unique visitors counter Kuliner Jogja yang Mantap di Lidah, bisa di jadikan referensi saat Wisuda

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Kuliner Jogja yang Mantap di Lidah dengan Citarasa Khas Jawa yang bisa di jadikan referensi saat Wisuda

Kuliner Jogja yang Mantap di Lidah dengan Citarasa Khas Jawa yang bisa di jadikan referensi saat Wisuda

Sebelumnya bagi yang sudah baca tentang  Kuliner Jogja yang Mantap di Lidah dengan Citarasa Khas Jawa yang bisa di jadikan referensi saat Wisuda  ,  berikut ini simplyhomy menambahkan lagi info kuliner jogja yang bisa di nikmati baik homiers saat sedang acara wisuda atau liburan ke jogja, sebagai berikut :

 

  1. Jenang Gempol Bu Gesti
    kuliner jogja

Sumber Gambar: foody.id

Jenang Gempol itu adalah jajanan tradisional Jogja yang tetap dilestarikan hingga saat ini karena memang rasanya itu enak dan mantap. Buktinya Homiers, kita bisa membeli hidangan tersebut dari Bu Gesti. Penjual kuliner Jogja di Komplek Pasar Lempuyangan. Bagi Homiers yang belum tahu, Jenang Gempol adalah makanan seperti bubur yang terbuat dari tepung beras dengan kuah santan, nggak rugi deh jika kamu sampai blusukan ke pasar hanya untuk menyantap jenang legendaris itu.

  1. Ayam Goreng Suharti
    kuliner jogja

Sumber Gambar: resephariini.com

Yang satu ini enaknya nancap banget di lidah. Tapi ya begitu, kalangan mahasiswa golongan dompet pas-pasan pasti menganggapnya sebagai ranjau darat. Tentu saja alasannya adalah karena harganya selangit, terutama bagi para mahasiswa. Meski begitu, harganya sebanding kok sama rasanya yang juara. Lokasi Ayam Goreng Suharti ini ada di Jl. Gedong Kuning No.187, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta.

  1. Wedang Tahu
    kuliner jogja

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Wedang Tahu juga ada di Jogja. Mungkin tidak banyak yang tahu seputar kuliner enak tersebut. Padahal selain rasa, kandungan gizinya baik untuk tubuh dengan serat dan protein tinggi dari tahu. Seperti namanya Homiers, bahan utama minuman ini adalah tahu sutera yang memiliki tekstur halus. Kemudian di siram dengan kuah jahe. Penjual wedang tahu ini bisa kamu temui di jalan Kranggan, depan Gudeg Bu Djuminten Yogyakarta.

  1. Jadah Tempe
    kuliner jogja

Sumber Gambar: jogjaempatroda.com

Masyarakat Jogja pasti akrab dengan olahan tempe yang dimasak dengan bumbu ini. Sebutan khas adalah jadah tempe. Bahkan keluarga sultan pun kabarnya sangat suka dengan kuliner ini. Selain disantap di tempat, jadah tempe juga bisa Homiers bawa pulang sebagai oleh-oleh. Yang cukup terkenal di Jogja adalah jadah tempe Mbah Carik. Kuliner legendaris itu bisa kamu dapatkan jika datang ke Jalan Astamulya Kaliurang atau di utara gapura Kaliurang.

  1. Mie Lethek Pak Ronto
    kuliner jogja

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Mie Lethek Pak Ronto juga masuk dalam jajan kuliner tradisional Jogja yang menarik. Lokasinya tidak begitu jauh dari Sate Klathak Pak Bari yaitu sekitar 10 menit perjalanan. Tempat makan itu berada di sekitar Lapangan Imogiri atau di bagian Selatan Pasar Imogiri, Bantul. Disebut lethek karena warna mienya yang kusam kecoklatan akibat dijemur di bawah teriknya sinar matahari. Harga satu porsinya, hanya sekitar Rp. 12 ribu saja. Sedangkan soal rasa, mirip dengan bihun goreng.

  1. Angkringan Lik Man

Sumber Gambar: jogjalogica.blogspot.co.id

Ke Jogja ya harus nongkrong di angkringan, baru deh kamu benar-benar merasakan sensasi yang luar biasa mantap. Jalan-jalan menikmati Malioboro di malam hari adalah keseruan tersendiri. Namun sempatkan untuk mampir ke Angkringkan Lik Man. Bisa dibilang tempat kulineran itu adalah salah satu yang menjadi pelopor angkringan lain di berbagai penjuru Jogja. Selain ada sego kucing dan aneka gorengan, Angkringan Lik Man juga menyuguhkan minuman legendaris khas Jogja yaitu kopi jos yaitu seduhan kopi yang dicelupi arang yang sedang membara. Lokasi Angkringan Lik Man ada di Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta.

  1. Soto Pak Dalbe
    kuliner jogja

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Jogja memang istimewa kalau soal kuliner. Selain murah, makanannya itu loh, enak-enak. Cukup membawa beberapa lembar uang sepuluh ribuan saja, kita Homiers sudah kenyang seharian di Jogja. Tempat yang terkenal menjual makanan murah adalah Warung Pak Dalbe dengan menu andalannya berupa soto. Hidangannya masih bisa ditambah dengan menu seperti sate, tempe, sayap dan lain sebagainya. Lokasi Soto Pak Dalbe ada di Jalan Jenderal Sudirman Jogja.

