unique visitors counter 10 Makanan Khas Bandung | Simply Homy

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

10 Makanan Khas Bandung

10 Makanan Khas Bandung

Homiers suka dengan aneka makanan dan aneka jajanan di Bandung..?? Bagi Homiers yang senang sekali menjajaki kuliner di Bandung, Homiers perlu tahu 10 jenis makanan khas di Bandung. Apa saja seh makanan yang menjadi makanan khas di Bandung, untuk mengetahuinya yuk kita bahas di sini :

  • Seblak Basah

Seblak basah adalah jenis makanan yang sederhana yang saat ini sedang diminati di Bandung. Seblak basah ini biasanya trebuat dari kerupuk yang telah di rebus atau dikukus yang kemudian di tumis diatas wajan bersama sejumlah bumbu yang telah dilunakkan. Seblak basah ini disajikan tidak dalam keadaan kering tapi berair dan lembek.

  • Piscok (Pisang Coklat)

Biasanya piscok banyak digemari oleh anak-anak tapi saat ini bukan hanya dari kalangan anak kecil saja tetapi makanan ini sudah banyak digemari oleh semua kalangan, makanan ini hanya berbahan dasar pisang dan coklat batangan yang telah dicairkan.

  • Colenak

Siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini makanan yang berbahan dasar peuyeum (tape) yang kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah dan tinggal di cocol enak.

  • Cimol

Cimol adalah singkatan dari “aci digempol” makanan ini mungkin dulu hanya menjadi makanan sekolahan saja tapi saat ini cimol dapat ditemukan dimana-mana. Aci bentuknya bulat-bulat yang dicampurkan dengan bumbu tambahan.

  • Gehu Hot Jeletot

Makanan pedas yang banyak digemari dan sangat murah saat ini adalah gehu hot jeletot, kenapa diberi nama seperti itu karena rasanya yang pedas luar biasa. Gehu ini terbuat dari tahu yang digoreng dengan buletan tepung dan diberi isi tauge dan wortel yang telah diberi bumbu pedas.

  • Siomay Bandung

Siomay adalah salah satu makanan yang banyak dicari, biasanya makanan ini dijual oleh pedagang keliling dengan menggunakan gerobaknya. Siomay sendiri terbuat dari ikan tenggiri.

  • Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dicampur/diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Nasi Tutug Oncom lebih nikmat disantap pada saat keadaan hangat.

  • Tahu Lembang

Mungkin apabila Homiers mendengar tahu tidak ada yang berbeda, tapi perlu Homiers ketahui tahu lembang ini berbeda dengan tahu-tahu yang lain, karena tahu lembang ini terbuat dari susu sapi sehingga rasanya menjadi gurih dan lembut dibandingkan dengan tahu lainnya.

  • Cilok

Cilok adalah singkatan dari “aci dicolok“ makanan yang terbuat dari aci (tapioca) yang dibuat bulat-bulat kemudian diisi dengan sedikit daging atau lemak ayam (gajih) lalu dikukus. Dan cilok ini biasanya dicolok (ditusuk) oleh bambu dan untuk tambahan bumbu cilok biasanya disiram dengan saus kacang. Cilok yang rasanya yang kenyal dan sangat nikmat bila dinikmati dalam keadaan hangat ini banyak digemari oleh semua kalangan.

  • Mie Kocok

Siapa yang tidak kenal makanan khas Bandung yang satu ini, mie kocok berbeda dengan mie baso, yang membedakan dengan mie baso adalah dari kuahnya, kuah baso biasanya encer dan kaldunya terbuat dari kaldu ayam atau sapi, tapi untuk mie kocok ini kuahnya cukup kental dan dibuat menggunakan tulang dan daging sapi. Dalam 1 porsi mie kocok ini selain mie juga dicampurkan dengan sayur, tauge, dan potongan daging kaki sapi yang empuk dan enak.

Nah Homiers itulah 10 makanan khas Bandung, yang menggugah selera. Jadi apabila Homiers ke Bandung jangan lupa untuk mencicipi salah satu makanan di atas.

Related Post