unique visitors counter Info jajanan pasar Beringharjo - Yogyakarta

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Pasar Beringharjo: Surga Penikmat Jajan Pasar (Part 1)

  • pasar beringharjo

Tips kali ini akan membahas tentang jajanan pasar yang ada terdapat pasar tradisional Beringharjo. Mulai dari kue kipo, pecel urap, mendut dan mega mendung, legomoro dll. Daripada Anda semakin penasaran, mari kita bahas langsung ^_^.

Kue Kipo

Di pasar Beringharjo ini Anda juga dapat menemukan kue tradisional yang bernama kipo. Makanan ini adalah khas Kotagede. Kue kipo terbuat dari tepung ketan dan dipanggang kecil-kecil. Bentuk dan rasanya mirip kue bugis. Bahan dasarnya memang sama-sama tepung ketan dan unti kelapa. Tetapi kipo menjadi khas karena proses pembuatannya yang terbilang unik, Kue tidak dikukus seperti bugis, tetapi dibakar di atas wajan tanah liat. Sehabis dibakar, aromanya pun jadi memikat dan rasanya, pastilah bikin Anda ketagihan.

Pecel Urap

Di pelataran depan pasar Beringharjo, Anda bisa mencicipi pecel urap yang disajikan dalam mangkuk dari daun pisang yang disebut pincuk. Pecel ini berisi berbagai macam sayuran seperti bayam, tauge, sawi dan bumbu kacang. Pelengkapnya pun cukup komplet, yakni tahu dan tempe bacem atau tempe gembus (tempe yang dibuat dari ampas tahu). Sekalipun sederhana, rasanya enak dan pas buat sarapan pagi ataupun makan siang. Harga per pincuk Rp 3.000,-.

Mendut dan Mega Mendhung

Penganan yang perlu anda coba jika mampir ke Beringharjo adalah mendut. Penganan berbahan ketan ini bentuknya bulat, berwarna merah dan hijau disiram dengan kuah santan. Penganan yang lainnya adalah mega mendhung, yaitu makanan kecil yang terbuat dari hungkwe yang diwarnai biru dan putih. Barangkali nama penganan ini dimaksudkan menyerupai dengan kombinasi warna mega dan mendung di langit. Rasanya juga selangit enaknya!

Sumber : Buku Jalan-jalan Kuliner Aseli Jogja / Suryo Sukendro.

Peta lokasi Pasar Beringharjo-Yogyakarta

[geo_mashup_map height=”350″ width=”600″ zoom=”17″ add_overview_control=”false” add_map_type_control=”true”]

Related Post