  1. Telur Gulung Gajah
    kuliner jogja

Sumber Gambar: imgrum.org

Telur gulung ini ukuranya jauh lebih besar jika dibanding makanan biasanya dijual pada anak-anak kecil di sekolahan. Jika kamu ingin bernostalgia dengan salah satu jajanan zaman dulu itu, datang saja ke kawasan Sunmor di Jogja. Biasanya ada stand yang khusus menjual telur gulung dengan harga yang cukup murah.

  1. Es Oyen
    kuliner jogja

Sumber Gambar: matawitakuliner.blogspot.co.id

Emang deh kalau lagi gerah-gerah sehabis jalan atau liburan di Jogja itu obatnya pasti es atau minuman yang segar. Jangan sepelekan es oyen karena kombinasi bahan-bahannya itu begitu mantap. Ada buah seperti nangka dan alpukat, semakin membuat rasanya jadi begitu lezat. Dari sekian banyak penjual es tersebut, yang cukup terkenal dengan rasanya yang enak adalah Es Oyen

di Jl. Taman Siswa, Jogja.

  1. Sego Pecel Bu Wiryo
    kuliner jogja

Sumber Gambar: kabarkuliner.com
Menikmati kuliner di tempat yang legendaris dan penuh kenangan pasti memberikan keseruan tersendiri. Apalagi jika tempat itu mengingatkan Kita Homiers pada kisah-kisah zaman dulu. Ada satu tempat yang memiliki nilai sejarah penting bagi sebagian orang yaitu Warung Sego Pecel Bu Wiryo yang ada di dekat UGM. Pertama kali muncul sekitar tahun 1959 dan hingga saat ini tetap setia menghidangkan menu makanan yang lezat khas dengan Jogja.

  1. Brongkos
    kuliner jogja

Sumber Gambar: resepkoki.id

Brongkos merupakan makanan yang terbuat dari tahu dan tempe kemudian disiram dengan kuah santan berkaldu. Cita rasa yang gurih akan semakin kamu rasakan karena ada tambahan bahan berupa kacang polo. Hampir sama seperti rawon karena menggunakan kluwak untuk membuat kuahnya. Konon, kuliner khas Jogja ini adalah menu favorit Sultan Hamengkubuwono X. Beberapa warung yang menyuguhkan menu tersebut adalah warung brongkos Bu Padmo di Tempel dan Rumah Makan Handayani di dekat Alun-alun Selatan Yogyakarta.

  1. Soto Sulung
    kuliner jogja

Sumber Gambar: resepkoki.id

Karena menjadi tempat wisata, maka tidak heran jika Jogja menjadi tujuan orang-orang merantau dan mengadu nasib membawa pengetahuan dan budaya dari kampung halaman termasuk resep masakan. Sehingga tidak begitu mengherankan jika ada banyak makanan khas daerah lain dijual di Jogja. Termasuk salah satunya adalah Soto Sulung. Asal boleh dari Madura, namun rasanya pas banget di lidah orang-orang Jogja. Kamu pun juga harus mencobanya. Jadi, datang saja langsung ke lokasi Soto Sulung di berbagai penjuru Jogja, misalnya saja yang ada di Stasiun Tugu.

  1. Bakmi Mbah Mo
    kuliner jogja

Sumber Gambar: visitingjogja.com
Bakmi Mbah Mo ini adalah sajian ala Jogja yang sudah terkenal dari dulu hingga sekarang. Baik artis atau pun pejabat, sengaja mampir ke sini untuk melahap hidangannya yang berupa bakmi godok, bakmi nyemek, hingga bakmi goreng. Lokasinya sendiri ada di Desa Code, Bantul, Yogyakarta. Jika kamu ingin membeli satu porsi bakmi Mbah Mo ini, cukup sediakan uang sekitar Rp. 16 ribu saja.

  1. Gudeg Yu Jumkuliner jogja

Sumber Gambar: visitingjogja.com

Gudeg Yu Jum adalah kuliner Jogja yang sudah tersohor sebagai jujukan para wisatawan untuk merasakan seperti apa sih gudeg yang benar-benar enak itu. Lokasi Gudeg Yu Jum berada di Jalan Kaliurang Yogyakarta. Tempatnya sederhana dan begitu nyaman. Sangat mencerminkan Jogja yang elegan. Saat mencicipi gudegnya, barulah kamu akan mengerti seenak apa olahan sayur nangka dengan sambel goreng krecek super mantap di sana.

  1. Bakso Mawut
    kuliner jogja

Sumber Gambar: travelingyuk.com
Berada di sebuah bangunan di Jalan Penembahan Senopati, pemilik kedai Bakso Mawut melayani para pembeli yang ingin menjajal kelezatan bakso dengan tekstur kenyal di Jogja. rasanya juga enak, bahkan sampai ke dalam-dalamnya. Untuk satu porsi bakso mawut harganya bisa lebih dari Rp. 10 ribu. Kunci dari rasa enak yang ditawarkan ada pada pemilihan bahan seperti daging hingga kaldu untuk membuat kuahnya.

Itulah beberapa kuliner Jogja yang lezat enak dan pas banget di lidah. Dari beberapa menu di atas, manakah yang paling ingin Homiers coba?

Sumber Artikel: travelingyuk.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *