unique visitors counter Nikmatnya kesegaran berbuka puasa dengan dondurma ice cream

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Nikmatnya kesegaran berbuka puasa dengan dondurma ice cream

Sensasi kenikmatan Dondurma ice cream Turki yang terbuat dari salep, hidangan mantap untuk berbuka puasa

Homiers pastinya  pernah makan es krim dong?. Sekarang kita akan membahas salah satu menu es krim baru dari Turki yang lagi Hitz banget di Indonesia, namanya adalah Dondurma.

Apasih itu Dondurma?

Dondurma adalah es krim asli Turki yang banyak dijual di pelataran Museum Aya Sofia.  Jika homiers sedang berkunjung ke Turki atau sedang merencanakan liburan, Homiers harus coba ice cream ini. Es krim ini unik karena penjualnya akan melakukan atraksi untuk menghibur para pengunjung, dan rasa es krimnya pun nyaammm.. Lezat!

Keunikan es krim Truki ini bukan hanya pada warna dan aromanya yang bermacam-macam, tetapi juga pada dekorasi gerai  serta penjualnya yang mengenakan kostum tradisional yang khas. Celana panjang hitam, kemeja putih dengan rompi merah bersulamkan benang keemasan. Sebuah kopiah khas Turki berwarna merah juga selalu menghiasi kepala sang penjual. Unik bukan..??

Umumnya, dondurma dijajakan di kedai kecil dan gerobak dorong. Yang lebih uniknya, es krim ini dijajakan dengan atraksi khusus. Mereka akan menarik dam memutar adonan es krim yang elastis dengan sebuah tongkat, sebelum di bentuk dan ditempatkan pada sebuah cone. Tak jarang mereka juga menggoda pembeli dengan mengambil kembali es krim pada conenya.

Es krim disajikan dengan sedikit atraksi yang menarik, karena menggunakan semacam tongkat panjang untuk mengambil es krim dan kemudian diletakkan di ice cream cone berbagai ukuran sesuai pesanan kita.  Sang penjual selalu beraksi dengan melakukan sedikit gerakan akrobatik sementara es krim nya seakan-akan bisa menempel di tongkat itu.

Es krim khas Turki ini bernama Dondurma dan terbuat dari empat bahan utama yaitu: susu, gula, salep dan mastic.

Homiers pastinya bertanya-tanya “Salep” dan apa sih itu mastic..??

Salep yang di gunakan untuk membuat ice cream dondurma adalah sejenis tepung atau bubuk yang terbuat dari sejenis bunga anggrek ini memberikan tekstur dan juga kekentalan yang khas bagi Dondurma. Bukan salep untuk pijat lo homiers. Soo.. pastinya aman untuk di konsumsi.

Dan mastic adalah getah dari pohon mastic sejenis butiran kecil yang kalau ditelan mirip permen karet sehingga disebut juga arabic gum. Dua bahan ini membuat es krim unik ini kenyal dan elastic dan tidak mudah mencair sehingga bisa digunakan sejenak untuk main akrobat oleh penjualnya.  Dondurma yang berbentuk kenyal terkadang disantap menggunakan pisau dan garpu.

Dengan rasa segar, manis dan gak itu-itu aja. Es krim Dondurma dapat menjadi salah satu pilihan untuk berbuka puasa untuk homiers. Soo.. tunggu apa lagi..

Sumber : enningrum10.wordpress.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *