unique visitors counter Kuliner Yogya Geplak : Manis dan Gurihnya Makanan "Ndeso"

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Kuliner Yogya Geplak: Manis dan Gurihnya Makanan “Ndeso”

Jika sekali waktu Anda pergi ke Bantul, kabupaten di sebelah selatan Yogyakarta, rasanya kurang pas apabila pulang tidak membawa oleh-oleh geplak. Geplak adalah makanan khas kota Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir (atau gula jawa), yang rasanya manis. Ada pula yang menyebutnya sebagai makanan Betawi dengan tambahan bahan berupa tepung beras dan daun jeruk purut. Selain geplak dari parutan kelapa, ada pula geplak yang dibuat dari waluh (labu sayur).

Gerai Geplak di Yogya
Untuk mendapatkan geplak, Anda bisa langsung mengunjungi wisata kuliner Yogya sentra geplak di daerah asalnya, Bantul. Ny. Pawirodinomo yang pertama kali memperkenalkan geplak sejak tahun 1912 ternyata juga membuka toko yang menyediakan geplak di Jl. Jend. Sudirman No. 192, Bantul, dan dikelola oleh putrinya, Ny. Suharti.
Geplak yang lain bisa anda temukan di Jl. Wahid Hasyim, Bantul. Namanya Geplak Yu Tumpuk. Pemiliknya adalah Bpk. Ciptodiharjo yang meneruskan usaha Yu Tumpuk, sang istri, yang kini sudah almarhum. Geplak Yu Tumpuk sangat terkenal karena ia menyediakan rasa gula jawa. Beda dengan penjual geplak lainnya, Geplak Yu Tumpuk tetap mempergunakan besek (kotak dari anyaman bambu) untuk kemasannya. Tiap kilonya dijual seharga Rp 7500,-, Selain gula jawa, di situ juga tersedia geplak rasa vanili, frambors, dan jeruk.

Sumber : Buku Jalan-jalan Kuliner Aseli Jogja / Suryo Sukendro.

Peta lokasi Geplak-Bantul, Yogyakarta

[geo_mashup_map height=”350″ width=”600″ zoom=”17″ add_overview_control=”false” add_map_type_control=”true”]