Menikmati Cahaya Surga Tersembunyi di Gua Jomblang Gunung Kidul

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Menikmati Cahaya Surga Tersembunyi di Gua Jomblang Gunung Kidul

Menikmati Cahaya Surga Tersembunyi di Gua Jomblang Gunung Kidul

Terletak di Gua Jomblang

Gua Jomblang merupakan salah satu dari sekian banyaknya gua yang terletak di daerah batuan kapur Gunung Sewu. Sejak bulan September 2015, daerah ini oleh UNESCO sudah ditetapkan dalam anggota Global Geopark Network kemudian ditunjuk juga sebagai symbol dari geopark dunia.

Lalu Gua ini menjadi terlihat semakin menarik karena posisi Gua Jomblang yang sama dengan Gua Langkawi yang berada di Malaysia dan juga Gua Jeju yang berada di Korea. Akan tetapi Hebatnya, Gua ini lebih terkenal di mancanegara. Hal itu terbukti dengan dipilihnya Gua Jomblang sebagai tempat syuting Amazing race Amerika pada tahun 2011 lalu.

Tentang Gua Jomblang

Gua ini merupakan salah satu dari banyaknya gua yang memiliki bentuk vertikal serta mulut gua dengan bentuk seperti sumur. Untuk itulah apabila Homiers ingin melihat pesona keindahan gua ini, Homiers harus menuruni gua ini dengan menggunakan tali.

Sekilas memang tampak menyeramkan ya homiers, akan tetapi Homiers tidak perlu khawatir. Karena tali yang digunakan untuk menuruni gua ini terbuat dari tali khusus yang di gunakan untuk aktivitas caving atau biasa digunakan untuk panjat tebing. Jadi bisa dipastikan bahwa talinya sudah aman. Dengan tali yang kuat ini, mampu menahan beban hingga ratusan kilogram. Oleh karena itu Homiers tidak perlu khawatir jika memiliki tubuh yang agak besar.

gua jomblang

Gua ini terkenal dengan cahaya surganya ini memang selalu menarik perhatian. Di sebut sebagai cahaya surga, karena terdapat cahaya yang masuk kedalam gua yang terlihat bagaikan terpapar cahaya surga.

Kemudian untuk menikmati keindahan dari cahaya surga tersebut, maka Homiers harus melanjutkan perjalanan lagi dengan masuk ke chamber raksasa yang memiliki panjang 300 meteran. Dengan memasuki Chamber raksasa ini, maka homiers akan terhubung sampai di Gua Grubug. Setelah itu sesampainya pada Gua Grubug ini, Homiers akan dapat menjumpai cahaya surga tersebut yang terletak di ujung lorongnya.

Sebagai tambahan, Homiers yang ingin melihat pemandangan yang menakjubkan ini, maka Homiers harus datang pada waktu yang tepat. Karena jika Homiers datang pada saat siang hari maka cahayanya sudah menyebar hingga akhirnya menghilang.

Lokasi menuju Gua Jomblang

Gua jomblang ini terletak di Dukuh Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Letaknya pun juga tidak jauh dari objek wisata kali Suci. Untuk itu, jika Homiers berada di kota Jogja, maka waktu yang di butuhkan untuk menempuh perjalanan sampai ke tempat ini yaitu selama kurang lebih 1,5 jam. Lalu Homiers melewati rute Jogka  kemudian Wonosari, Piyunga , Patuk, Wonosari, Semanu dan terakhir Pacarejo.

Jika telah sampai di Pacarejo, Homiers harus melanjutkan perjalanan sampai jalan makadam yang berada di tengah perkampungan. Nah, jika Homiers sudah sampai di resort yang berada di tengah-tengah ladang berarti Homiers sudah sampai di Gua ini.

Harga Tiket Masuk Gua Jomblang

Nah mungkin homiers sudah penasaran, berapa tarif masuk ke gua joblang ini. Apakah seharga Rp 2000, Rp 3000, Rp 5000, Rp 10000 ? Ya jawabannya tidak ada tarif khusus alias gratis. Akan tetapi jika Homiers memiliki komunitas chaving serta perlengkapan lengkap maka Homiers hanya perlu ijin kepada Pak Dukuh setempat.

Sebaliknya jika Homiers tidak memiliki komunitas serta peralatan lengkap, Homiers bisa menggunakan jasa operator yang tersedia di area ini dengan tarif yang sudah ditentukan. Adapun kisaran tarifnya antara 450.000 – 1.000.000 rupiah untuk setiap orangnya, tarif berbeda tergantung jenis fasilitas yang diberikan ya Homiers.

Waktu yang tepat berkunjung ke Gua Jomblang

Cahaya surga yang terdapat pada Gua ini akan terlihat diantara pukul 10.00 – 12.00 WIB. Oleh karena itu, kalau Homiers ingin mendapatkan pancaran cahaya surga ini, Homiers bisa mulai caving pada pukul 09.00. Karena jika semakin siang, cahayanya akan menyebar dan bentuknya juga kurang menarik. Selain itu, demi keamanan sebaiknya Homiers meninggalkan Gua Jombang sebelum cahaya gelap.

Nah, Homiers itulah beberapa informasi menarik mengenai Gua Jomblang, yang dapat Homiers gunakan sebagai referensi ketika sedang liburan ke Jogja. Semoga Bermanfaat.

Salam Anda Tuan Rumahnya

Simply Homy Guest House

Sumber : tanahnusantara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *