unique visitors counter 5 Tips Rencanakan Liburan Saat Musim Hujan Agar Berjalan Lancar

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

5 Tips Rencanakan Liburan Saat Musim Hujan

5 Tips Rencanakan Liburan Saat Musim Hujan

Mungkin Homiers sedang merencanakan liburan akhir tahun. Namun, pada menjelang akhir tahun, biasanya musim hujan juga tengah berlangsung. 

Akhir-akhir ini Homiers, sering turun hujan di berbagai wilayah di Indonesia. Karena setiap akhir tahun, kita sering diwarnai dengan hujan. Padahal akhir tahun sudah dinanti-nantikan masyarakat untuk berlibur menikmati daerah wisata di Indonesia.

Kalau boleh memilih Homiers, liburan memang paling menyenangkan dilakukan di saat cuaca tidak hujan. Mau memilih tempat wisata apa pun bisa, kita tidak khawatir akan terjebak hujan maupun banjir. Musim penghujan tidak akan menyadi alasan untuk membuat rencana liburan kita batal, sayang bukan kalau melewatkan liburan panjang hanya dengan berdiam diri di rumah?

Apakah Homiers sudah merencanakan untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata di akhir tahun nanti? Tidak usah khawatir Homiers dengan kondisi cuaca yang terkadang kurang bersahabat dengan liburan kita dan keluarga nanti. Meskipun sedang musim hujan, liburan akhir tahun bisa tetap dilakukan dengan seru bersama keluarga. Jika kita sudah merencanakan liburan ke suatu tempat, kita bisa evaluasi kembali dengan menyesuaikan kemungkinan terjadinya hujan. Jangan sampai kita dan keluarga kecewa karena tak puas mengunjungi tempat wisata tertentu hanya karena hujan turun. Oleh karena itu, dalam membuat rencana liburan akhir tahun, ingatlah sewaktu-waktu hujan bisa turun dan kita harus memiliki cara untuk tetap menikmati liburan.

Beberapa tips di bawah ini bisa membantu Homiers untuk merencanakan liburan saat musim hujan.

  1. Cari informasi tempat liburan yang ingin dikunjungi
    Mungkin saja Homiers sudah memiliki tujuan liburan idaman bersama keluarga di akhir tahun nanti. Tapi, ada baiknya untuk mencari informasi lengkap terlebih dahulu mengenai tujuan liburan tersebut. Saat libur akhir tahun nanti, hujan bisa turun kapan saja. Jika kita memilih tujuan liburan yang ternyata kurang begitu aman saat hujan turun, misalnya risiko longsor dan banjir sebaiknya dipikirkan kembali. Kita bisa saja mencari informasi dari para traveler yang pernah berkunjung ke tujuan liburan yang kita maksud apakah tempat tersebut aman dikunjungi di musim penghujan atau sekadar browsing di internet.
  1. Tempat tertutup lebih aman
    Mengunjungi tempat liburan atau objek wisata yang tertutup di musim penghujan tentu lebih aman dari pada tempat terbuka Homiers, seperti pantai, gunung, kebun binatang, taman bermain, danau, hingga air terjun. Kalau saja kita mengunjungi tempat-tempat terbuka tersebut, dan ternyata sampai di lokasi objek wisata hujan, tentu kita dan keluarga tak bisa menikmati panorama dan keindahan yang ditawarkan. Bagaimana mau jalan-jalan, saat hujan. Kalau hal ini terjadi, liburan yang kita rencanakan untuk refreshing malah berujung kecewa dan penyesalan tak bisa menikmatinya. Beberapa tempat tertutup, seperti museum, atau tempat bermain indoorbisa menjadi pilihan berlibur.
  1. Jaga kesehatan kita dan keluarga
    Sebelum berangkat liburan, alangkah lebih baik untuk mempersiapkan sebaik-baiknya tubuh kita dan keluarga supaya tetap sehat dan bisa berlibur dalam kondisi fit. Dikarenakan tujuannya kita berlibur bersama keluarga adalah untuk bersenang-senang. Apabila saat berlibur kita atau salah satu keluarga ada yang sakit, tentu membuat liburan kurang seru.
  1. Bawalah pakaian hangat
    Musim hujan identik dengan udara yang dingin. Kita perlu menyiapkan pakaian hangat untuk semua anggota keluarga sehingga mereka tak kedinginan saat di tempat liburan. Siapkan pakaian hangat seperti jaket, sweater, syal, kaus kaki, kaus tangan, dan penutup kepala. Pakaian hangat ini tentu akan membuat nyaman jika sewaktu-waktu hujan di tempat liburan.
  2. Membawa obat di kotak obat
    Udara yang ekstrem kapan saja bisa dirasakan di tempat liburan. Untuk mewaspadai sakit saat liburan, tak ada salahnya untuk kita membawa kotak berisi obat-obatan, seperti obat sakit perut, obat batuk, obat flu, obat luka, dan minyak kayu putih.

 

Berikut beberapa tips yang dapat Simply Homy bagikan, Semoga bermanfaat dan  Selamat merencanakan liburan.

Sumber: papasemar.com, ibudanmama.com

Recommended for you :

Yuk intip beberapa penginapan-penginapan yang hemat untuk liburan bersama keluarga 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *