Fungsi & Pengertian Shutter Speed Pada Kamera. Yuk Pelajari Bersama

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Fungsi & Pengertian Shutter Speed Pada Kamera

Mungkin Anda fotografer pemula atau yang sedang mulai menekuni hobi tersebut pernah bertanya apa ya pengertian shutter speed dan apa sih fungsinya dalam pengambilan sebuah foto? Nah, kita akan membahas tentang shuter speed pada kamera dengan secara umum.


Apa pengertian shutter speed pada kamera? Shutter speed pada kamera juga sering kita sebut dengan kecepatan rana shutter speed, juga bisa dikatakan dengan jendela tirai yang terbuka atau tertutup. Ketika shutter terbuka maka cahaya akan masuk ke sensor sensitifitas cahaya pada kamera.


Jadi shutter speed adalah rentan waktu jendela depan sensor terbuka dan mengatuk seberapa lama sensor terkena sebuah cahaya, semakin cepat shutter maka akan sedikit pula jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor dan begitu sebaliknya jika kecepatan shutter lambat maka akan semakin banyak cahaya yang masuk kedalam sensor tersebut dan di dalam sebuah kamera shutter speed di ukur dengan satuan detik.


Bahkan kamera jaman sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur bernama BULD yaitu fitur yang bisa membuka dan menutup shutter secara manual sesuai keinginan kita.


Jika kita bandingkan antara shutter speed 1/1000 detik dengan 1 detik maka jika kalian menggunakan 1/1000 detik maka cahaya yang masuk akan sedikit. Jika Anda menggunakan yang 1 detik maka cahaya yang masuk akan banyak.


Efek yang dihasilkan dari pengaturan shuuter speed Jika menggukan shutter speed dengan 1/1000 detik dan memotret obyek yang bergerak maka obyek yang terkena akan terlihat focus dan tidak seperti bergerak
Jika Anda menggunakan shutter speed dengan kecepatan 1 detik maka foto akan terlihat blur dan obyek akan seperti bergerak ini yang di sebut dengan efek pergerakan

KESIMPULAN
Jika menggunakan shuter speed yang cepat :
Cahaya yang masuk akan sedikit
Efek yang di dapat adalah pembekuan gerakan
Jika menggunakan shutter speed rendah :
Cahaya yang masuk sensor akan banyak
Pergerakan yang di dapatkan gambar akan Blurr

Sumber klik : Lensaku

Leave a Reply

Your email address will not be published.