Inilah Hikmah dan Keutamaan Berqurban yang dapat Kita Ketahui

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Inilah Hikmah dan Keutamaan Berqurban yang dapat Kita Ketahui

Inilah Hikmah dan Keutamaan Berqurban yang dapat Kita Ketahui

Berqurban  merupakan amalan di saat Hari Raya Idul Adha, Homiers. Apakah Homiers berencana untuk berqurban? Berqurban adalah ibadah sunah yang sangat disukai Allah. Hukum Berqurban adalah Sunnah Muakkad yang artinya sangat dianjurkan. Waktu dilaksanakannya Qurban adalah setelah shalat Ied. Jadi kalau Homiers merasa mampu dan berkelapangan tidak ada salahnya untuk menunaikan ibadah tersebut. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya, “Maka shalatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan.” (QS. Al Kautsar: 2). Para ulama menjelaskan kalau berqurban di hari idhul Adha pahalanya berlipat ganda daripada sedekah di hari biasa walaupun nilai sedekahnya lebih banyak daripada nilai hewan qurban. Subhanallah.

Lalu hewan apa saja yang boleh untuk diqurbankan? Hewan tersebut diantaranya onta, sapi, dan kambing. Selain hewan tersebut tidak sah qurbannya walaupun harga hewannya ratusan kali lebih mahal. (QS. Al Hajj: 34) Syaikh Ibnu ‘Utsaimin mengatakan, “Bahkan jika seandainya ada orang yang berqurban dengan jenis hewan lain yang lebih mahal dari pada jenis ternak tersebut maka qurbannya tidak sah. Andaikan dia lebih memilih untuk berqurban seekor kuda seharga 10.000 real sedangkan seekor kambing harganya hanya 300 real maka qurbannya (dengan kuda) itu tidak sah…” (Syarhul Mumti’, III/409). Apakah harus jantan? Tidak. Memang diutamakan agar yang diqurbankan adalah hewan jantan, tapi tidak wajib. Yang penting hewan tersebut cukup umur dan tidak cacat.

Berikut ini adalah hikmah dan manfaat berqurban :

  1. Pengampunan dari Allah dan menghapuskan dosa.
  2. Setiap satu helai hewan kurban adalah kebaikan
  3. Ibadah Qurban adalah salah satu ibadah yang paling disukai Allah.
  4. Berqurban menunjukkan kepedulian kita pada sesama, kepedulian pada kaum dhuafa, membuang sifat tamak yang ada dalam diri kita.
  5. Hewan Qurban sebagai saksi di hari kiamat.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *