unique visitors counter Inilah Kuliner Jogja dengan Khas Jawa yang bisa untuk Perayaan Wisuda

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Inilah Kuliner Jogja yang Mantap di Lidah dengan Citarasa Khas Jawa yang bisa di jadikan referensi saat Wisuda

Kuliner Jogja sudah seperti hal yang wajib saat berlibur ke Jogja. Memang kalau ke Jogja tapi nggak melakukan wisata kuliner itu pasti kurang lengkap Homiers. Padahal, liburan menuju warung pinggir jalan akan membuat kita mendapatkan pengalaman seru yang berharga.

Kita jadi tahu, bahwa Jogja bukan hanya terkenal karena wisata budayanya saja, tapi juga karena makanan tradisionalnya. Beberapa mungkin nyaris punah karena sudah tidak ada lagi yang membuat apalagi menjualnya. Namun jangan khawatir Homiers, karena yang masih eksis dan jadi favorit juga tidak sedikit. Seperti beberapa makanan berikut ini. simak informasinya ya.

 

  1. Soto Medan

Sumber Gambar: resepumi.com

Kita memang akan mengulas kulineran di Jogja Homiers, namun nggak ada salahnya kita juga menyingung makanan khas kota lain yang populer dan bersarang di Kota Pelajar ini. Mungkin Homiers pernah tahu soal Soto Medan, sajian berkuah yang mantap sekali, bisa Homiers cicipi di Jogja. Tak perlu jauh-jauh ke Sumatera Homiers, jika yang di Jogja saja menyuguhkan rasa lezat. Kita bisa menemukan hidangan tersebut di GO Warung. Selain soto, ada juga mie rebus medan dan aneka camilan khas jawa seperti cenil dan lupis. Paduan berbagai budaya kuliner dalam satu tempat makan, pasti akan seru sekali bukan? Go warung terletak di Jalan Prawirokuat no 172, Yogyakarta.

 

  1. Bakso & Es Teller Original Pak Hadi

Sumber Gambar: forum.liputan6.com

Jogjakarta itu kaya akan budaya. Berbagai macam hidangan terdapat di sini, termasuk bakso yang sebenarnya lebih lekat dengan Kota Malang atau Solo. Namun Homiers, Jangan dikira rasanya bakal asal-asalan karena bakso di Jogja itu juga enak-enak. Misalnya di kedai Pak Hadi. Hidangan utamanya adalah bakso yang kenyal disandingkan dengan es  teller yang segar. Ada juga camilan berupa tetelan yang terbuat dari ketan. Warung Pak Hadi ini letaknya di Jalan Bhayangkara, kios Pasar Pathuk No. 1, Jogja. Harga untuk menu-menunya berkisar antara Rp. 5 ribu hingga 14 ribu.

 

  1. Tengkleng

Sumber Gambar: pegipegi.com

Tengkleng ini sebenarnya adalah makanan khas Solo Homiers, namun ada satu kedai di Jogja yang terkenal dengan menu tersebut. Bumbu kuahnya begitu mantap di lidah, begitu juga dagingnya empuk serta gampang sekali untuk digigit. Coba saja sendiri dengan datang ke Warung Tengkleng Gajah di Jalan Kaliurang KM. 9,3, Bulurejo, Minomartani, Jogjakarta. Penyaji kuliner Jogja yang enak itu buka dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 09.00 malam WIB.

 

  1. Bakmi Bhayangkara

Sumber Gambar: asalusulkotayogyakarta.blogspot.co.id

Bakmi dan Nasi Goreng bisa dibilang adalah sahabat para mahasiswa, harganya murah ditambah rasa yang gurih selalu bisa membuat seseorang jadi kenyang. Di Jogja ada bejibun banyaknya penjual nasi goreng. Salah satunya adalah Warung Bhayangkara ini Homiers, Kita bisa memilih beberapa menu. Tapi yang jadi andalan adalah bakminya. Lokasi warung Bhayangkara ada di Jl. Gandekan, Jogja. Tidak begitu jauh dari Pasar Pathuk.

 

  1. Ayam Kenduri

Sumber Gambar: pengenliburan.com

Ayam Kenduri ini kalau di Jawa, umum dikenal sebagai ingkung. Kuliner Jogja itu menjadi hidangan yang cukup mewah pada zaman dulu berupa satu potong ayam utuh kemudian dimasak dengan bumbu khusus. Jadi, rasanya itu begitu pas di lidah. Untuk sandingannya ada berbagai macam sayuran dan lauk pauk. Dapatkan hidangan seperti itu dengan datang ke Omah Dahar Mbah Wanto di  Jalan Berbah, Kuton, Tegaltirto, Sleman.

 

  1. Gudeg Bromo

Sumber Gambar: citraelo.com

Kalau ngomongin soal makanan legendaris di Jogja Homiers, maka kita wajib menyinggung soal gudeg. Ada banyak sekali penjual gudeg, tak jarang para wisatawan sampai bingung menentukan pilihan. Mungkin Homiers juga begitu, nggak usah khawatir Homiers bisa mulai perburuan kuliner Jogja dari Gudeg Bromo atau biasa disebut Gudeg Yu Tekluk. Jangan kaget ya, jika saat datang ke sini sudah ada antrian panjang karena memang tempat makan itu cukup tenar di seantero Jogja.

