileks dan oksigen yang dihirup juga bisa menyegarkan tubuh homiers.

5. MENINGKATKAN KONSENTRASI

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Royal College of Agliculture menyebutkan bahwa mahasiswa yang ruangan kelasnya terdapat tanaman memiliki fokus 70 persen lebih besar dibandingkan dengan ruangan kelas yang tidak terdapat tanaman hias. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa meningkatkan konsentrasi, namun jenis bambu-bambuan dipercaya memberikan semangat sekaligus nilai feng shui yang sangat positif.

6. MEMBUNUH BAKTERI

Tanpa disadari kita menghirup banyak bakteri setiap harinya dari ruangan yang ditempati. Ada beberapa jenis tanaman hias yang mempunyai sifat membunuh bakteri yang terdapat diudara. Salah satu tanaman hias yang bisa membunuh bakteri ialah jenis Eucalyptus.

Jenis tanaman hias ini bisa membunuh bakteri yang terdapat diudara, Oleh sebab itu tidak heran penyakit flu dan batuk dapat diredakan cuma dengan menghirup aroma dari tanaman ini.

7. MENCEGAH NGANTUK

Mengantuk merupakan tanda mata mengalamai kelelahan dan hal yang wajar dialami semua orang. Tetapi apabila homiers mengantuk disetiap saat hal tersebut tentu tidaklah wajar.

Mengantuk dapat dikarenakan rasa malas yang mendera tubuh dan pikiran kita. Selain itu mengantuk diakibatkan oleh tingginya kadar CO2 yang homiers hirup.

Oleh sebab itu dengan adanya tanaman hias diruangan homiers hal tersebut akan membuat tubuh lebih segar, semangat dan tidak gampang mengantuk.

8. SEBAGAI TERAPI SARAF

Siapapun pasti menginginkan ruangan yang harum, tetapi kebanyakan orang mendapatkan keharuman ruangan melalui bahan kimia, bukan harum yang alami. Hal ini sangatlah berbahaya. Jika homiers menginkan harum yang alami, homiers bisa diwujudkan dengan menggunakan tanaman hias.

Beberapa jenis tanaman hias mempunyai manfaat sebagai aroma terapi yang bisa membuat wangi pada ruangan homiers. Dengan begini homiers tak harus repot-repot untuk membeli pengharum ruangan bukan?

9. MEMBERI ASUPAN ENERGI

Warna merah dikenal mampu menstimulasi semangat dalam diri seseorang. Sebagai contoh, meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan energi. Untuk itu, homiers jangan ragu menanam tanaman dengan daun merah seperti red aglaonema di dalam ruangan.

Homiers juga bisa menaruh pot tanaman ini di kamar mandi untuk memberi semangat ketika bangun di pagi hari.

10. MEMBERIKAN INSPIRASI

Ketika Homiers membutuhkan inspirasi untuk berkreasi, jangan ragu meletakkan tanaman hias di samping meja kerja homiers. Menurut Justin Hancock, ahli kebun dari Costa Farms Croton, dedaunan yang berwarna-warni dapat memberikan inspirasi dan energi pada sekelilingnya, termasuk juga pada homiers.

 

Itulah tadi 10 manfaat tanaman hias dalam ruangan yang jarang disadari oleh banyak orang. Semoga bermanfaat untuk para homiers

 

Sumber artikel by :

pesonataman.com

rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.