unique visitors counter Info jajanan pasar Beringharjo - Yogyakarta

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Pasar Beringharjo: Surga Penikmat Jajan Pasar (Part 2)

Pada artikel lalu kita membahas jajanan pasar tradisional di Beringharjo seperti kue Kipo, Pecel Urap, dan Mendut dan Mega Mendhung. Kali ini kita akan membahas jajanan Legomoro, Wajik dan Sagon, Sate Manis, Gado-Gado, dan Krasikan ^_^.

Legomoro

Di pasar ini juga ada jajanan khas dari Kotagede, yakni Legomoro. Penganan ini terbuat dari beras ketan dan diisi daging yang dicacah. Legomoro ini hampir mirip dengan lemper yang dibungkus daun pisang dan dikukus. Bedanya dengan lemper, setelah dibungkus daun, masih diikat tali bambu. Cita rasanya juga masih ada kemiripan dengan lemper.

Wajik dan Sagon

Penganan wajik dan sagon ini juga khas dari Kotagede, Yogyakarta. Uniknya, penganan wajik dan sagon yang dijual di Beringharjo ini beda penampilan dengan sagon dan wajik kebanyakan. Kalau biasanya sagon dan wajik berbentuk kotak-kotak, kali ini kedua makanan ini dicetak bundar berdiameter 10 cm dan dialasi daun pisang.

Sate Manis

Di bagian depan Pasar Beringharjo, Anda bisa mencicipi sate manis. Disebut sate manis karena rasanya manis. Satenya adalah sate kulit daging sapi. Satenya disajikan dengan pincuk (bungkus daun pisang yang dibentuk seperti piring) dengan harga Rp 1.200,- per tusuk.

Gado-gado

Di lantai dua Pasar Beringharjo, Anda bisa mencicipi menu gado-gado Ibu Hadi. Menu gado-gado yang dijajakan di sini rasanya nikmat betul dan racikannya cukup orisinal. Kalau gado-gado kebanyakan saus kacangnya diulek langsung, maka gado-gado Beringharjo ini saus kacangnya sudah diolah dengan bumbu-bumbu. Rasanya juga unik, ada rasa manis dan rasa
masamnya. Isinya juga agak sedikit berbeda, antara lain kol dan mentimun mentah lalu diberi irisan tahu dan kentang rebus. Disajikan dengan tambahan irisan daun selada.

Krasikan

Di sebelah utara bagian depan, dapat dijumpai krasikan. Makanan yang bercita rasa manis ini sering ditemui dalam berbagai hajatan di Jawa. Krasikan ini sangat lezat. Dengan tekstur seperti pasir halus, krasikan merupakan makanan semacam dodol dari tepung beras, gula jawa, dan hancuran wijen.

Sumber : Buku Jalan-jalan Kuliner Aseli Jogja / Suryo Sukendro.

Peta lokasi Pasar Beringharjo-Yogyakarta

[geo_mashup_map height=”350″ width=”600″ zoom=”17″ add_overview_control=”false” add_map_type_control=”true”]

Related Post