 

  1. Gulai Ayam Kheray

Sumber Gambar: youtube.com

Ayam bisa dimasak dalam berbagai olahan, entah digoreng atau dimasak dengan kuah seperti sajian di ala Kheray. Menu di warung tersebut adalah gulai ayam. Saat datang ke sana untuk makan, Kita akan menghadapi hidangan daging ayam dengan kuah beraroma mantap. Warung yang terletak di Jl. Moses Gatotkaca, Mrican, Jogja itu cukup terjangkau. Hanya sekitar Rp. 11 ribu saja. Jangan datang terlalu sore Homiers, karena kedai Kheray buka hanya sampai pukul 14.00 WIB.

 

  1. Gudeg Yu Yah

Sumber Gambar: yotagram.com

Kuliner Jogja berupa gudeg yang berikutnya adalah milik Yu Yah. Yang unik, tempat tersebut buka pada tengah malam. Namun jangan salah, suasananya tetap ramai dan selalu diserbu pengunjung lho. Selain gudeg, ada juga menu lain yang nggak kalah terkenal yaitu oseng mercon, rasanya bikin Homiers melek sampai subuh. Seperti tempat-tempat lain di Jogja, harga makanannya dibandrol mulai dari Rp. 8 ribu. Lokasinya ada di Jalan Magelang dan buka pada pukul 01.00 WIB.

 

  1. Es Gosrok Jadoel

Sumber Gambar: imgrum.org

Jogja memang memiliki pegunungan, namun layaknya kota-kota besar lain. Cuacanya panas dan udaranya bikin mudah gerah. Di saat dahaga mulai terasa, maka menyantap minuman segar seperti Es Gosrok Jadoel adalah keputusan yang tepat. Disebut begitu karena esnya dipasrah atau disgosrok di atas minuman yang isinya adalah tape ketela, kelapa dan santan. paling enak jika disantap bareng roti coklat jadoelnya. Satu porsi es gosrok hanya dihargai Rp. 3 ribu saja. Kuliner Jogja di Jalan Abu Bakar Ali itu murah sekali kan?

 

  1. Tempo Gelato

Sumber Gambar: letsgoeatall.blogspot.co.id

Tempo Gelato bisa kita nikmati di sebuah kafe yang cukup mentereng di kampung bule atau Jl. Prawirotaman No. 43, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Memang kesegaran Es Gosrok tadi tiada duanya, namun jika kita ingin sensasi kesegaran ala es krim khas Italia itu, kamu wajib hadir ke Tempo Gelato. Ada banyak sekali pilihan rasa.

  1. Bakso Klenger

Sumber Gambar: tribunnews.com

Gimana nggak klenger jika bakso sebesar ini dihabisin sendiri? Homiers jangan coba-coba ya, tapi kalau merasa kuat yang silakan. Menu unik seperti ini ada di Kedai bakso Klenger. Meski ukurannya besar,  tapi baksonya matang sampai ke dalam-dalamnya lho. Lokasi Bakso Klenger ada di Jalan Wahid Hasyim no 296, Nologaten, Caturtunggal, Sleman Yogyakarta. Lebih menyenangkan jika kita mengajak serta sahabat atau keluargamu. Satu saja, bahkan cukup untuk warga sekampung.

  1. Sate Klathak

Sumber Gambar: pegipegi.com

Sate Klathak adalah kuliner Jogja wajib yang harus kamu incip. Meski berbentuk sate, tapi menu tersebut memiliki banyak perbedaan dari hidangan sate yang lainnya. Hal itu bisa dilihat dari ukurannya yang 3  kali lebih besar dari sate biasa, kemudian bahan yang digunakan adalah daging kambing muda. Termasuk juga dalam hal bumbu, karena saat pembakaran daging hanya dibumbui garam dan merica saja.  Ada beberapa warung sate klathak yang terkenal, salah satunya adalah warung Pak Bari di Jl. Kedaton, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Cilok Gajahan

Sumber Gambar: kaskus.co.id

Ingat kan waktu SD dulu jajan apa yang paling kamu sukai. Jujur saja, kamu pasti sering lirik-lirik ke arah penjual cilok. Namun apa daya, uang sakumu hanya pas untuk naik angkot pulang. Kini adalah waktu yang tepat untuk balas dendam. Yuk berburu kuliner cilok di seantero Jogja. Nah Cilok Gajajah wajib masuk dalam daftar utamamu karena rasanya yang enak, Setiap harinya, penjual cilok ini selalu ramai diserbu pembeli hingga para konsumen membuat antrian yang panjang. Jadi penasaran kan, seenak apa sih ciloknya? Datang saja langsung ke sudut alun-alun selatan Jogja. Biasanya dalam waktu dua jam saja, dagangan Cilok Gajahan sudah ludes terjual.

  1. Mie Ayam Ceker

Sumber Gambar: google.co.id

Coba lihat foto hidangan Mie Ayam Ceker ini, begitu menggugah selera kan? Bumbunya merata dan paduan antara mie dan ceker adalah kombinasi yang super mantap. Setiap harinya banyak orang rela antri hanya untuk mencicipi kelezatan kuliner Jogja yang legendaris itu. Harga satu mangkok mie dengan ceker hanya sekitar Rp 10 ribu saja. Sedangkan lokasinya ada di Jalan Imogiri Timur 187 Jogja (Utara Terminal Giwangan).

 

Sumber Gambar: smartertravel.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *