unique visitors counter Karinding Alat Musik Tiup Tradisional Sunda

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Demam Karinding di Bandung

Demam Karinding di Bandung

Apa itu karinding ..?? Bukan anak Bandung apabila tidak tahu dengan alat musik “ Karinding ”.

Karinding yang saat seperti menyihir para pemuda dan pemudi kota Bandung adalah alat musik imut yang di mainkan di mulut lalu di pukul-pukul ujung nya atau disetir melalui tali. Getaran antara Karinding dan mulut digabung dengan udara dari mulut menghasilkan suara yang standar.

Suara yang di hasilkan Karinding berkesan magis, apalagi jika di dengar di malam hari yang digabungkan atau di duetkan dengan alat music tradisional dan modern lainnya seperti suling atau kecapi bahkan gitar atau biola semua bisa di gabungkan dan hasil nya sangat Fantastis.

Alat musik yang terbuat dari bambu dengan panjang 10 cm dan lebar 2 cm punya 2 jenis yaitu Karinding Lanang ( Jantan) yang mempunyai suara lebih besar dan Karinding Wadon (betina) yang menghasilkan suara lebih kecil.

Yang Unik dari Karinding adalah, Karinding bukan hanya alat music tradisional yang di miliki orang sunda saja atau Indonesia tetapi merupakan alat music dunia, nama karinding juga berbeda di setiap daerahnya seperti halnya di jawa Barat alat musik dari bambu ini dikenal dengan sebutan “Karinding” beda hal nya apabila homiers pergi ke Jawa Tengah alat music ini disebut dengan Istilah “Rinding”, Genggong untuk di Bali dan Tung Kalo di Kalimantan. Dan berbeda istilah lagi apabila homiers singgah ke daerah Lombok, Sumatera atau Eropa dan Amerika, Fantastis yaa… ?? ^_^

Alat music “Karinding” ini sempat fakum cukup lama sejak Tahun 2005 sampai Kang Yoyo dan teman-temannya menghidupkannya  kembali, dan begitu juga dgn kang Odong yang bisa membawa nya sampai ke luar negeri.

Alat Musik “ Karinding” ini juga bisa di jadikan buah tangan bagi homiers yang berlibur ke Bandung ukurannya yg mungil dan sangat mudah untuk dan dengan harga yang relative murah. Berlibur sambil Membudayakan Alat Tradisional ga salah juga kan

Kini “Karinding banyak di mainkan oleh anak-anak Bandung, siapa sangka alat music mungil yang terbuat dari bambu ini bisa menghasilkan alunan jazz hingga blues yang bisa menyihir orang untuk terkagum2 saat mendengarnya. Yukk sama-sama menjaga dan membudidayakan “Karinding”.

Liburan Ka Bandung ?? Tong Hilap ngagaleuh “Karinding” Kanggo oleh-oleh