unique visitors counter Kenapa Sih, Ombak Pantai Parangtritis Mematikan ?

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Kenapa Sih, Ombak Pantai Parangtritis Mematikan ?

Kenapa Sih, Ombak Pantai Parangtritis Mematikan ?

Assalamu’alaikum Homiers, Obyek wisata jogja pada Pantai Parang tritis siapa sih yang tak mengenal pantai yang satu ini, pantai parang tritis ini sering kali dikaitkan dengan hal-hal mistis. Banyak mitos yang berkembang di pantai ini. Banyak larangan jika berkunjung ke pantai yang satu ini, Salah satunya kita tidak boleh menggunakan pakaian berwarna Hijau, dan kerap hilangnya orang dikarenakan berenang di pantai ini dan terseret ombak, hal ini sering dikaitkan dengan hal mistis dan orang yang Hilang di jadikan budak oleh Nyi Roro Kidul.

Namun hal ini tidak benar Homiers. Faktanya memang ombak Parang tritis memang besar dan mematikan, namun hal ini salah di artikan oleh banyak orang dan warga sekitar. Mereka banyak mengartikan dan mengaitkan dengan hilangnya orang di karenakan hilang di culik dan di jadikan budak oleh nyi rorokidul.

Hal ini sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah. Orang yang terseret di  Pantai Parangtritis yang sering tidak ditemukan oleh karena orang tersebut bukan karena dijadikan budak oleh nyirorokidul akan tetapi karena orang tersebut terseret ombak rip current. Rip current adalah ombak ganas yang sangat mematikan, kecepatahn ombak ini sampai 80 Km per jam.

Arus balik adalah ombak yang datang membentur pantai kemudian mencapai lagi. Arus balik ini sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.  Arus balik ini tidak hanya terjadi di satu tempat saja, melainkan berbagai tempat. Korban dapart tertseret karena ia berada jauh di bibir pantai tanpa pijakan kaki yang kuat. Maka ia dapat terseret dengan cepat.

Sebenarnya korban masih dapat selamat jika ia tetap tenang. Karena gelombang dari ombak ombak rip current berputar didasar dan memungkinkan segala materi yang ada didasar terangkat keatas. Setidaknya korban yang terseret ombak dapat mengapung dan melambaikan tangan untuk meminta tolong.

Jadi berikut penjelasan yang dapat admin sampaikan kepada Homiers ternyata hilangnya orang di pantai parang teritis itu bisa di jelaskan dengan ilmiah, dan bukan karena mitos di culik oleh nyirorokidul. dan walau begitu kita harus tetap berhati-hati ya Homiers ketika berada di pantai.

Semoga bermanfaat

Salam hangat Simply Homy.
Anda Tuan Rumahnya.

Sumber:

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *