unique visitors counter Buat Kamu yang Suka Liburan, Udah Pernah Coba Green Travelling Ramah Lingkungan Ini Belum?

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Buat Kamu yang Suka Liburan, Udah Pernah Coba Green Travelling Ramah Lingkungan Ini Belum?

Buat Kamu yang Suka Liburan, Udah Pernah Coba Green Travelling Ramah Lingkungan Ini Belum?

Green Travelling Ramah Lingkungan

 

Homiers pernah mendengar istilah Green Travelling? Maraknya istilah  Go Green juga telah merambah ke dunia travelling  beberapa tahun terakhir ini sehingga memunculkan istilah Green travelling. Green Travelling adalah  sebuah konsep travelling yang ramah terhadap lingkungan, dimana traveller  melakukan perjalanan dengan cara-cara yang bertanggung jawab dan peduli terhadap keberlanjutan lingkungan alam dan sosial budaya di tempat-tempat yang dikunjunginya. Traveling memang sangat menyenangkan dan memberikan banyak pengalaman di dalam hidup. Travelling akan lebih berharga ketika kita juga turut serta menjaga dan membantu melestarikan lingkungan.

Berikut ini beberapa tips untuk menerapkan Green Travelling:

  • Kurangi penggunaan kertas

Jika memesan ticket secara online jangan mencetak hard copy tetapi cukup simpan saja dalam bentuk soft copy. Gunakanlah sapu tangan sebagai pengganti tissue, karena semakin sedikit tissue yang kita gunakan berarti kita telah mengurangi pohon yang ditebang untuk bahan pembuatan tissue.

 

  • Kurangi penggunaan plastik

Kita bisa  membawa sendiri,  Perlengkapan mandi seperti sabun cair atau shampo bisa kita bawa dalam ukuran kecil menggunakan botol/wadah bekas yang telah dicuci bersih. Jika dirasa perlu belanja bisa membawa sendiri kantung belanja.

 

  • Buanglah sampah dengan memilah

Antara sampah dan sampah kering disesuaikan dengan jenisnya, agar mempermudah proses daur ulang.

 

  • Hemat air dan listrik

Gunakanlah air untuk mandi, membasuh muka, mencuci tangan/kaki dan berwudlu secara bijak. Begitu juga dalam penggunaan listrik,  matikan lampu atau peralatan listrik apabila tidak digunakan.

 

  • Patuhi rambu-rambu

Sudah biasa kita menemui adanya rambu khusus yang dipasang petugas demi menjaga kelestarian benda-benda di tempat wisata, misalnya petunjuk “Dilarang Menyentuh Koleksi” atau “Dilarang Merokok” dan sebagainya. Pastikan kita mematuhi rambu-rambu tersebut.

Walaupun tampak sulit dan kurang praktis, namun perilaku ramah lingkungan tersebut sangat berdampak positif bagi kelestarian lingkungan di masa mendatang. Mari kita dukung dan mulai terapkan Green Travelling.

 

image featured via Earth911.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *