unique visitors counter Liburan sambil Wisata Sejarah di Keraton Yogyakarta Temukan Sesuatu Ini

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Liburan sambil Wisata Sejarah di Keraton Yogyakarta Kamu Bisa Temukan Hal-hal Menarik Ini

Liburan sambil Wisata Sejarah di Keraton Yogyakarta Kamu Bisa Temukan Hal-hal Menarik Ini

Sebutan kota budaya dirasa tidak sangat berlebihan untuk kota Yogyakarta. Mengapa? Di kota ini berdiri sebuah istana raja atau kraton yang dijadikan sebagai pusat kebudayaan di tanah Jawa. Selain itu, Keraton Yogyakarta juga dijadikan sebagai tempat tinggal raja dengan permaisurinya tetapi juga boleh dikunjungi oleh siapapun dengan syarat pengunjung yang datang harus berpakaian rapi dan berperilaku santun.

Ketika homiers berkunjung ke Keraton Yogyakarta, akan ada banyak hal menarik yang bisa disaksikan. Dimulai dari bangunannya yang berdiri megah dan juga kental dengan nuansa Jawa, aneka benda yang menjadi koleksi raja dan keluarga, pertunjukan seni sampai dengan kehidupan para abdi dalem kerajaan. Ketika homiers berkunjung pada saat yang tepat, maka homiers akan dapat menyaksikan beragam upacara adat beserta seluruh prosesinya yang biasa digelar di Keraton seperti Caos Daha, Grebeg, Nyebar Udhik-Udhik dan lain-lain.

 

Jam Buka Keraton & HTM

Jam buka Keraton Yogyakarta dimulai dari pukul 09.00-14.00 WIB dari hari Senin – Minggu. Sedangkan harga tiketnya dibedakan menjadi dua jenis yaitu harga tiket wisatawan lokal seharga Rp5.000,- dan harga tiket wisatawan asing yang harganya mencapai Rp15.000,-.

 

Lokasi Keraton Yogyakarta

Lokasi dari Keraton Jogja terletak tepat di jantung kota yaitu Jalan Rotowijayan 1, kecamatan Keraton, kota Yogyakarta, Yogyakarta. Tempat yang menjadi istana raja ini dikelilingi oleh benteng pertahanan, itulah mengapa orang-orang banyak menyebut wilayah ini dengan istilah njeron betengKetika homiers berkunjung ke tempat ini, homiers akan menemui dua loket wisata yang letaknya di bagian depan dan bagian tengah. Sedangkan loket tepat keprajuritan letaknya di dekat alun-alun utara, tempat yang biasa digunakan untuk perayaan sekaten.

 

Akses Menuju Keraton Yogyakarta

Ketika homiers masuk melalui pintu keprajuritan, maka tinggal lewat dari bagian depan, dimana tempat itu merupakan tempat perlengkapan prajurit keraton Jogja yang didokumentasi dalam bentuk gambar dan dilengkapi dengan beberapa kereta. Tetapi jika homiers ingin melihat lebih jauh, maka homiers hanya tinggal masuk melalui tepas wisata yang letaknya di bagian tengah dan dekat dengan kantor kecamatan Keraton. Namun jika homiers berangkat dari Malioboro, berjalanlah lurus terus ke arah Selatan sampai tiba di area kompleks keraton. Jika homiers malas jalan, bisa menggunakan andong atau becak.

 

Fakta Unik Keraton Yogyakarta

Ada banyak fakta unik yang bisa homiers ditemui di tempat tersebut, di antaranya adalah tempat ini masih menjadi tempat tinggal Raja Jogja, Sultan Hamengku Buwono X beserta keluarga. Selain itu, di kompleks keraton Yogya, ada berbagai macam ruang pamer benda-benda kuno dan lain sebagainya, namun yang menjadi menarik adalah ada banyak koleksi batik yang ada di sumur kuno yang konon katanya dengan dasar yang dipenuhi dengan uang.

 

Sumber Artikel via paketwisata.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.