unique visitors counter Candi Prambanan dan Legenda Dibaliknya.. | Simply Homy

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Candi Prambanan dan Legenda Dibaliknya..

Candi Prambanan dan Legenda Dibaliknya..

Candi Prambanan..siapa yang belum tahu candi yang satu ini. Candi yang terletak di perbatasan Kota Yogyakarta dan Jawa Tengah ini sangat terkenal, bahkan sampai luar negeri lho. Candi Prambanan ini mempunyai kisah legenda yang sangat menarik untuk diceritakan. Yaitu kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso adalah seorang yang suka memerintah dan kejam, seorang yang sakti dan mempunyai pasukan jin. Karena tertarik dengan Roro Jonggrang ratu Prambanan, maka dia berniat memperistrinya. Namun sayang, Roro Jonggrang tidak menyukainya. Akhirnya Roro Jonggrang mengajukan syarat untuk Bandung Bondowoso dengan niat agar Bandung Bondowoso gagal dalam menjalankan syarat itu. Syaratnya adalah dengan membangun seribu candi dalam waktu semalam.

Tapi ternyata akal Bandung Bondowoso tidak kalah cerdik, dia mengerahkan pasukan jin untuk membangun seribu candi tersebut. Syarat membangun candi tersebut terasa cepat sehingga membuat Bandung Bondowoso merasa senang karena mengira syarat yang diajukan Roro Jonggrang akan terpenuhi.

Roro Jonggrang sendiri yang mengamati diam-diam merasa cemas, karena bangunan candi yang disyaratkan sudah hampir jadi. Dia pun menyuruh dayang-dayang istana untuk membakar jerami dan menumbuk lesung. Semburat warna merah memancar ke langit dengan diiringi suara hiruk pikuk, sehingga membuat pasukan jin Bandung Bondowoso mengira sudah hampir fajar dan akhirnya meninggalkan pekerjaan membuat candi yang hampir selesai itu.

Bandung Bondowoso sangat marah, karena merasa dipermainkan oleh Roro Jonggrang, dia pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu untuk melengkapi candi yang keseribu. Yak…begitulah legenda dibalik keindahan Candi Prambanan, yang terpenting kita sebagai masyarakat Indonesia harus bangga dan melestarikan peninggalan sejarah.

Nah bagi Homiers yang penasaran dengan Candi Prambanan bisa berkunjung ke Yogyakarta, untuk penginapan di Jogja tenang saja kana ada Simply Homy Guets House Sensasi Hotel Berbintang, kami sudah mempunyai paket wisata yang akan mengakomodasi Homiers untuk bisa berkunjung dengan fasilitas yang memanjakan Homiers.