unique visitors counter Cikal Bakal Terbentuknya Kota Bandung

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Cikal Bakal Terbentuknya Kota Bandung

Kota Bandung berdiri tidak langsung menjadi sebuah Kota yang besar. Bahkan terbentuknya Kota Bandung pun tidak bersamaan dengan pembentukan Kab Bandung. Sebagai Homiers yang cinta Kota Bandung perlu tau donk sejarahnya terbentuknya Kota Bandung. Kota Bandung sendiri terbentuk pertama kali di pertengahan abad ke 17 Masehi dengan dipimpin oleh seorang  Bupati yaitu Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati pertama yang memerintah Kabupaten Bandung hingga Tahun 1981.

Awalnya Kabupaten Bandung itu sendiri Beribukota di Daerah Krapyak yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Dayeuh Kolot dan Setelah Kabupaten Bandung memasuki Pimpinan ke-6 Yaitu R.A Wiranatakusumah II (1794-1829) yang saat itu dijuluki “Dalem Kaum I”, kekuasaan di Nusantara beralih dari Kompeni ke Pemerintahan hindia Belanda, dengan gubernur jenderal pertama Herman Willem Daendels (1808-1811) dan untuk memperlancar tugasnya di pulau Jawa Daendels melakukan pembangunan jalan raya yg Pembangunan itu sendiri dilakukan oleh Rakyat pribumi yang dipimpin Bupati daerahnya Masing-masing.

Didaerah Bandung Khusunya pada tahun 1808 Jalan Rayas Pos mulai dibangun dengan memperbaiki dan memperlebar jalan Raya Pos yg sekarang dikenal dengan Jl Sudirman, Asia- Afrika sebagai pusat Kota, Jl Ahmad Yani dan kemudian berlanjut ke daerah Sumedang. Untuk Memperlancar Pembagunan tersebut Daedles melalui surat Tgl 25 Mei 1810 meminta Bupati Bandung dan Bupati Parakanmuncang untuk memindahkan ibukota kabupaten, masing-masing ke daerah Cikapundung dan Andawadak (Tanjungsari), mendekati Jalan Raya Pos.

Tanpa Deadles ketahui bahwa jauh sebelum Surat tersebut Keluar Bupati Bandung sudah merencanakan untuk memindahkan Kabupaten Bandung bahkan sudah mempunyai Letak yang cukup Strategis Untuk dijadikan sebagai Ibu Kota Pemerintahan yang letaknya sendiri di sebelah selatan Jalan Pos yang sedang di bangun dan sekarang merupakan Pusat Kota Bandung.

Berapa lama Kota Bandung dibangun sendiri tidak diketahui pasti berapa lamanya. Akan Tetapi perlu Homiers ketahui bahwa Pembangunan Kota Bangun bukan Merupakan Prakarsa Daendels, melainkan atas prakarsa Bupati Bandung, bahkan pembangunan kota itu langsung dipimpin oleh bupatinya sendiri  R. A. Wiranatakusumah II yang merupakan pendiri (the founding father) kota Bandung. Kota Bandung diresmikan sebagai ibukota baru Kabupaten Bandung dengan surat keputusan tanggal 25 September 1810.

Baca juga Sejarah Gedung Sate di Bandung.